Saatnya UKM Indonesia Mampu Bersaing Dengan Produk Luar Negeri

Pipnews.co.id, Jakarta 5 September 2018

CEO Grup Alibaba, Jack Ma dari China menyebut bahwa perusahaan-perusahaan kecil akan berperan besar dalam kemajuan ekonomi Indonesia ke depannya. Sehingga, dia menyarankan pemerintah segera mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi internet dalam mengembangkan bisnis.

General Manager Business Concept Specialized PT Tetap Terus Terang, Aldi R Pramanda sepakat dengan pendapat miliuner China tersebut. Menurutnya, memang sudah saatnya produk UMKM Tanah Air bersaing dengan produk-produk luar negeri, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran.
Untuk itulah pihaknya sedari awal terus mengembangkan aplikasi Myukm agar bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produk lokal Indonesia.

“Lewat Myukm, kami punya tekat ‘Saatnya kita bangga dengan produk negeri, 100 persen produk lokal’,” ujarnya dalam siaran pers resmi di Jakarta, Senen (3/9/2018).

Myukm sendiri tak hanya sebagai marketplace, tapi juga menyediakan fitur financial technology (fintech). Fitur fintech diharapkan menjadi solusi untuk pelaku UMKM yang kesulitan modal dalam mengembangkan bisnisnya.

“Dengan konsep bisnis fintech, diharapkan Myukm menjadi salah satu solusi terbaik untuk pelaku bisnis yang perlu mendapatkan solusi finansial,” tambahnya.

Aldi menambahkan, tantangan dalam mengembangkan bisnis UMKM ke era digital yakni infrastruktur jaringan. Akses internet harus merata di semua wilayah Indonesia, agar pelaku usaha kecil dan menengah mudah menjalankan bisnisnya.

PT.Tetap Terus Terang dalam waktu dekat akan melakukan soft-launching aplikasi Myukm sebagai ‘Alibabanya’ Indonesia. Aldi menambahkan, pihaknya juga sudah pernah memaparkan alur kerja aplikasi Myukm ke perwakilan sejumlah kementerian dan Pemda di kantor Pusat LAN, pada pertengahan Juli 2018.

“Kami juga sangat yakin bahwa LAN memiliki kemampuan berfikir yang nyaris sama dengan apa-apa yang disampaikan Jack Ma di hadapan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja. Maka Myukm kami harapkan dapat memberi dukungan dari sektor swasta terhadap program Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) yang sudah diresmikan pemerintah beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

“Secara keseluruhan, harapan kami Myukm mampu menjembatani para pelaku bisnis UMKM dengan pemerintah dan konsumen terkait dengan tantangan dalam dunia teknologi. Indonesia ke depannya harus bisa menjadi negara maju,” pungkasnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.