Puskud Jateng dan Puskud Bali Dwipa, Sepakat Kerjasama Pemasaran Produk Anggota

Pipnews.co.id, Semarang 4 September 2018

Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Jawa Tengah dan Puskud Bali Dwipa telah menjalin kerjasama dalam hal pemasaran produk anggota, yang dalam hal ini produk KUD di Jawa Tengah dan produk KUD di Bali.

Proses kerjasama ini, diiawali dengan pembekalan materi yang diselenggarakan di Noorman Hotel jl. Teuku Umar no 27 Gajah Mungkur Kota Semarang Jawa Tengah, pada Senin 27 Agustus 2018 yang di fasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah,.

Peserta yang dibekali berjumlah 20 Koperasi Unit Desa (KUD), yang merupakan perwakilan dari anggota Puskud Jawa Tengah yang berjumlah 567 KUD. Mereka mendapatkan materi tentang branding produk strategi pemasaran produk oleh para pakar di bidangnya dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Denpasar Bali.

Pada 28 Agustus 2018 sampailah rombongan Gerakan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Bali, yang selain disambut Kepala Dinas, juga Pengurus Puskud Bali Dwipa. Rombongan ini berjumlah 29 orang terdiri dari 20 KUD/Puskud, 5 UKM dan 4 orang pendamping dari Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah.

Acara kontak bisnis antara KUD di Jateng dan Bali, dimulai dengan penyampaian potensi oleh masing masing KUD dan UKM, berikut sampel produknya, spesifikasi dan harga, Untungnya, sampel yang di bawa oleh KUD dan UKM Jateng laris manis di borong oleh hadirin dengan sukarela membelinya.

“Hal ini tentu sangat membantu rombongan untuk mengurangi beban bawaan pada saat nanti pulang kembali ke Jawa Tengah,” tutur Mulyadi, Sekretaris Pusat KUD Jateng kepada Pipnews.co.id.

Seusai penyampaian potensi bisnis lanjut Mulyadi, dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman, atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Puskud Jateng H. Wahyudi Basuki SH” dengan Ketua Puskud Bali Dwipa Drs I Ketut Mardantha.

Kontak bisnis dan pengembangan jaringan usaha diantara dua Puskud ini dilaksanakan sampai dengan 31 Agustus 2018, dimana hari berikutnya dilanjutkan dengan kunjungan secara langsung ke beberapa koperasi di Bali. Di antaranya KUD Artha Wiguna jl. Raya Gel Gel, Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Srinadi Klungkung. dan Puskud Bali Dwipa di jl.Rampai 3A Denpasar.

Menurut Mulyadi, dalam acara tour keliling Koperasi dan UKM di Bali, juga hadir buyer dari Bangladesh 2 personil yaitu Muhammad Hannan dan Karimullah yang siap membeli produk dari indonesia seperti Jahe, Kunir, rambut Jagung juga Asem.

Masih dalam kaitan kerjasama, Puskud Bali Dwipa juga memberikan stand khusus bagi produk-produk KUD dan UKM dari Jawa Tengah untuk dipajang di supermarket milik Puskud Bali Dwipa, yang lokasinya sangat strategis yaitu depan pasar tradisional Denpasar Bali.

Sementara itu, Ketua I Puskud Jateng Kh.Amrulah Jazeri mengatakan, sekarang ini kita tidak bisa kerja biasa biasa saja lagi, sembari mengeluh akan kenyataan yang mencemaskan. “Tapi kita harus mencari terobosan baru dengan antusias, melakukan perubahan-perubahan dan menjawab tantangan hari ini dan masa depan disitulah KUD akan tetap eksis dan tidak menjadi fosil masa lalu,” ujar Amrullah, saat didaukat memberikan tausyah. (Mulyadi/Kontributor Pipnews Jateng)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.