Rebranding Koperasi Untuk Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

Pipnews.co.id, Bandung 20 Februari 2018

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa akan mendorong rebranding koperasi guna meningkatkan pemahaman koperasi di kalangan muda. Banyak anak muda yang tidak tahu apa itu koperasi.

Harapannya melalui rebranding ini, kalangan muda akan semakin tertarik dengan koperasi. Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudradjat Abdurachim, pada Rapat Tim Sinergitas ABCGM, Rabu 14 Februari 2018, di lantai II Ruang Rapat Dinas KUK Provinsi Jawa Barat.

Hadir pula pada kesempatan itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat, Bank BJB, komunitas Perwira, Gukemindo Jawa Barat, Komisi, Balantik, AWRA, HPN Jawa Barat, Aspami Jawa Barat, IBISS.

“Saya mendorong orang untuk berkoperasi terutama kalangan generasi muda dan komunitas. Saya berhasil mengkoperasikan Harley Davidson Jawa Barat. Saya juga ingin mendorong Persib itu punya koperasi. Ini sangat dimungkinkan, club bola. Barcelona itu bentuknya koperasi, pemiliknya para suporter dan fans Barcelona,” jelasnya, seperti dilansir dilansir Humas Dinas Koperasi UKM Jabar.

Sementara dari OJK, Yusri pada kesempatan ini menjelaskan berbagai program Tim Percepatan Keuangan Daerah (TPAKD) dimana OJK terlibat didalamnya. Untuk tahun 2018 ada 4 (empat) program yakni, optimalisasi BUMDes, pembentukan 1000 LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah), efektivitas Kredit Cinta Rakyat dan meningkatkan literalisasi keuangan.

Untuk BUMDes, kata Yusri, selama ini banyak BUMDes dikelola secara asal-asalan dan 95 persen tidak memiliki badan usaha. Idealnya, BUMDes berbentuk koperasi atau CV. Bila memiliki badan hukum atau badan usaha akan memudahkan BUMDes untuk mengembangkan usahanya.

“Hasil evaluasi kami di beberapa BUMDes di Jawa Barat , rata-rata mereka punya Unit Simpan Pinjam (USP). Mereka berpikiran sama bisnisnya USP. Bila mereka memiliki badan usaha akan memudahkan BUMDes untuk berbisnis. Target 2018 akan lahir 50 BUMDes di Jabar,” jelasnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*