cara cek font website

Introduction

Salam, Sobat Pip News! Sebagian besar dari kita mungkin sering kali merasa penasaran dengan jenis font yang digunakan pada website tertentu. Terutama jika kita ingin mengetahui apa jenis font yang digunakan pada website tersebut dengan tujuan tertentu. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka yang merasa penasaran tentang cara cek font website? Artikel ini akan memberikan panduan dan penjelasan step by step bagi Anda mengenai cara cek font website.

Pada dasarnya, cek font website adalah proses memeriksa font yang dipakai pada website suatu URL. Bila dalam pembuatan website, penggunaan font memegang peranan penting dalam menentukan tampilan dan desain yang terlihat menarik. Penentuan font dan ukuran tulisan perlu diperhatikan agar dapat memastikan kenyamanan pengunjung saat membaca informasi pada website tersebut. Sebagai pembaca, pengetahuan tentang font website yang digunakan juga bermanfaat untuk mempertimbangkan desain website kita sendiri. Dalam artikel ini akan terlihat cara cek font website dan informasi tentang kelebihan dan kekurangan pada proses ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Font Website

A. Kelebihan

1. Mengetahui jenis font yang dipakai pada website dan ukuran huruf yang digunakan.

2. Bisa membantu dalam pembuatan website dengan desain yang lebih baik sehingga lebih menarik dan nyaman dipandang oleh pembaca.

B. Kekurangan

1. Kita mesti menggunakan aplikasi atau situs tambahan agar bisa memeriksa jenis font yang dipakai pada website. Berpotensi memakan waktu lebih lama.

2. Terkadang, font yang dipakai bukan library default yang sudah dikenal oleh aplikasi atau situs yang digunakan untuk melakukan cek font website. Jadi, hasil akan tidak akurat.

3. Informasi tentang jenis dan ukuran font pada website diperoleh seringkali tidak lengkap, terkadang hanya jenis font tanpa ukuran.

4. Cara cek font website hanya dapat diterapkan pada website yang kondisinya tidak diubah dan tidak menggunakan layar fungsional khusus (contohnya web aplikasi). Jadi tidak bisa digunakan pada website yang lebih kompleks

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat foto yang terhapus di wa

5. Cara cek font website membutuhkan akses internet yang stabil agar hasil cek font lebih akurat dan konsisten.

6. Dalam menjalankan aplikasi cek font website, halaman website yang di cek mesti diklik satu per satu, jika web tersebut memiliki banyak halaman, proses cek font website akan memakan waktu yang lebih lama.

Cara Cek Font Website

No Nama Tools Kelebihan Kekurangan
1 What Font Chrome Extension Bisa memperlihatkan font script yang dipakai pada website dan berapa ukuran yang di gunakan. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, yaitu hanya perlu melakukan drag dan drop cursor dan langsung menunjukkan info font Bila website memiliki desain web yang rumit, aplikasi ini akan menghasilkan informasi font tidak lengkap. Membutuhkan akses ke internet yang stabil agar dapat bekerja dengan baik.
2 Fontface Ninja Chrome Extension Dapat membaca semua font yang dipakai pada website tanpa terkecuali serta ukuran font Secara keseluruhan, tools ini cukup mudah digunakan dan informasi yang terdapat pada tools ini cukup detail. Membutuhkan akses ke internet yang stabil agar dapat bekerja dengan baik. GUI yang dipakai sedikit membingungkan sehingga sulit digunakan bagi orang yang baru mengenal.
3 Firebug untuk Firefox Memudahkan dalam mengecek desain web, CSS, dan berbagai unsur HTML lainnya pada website. Terdapat fitur CSS editor yang disediakan pada Firebug sehingga mudah untuk melakukan debugging saat menemukan kesalahan pada website Savedpulsa
4 Web Font Specimen Memperlihatkan sampel font yang dipakai pada website di dalam sebuah widget yang bisa diakses menggunakan URL mudah Lebih lambat, hanya bisa digunakan pada website yang bukan milik kita

Demikian 4 tools cek font website terbaik yang dapat digunakan saat ini. Meskipun ada kelebihan dan kekurangan pada setiap tools tersebut, setidaknya tools-tols diatas dapat dipakai untuk memudahkan proses cek font website.

10 Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Mengapa penting untuk mengetahui jenis dan ukuran font yang dipakai pada website?

Karena pengetahuan tentang jenis dan ukuran font pada website dapat memengaruhi saya dalam desain website, mempertimbangkan kenyamanan pembaca saat membaca konten website, dan membuat website dengan desain yang lebih baik.

2. Apakah dapat mencari jenis font dan ukurannya dengan menggunakan aplikasi cek font website?

Ya, melalui aplikasi cek font website yang telah teruji cukup mempedomani data jenis fontsize yang di pakai pada website kita.

3. Apakah hasil cek font website selalu akurat?

Tidak selalu akurat tergantung dari kompleksitas website yang di cek, serta kemampuan aplikasi cek font website itu sendiri yang digunakan untuk mengecek font pada website tersebut.

4. Apa saja kekurangan untuk melakukan cek font website?

Bisa menghabiskan waktu lebih lama dalam pengambilan informasi, aplikasi ini kadang tidak bisa disesuaikan dengan desain website yang kompleks, juga bisa memberikan informasi font yang tidak lengkap.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek saldo e money

5. Bisakah kita mengetahui jenis font dan ukuran font pada website yang kita buat sendiri?

Ya, kita bisa mengetahui jenis font dan ukuran pada website kita sendiri.

6. Apakah aplikasi cek font website selalu bisa digunakan tanpa harus membayar?

Biasanya aplikasi cek font website tersedia secara gratis di internet dan bisa digunakan tanpa harus membayar. Namun, ada beberapa aplikasi cek font website harus membayar dan untuk penggunaan maksimal kita mesti berlangganan.

7. Adakah risiko keamanan dalam menggunakan aplikasi cek font website?

Bila kita mendownload aplikasi cek font website dari sumber yang tidak dikenal, kita bisa terkena virus atau software berbahaya yang terdapat pada aplikasi tersebut. Sehingga harus hati-hati dalam mengunduh aplikasi cek font website dari sumber yang tidak dikenal atau bertentangan dengan kebijakan keamanan privasi kita

8. Bisa tidak, kita langsung meninjau teks font pada gambar?

Untuk meninjau font pada gambar, kita bisa menggunakan aplikasi yang berbeda yaitu Inkscape, Illustrator, atau CorelDraw.

9. Apakah dampak kesalahan dalam penentuan jenis dan ukuran font pada website akan terlihat jelas?

Ya, kesalahan dalam penentuan jenis dan ukuran font akan terlihat jelas. Hal ini bisa memengaruhi kenyamanan pembaca dalam membaca artikel atau informasi baca di website tersebut.

10. Apakah semua font yang dipakai pada website, harus dibeli lisensinya?

Tidak, terkadang font yang dipakai di webe rwsering yang freeware, atau copyright masih bisa digunakan. Namun kadang harus membeli lisensi bila memang jenis font tersebut memiliki lisensi yang harus dibeli.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah disajikan cara cek font website secara detail dan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan cara cek font website. Terdapat empat tools yang disarankan untuk digunakan dan juga FAQ yang berisi jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar cek font website. Kendati demikian, tidak ada cara yang benar-benar sempurna dalam cek font website. Kesimpulannya, cara terbaik adalah mencoba dan melakukan uji coba terhadap aplikasi atau situs alternatif hingga menemukan cara yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan kita.

Sekian artikel dari Sobat Pip News mengenai cara cek font website. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan saran di bagian kolom komentar dan jangan ragu untuk mencoba menggunakan cara cek font website yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Disclaimer

Segala bentuk kerugian, kerusakan, dan konsekuensi dari artikel di atas akan menjadi tanggung jawab dari pembaca sepenuhnya. Bagian Pendahuluan, Kelebihan, Kekurangan, Cara cek font website, dan Kesimpulan adalah pendapat yang dilontarkan oleh penulis dan tidak terkait dengan pihak manapun termasuk Profesor Google. Sementara itu, FAQ merupakan rangkuman atas jawaban terhadap beberapa pertanyaan yang sering muncul dari rentetan data yang ada.