cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms

Kenalkan Dirimu dengan Jamsostek

Salam Sobat Pip News, kali ini kita akan membahas tentang cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms. Sebelum kita menuju langkah-langkah mengenai cara cek Jamsostek, ada baiknya kita mengenalkan diri terlebih dahulu dengan Jamsostek.

Jamsostek atau biasa disebut dengan Jaminan Sosial Tenaga Kerja adalah sebuah program pemerintah Indonesia yang telah ada sejak tahun 1977. Tujuan program ini adalah untuk melindungi dan memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia. Jamsostek ini didirikan oleh Pemerintah Indonesia untuk merangkul segala jenis pekerjaan di Indonesia kecuali pegawai negeri sipil.

Jamsostek memberikan beberapa manfaat yang sangat menguntungkan bagi tenaga kerja di Indonesia, yaitu:

  • Program jaminan hari tua
  • Program jaminan kecelakaan kerja
  • Program jaminan kesehatan
  • Program jaminan pensiun

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Jamsostek Ketenagakerjaan Lewat SMS

Setiap layanan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan sangat bermanfaat bagi pengguna. Sama halnya dengan cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan cara cek Jamsostek:

Kelebihan

1. Mudah digunakan – Dengan menggunakan cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms, pengguna tidak perlu repot untuk mengunjungi kantor Jamsostek untuk melakukan check-up. Cukup dengan mengirimkan sms dan melihat informasi.

2. Efisien – Sistem cek jamsostek lewat sms bisa diakses kapanpun dan dimanapun, secara efisien memudahkan cek informasi tanpa harus ke gerai Jamsostek. Tidak membutuhkan waktu dan tenaga lebih seperti pergi ke kantor Jamsostek.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek saldo rekening bri lewat sms

3. Aplikatif – Dalam layanan memanfaatkan teknologi sms, tentu saja kelebihan berikutnya yaitu penggunaan aplikasi yang berbasis mobile, saat ini hampir semua orang memiliki ponsel, dan itulah yang membuat layanan sms layak dipakai.

4. Mudah Dipahami – Pengguna sistem sms tidak memerlukan pengetahuan teknis khusus atau mengikuti petunjuk teknis yang rumit.

Kekurangan

1. Keterbatasan Informasi – Informasi yang diberikan melalui sms biasanya sangat terbatas. Jadi jika ingin mendapatkan informasi lebih rinci, maka harus melakukan cek fisik ke kantor Jamsostek.

2. Operator Provider – Kekurangan lain yang menjadi persoalan adalah adanya perbedaan operator provider yang digunakan, sehingga bisa saja ada keterlambatan informasi dalam proses sms, atau bisa juga total gagal.

3. Penipuan – Dalam suasana teknologi internet yang pesat dan kian memudahkan akses masyarakat, tentu saja penggunaan SMS untuk cek jamsostek tidak sepenuhnya aman dari risiko penipuan.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms, mari kita lanjut ke langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Cara Cek Jamsostek Lewat SMS

Berikut langkah-langkah cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms:

SMS Contoh
Ketik CEK NIK [spasi] <nomor_nik>
Kirim ke 2757
  • CEK NIK adalah kata kunci yang harus diketik untuk memperoleh informasi.
  • [nomor_nik] adalah nomor Induk Kependudukan (NIK) milik anda.
  • SMS akan terpotong pulsa sebesar Rp 5000,- per sms.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pihak Jamsostek akan memberikan balasan sms yang berisi informasi lengkap mengenai identitas anda, masa berlaku, dan jumlah iuran yang telah dibayarkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q1. Apa yang dimaksud dengan Jamsostek?

Jamsostek atau biasa disebut dengan Jaminan Sosial Tenaga Kerja adalah sebuah program pemerintah Indonesia yang telah ada sejak tahun 1977. Tujuannya adalah untuk melindungi dan memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat nomor sendiri xl

Q2. Apakah saya wajib memiliki Jamsostek?

Tidak wajib, namun hal ini sangat disarankan untuk melindungi dan memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia.

Q3. Apa saja manfaat dari Jamsostek?

Jamsostek memberikan manfaat dalam beberapa program jaminan, yaitu program jaminan hari tua, program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan kesehatan, dan program jaminan pensiun.

Q4. Bagaimana cara mendaftar Jamsostek?

Untuk mendaftar, pengguna bisa datang ke kantor Jamsostek terdekat untuk melakukan pendaftaran dengan membawa persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Q5. Apakah syarat mendaftar Jamsostek?

Untuk dapat mendaftar program Jamsostek, Anda harus memenuhi syarat sebagai peserta, yaitu berstatus sebagai tenaga kerja di Indonesia dan jumlah pendapatan maksimal Rp12 juta/bulan.

Q6. Berapa harga untuk cek jamsostek melalui sms?

Biaya untuk melakukan cek jamsostek melalui sms sebesar Rp 5000,- per sms.

Q7. Apakah informasi yang didapat melalui sms bisa dipercaya?

Iya, informasi yang didapat melalui sms bisa dipercaya karena Jamsostek adalah institusi resmi pemerintah Indonesia yang sudah terakreditasi.

Kesimpulan

Setelah mengetahui langkah-langkah cara cek jamsostek ketenagakerjaan lewat sms, ini menjadi fitur yang sangat membantu bagi tenaga kerja di Indonesia untuk memudahkan mengecek informasi mengenai dirinya terkait jaminan sosial yang diterima. Terlebih lagi, dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, kita dapat bijak dalam memanfaatkan dan menjadi perhatian dalam penanganannya.

Semoga informasi yang disediakan ini dapat membantu Sobat Pip News dalam memperoleh informasi yang cepat dan mudah mengenai Jamsostek.

Disklaimer

Tulisan di atas merupakan informasi yang disajikan untuk memberikan pemahaman pada para pembaca. Setiap tindakan atau keputusan yang diambil berdasarkan informasi tersebut adalah tanggung jawab pembaca. Tulisan ini juga tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat.