cara cek kartu e toll mandiri

Mempermudah Perjalanan Anda!

Salam sobat Pip News! Bagi para pengguna jalan tol, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kartu e-Toll Mandiri. Kartu ini mempermudah perjalanan Anda dengan layanan transaksi non-tunai. Namun, pernahkah Anda mengalami kebingungan saat hendak mengecek saldo atau riwayat transaksi kartu e-Toll Mandiri? Lantas, bagaimana cara cek kartu e-Toll Mandiri? Mari simak penjelasan berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Kartu e-Toll Mandiri

Sebelum membahas tentang cara cek kartu e-Toll Mandiri, mari kita ulas terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan yang satu ini.

Kelebihan:

1. Transaksi non-tunai. Layanan transaksi non-tunai ini memudahkan kita untuk tidak perlu membawa uang cash saat hendak membayar tol.

2. Praktis. Dengan teknologi yang semakin berkembang, kartu e-Toll Mandiri bisa digunakan sebagai media transaksi di hampir seluruh jalan tol di Indonesia.

3. Tidak perlu khawatir kehabisan saldo. Kita bisa melakukan top up saldo kartu e-Toll Mandiri di hampir seluruh ATM Mandiri, mini-market, atau langsung di gerbang tol.

4. Hemat waktu. Dibandingkan dengan membayar cash di gerbang tol, menggunakan kartu e-Toll Mandiri lebih efisien dan menghemat waktu dalam proses transaksi.

5. Bonus loyalty point. Kita akan mendapatkan bonus loyalty point setiap melakukan transaksi menggunakan kartu e-Toll Mandiri.

6. Mudah dipergunakan. Penggunaan kartu e-Toll Mandiri relatif mudah bagi siapa saja.

7. Tersedia aplikasi mobile. Pengguna kartu e-Toll Mandiri bisa memantau saldo dan riwayat transaksi dengan mudah melalui aplikasi mobile.

Artikel Terkait Lainnya  cara mengaktifkan lihat terjemahan di instagram

Kekurangan:

1. Biaya administrasi. Selain top up saldo, kartu e-Toll Mandiri juga memerlukan biaya administrasi yang wajib dibayarkan per tahunnya.

2. Terkadang lambat dalam proses transaksi. Ada kalanya kita harus menunggu beberapa saat lamanya dalam proses transaksi menggunakan kartu e-Toll Mandiri di gerbang tol.

3. Bila terjadi kerusakan atau kehilangan kartu, saldo bisa hilang. Jadi, sangat penting untuk menjaga dan merawat kartu e-Toll Mandiri dengan baik agar tidak rusak atau hilang.

4. Terkadang kita lupa untuk top up saldo. Kondisi ini bisa terjadi karena sibuk atau kurang perhatian dalam menjaga saldo kartu e-Toll Mandiri.

5. Ada kalanya masih kesulitan mencari lokasi top up saldo. Layanan top up saldo saat ini sudah tersedia di hampir seluruh ATM Mandiri, mini-market, dan gerbang tol. Namun, terkadang masih kita kesulitan untuk menemukan lokasi top up di sekitar kita.

6. Tidak semua gerbang tol menerima kartu e-Toll Mandiri. Ada sebagian gerbang tol yang belum menerima kartu e-Toll Mandiri sebagai media transaksi. Sehingga kita tetap harus membayar cash di gerbang tol tersebut.

7. Risiko keamanan data. Transaksi non-tunai memiliki risiko keamanan data yang perlu kita perhatikan dan kewaspadaan pengguna kartu e-Toll Mandiri juga sangat diperlukan.

Cara Cek Kartu e-Toll Mandiri

Berikut adalah cara cek kartu e-Toll Mandiri yang bisa Anda lakukan.

No. Cara Cek Keterangan
1. Sms Kirimkan sms ke nomor 7788 dengan format: ETOLL(spasi)CEK(spasi)KARTU(spasi)ID(spasi)PIN
2. Aplikasi Unduh aplikasi Mandiri e-Toll di App Store atau Google Play Store, lalu registrasi dan masuk ke aplikasi tersebut.
3. ATM Mandiri Masukkan kartu ATM Mandiri, lalu pilih menu “Informasi Tabungan” dan “Informasi e-Toll”.
4. Kantor Cabang Mandiri Kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat, lalu minta informasi tentang saldo e-Toll.

Setelah mengetahui cara cek kartu e-Toll Mandiri, jangan lupa untuk selalu memonitor saldo dan riwayat transaksi agar tidak terjadi kekurangan saldo atau masalah transaksi lainnya.

FAQ

1. Apakah bisa cek saldo kartu e-Toll Mandiri di gerbang tol?

Tidak bisa, kita harus menggunakan cara-cara lain seperti sms, aplikasi, ATM Mandiri, atau kantor cabang Mandiri.

Artikel Terkait Lainnya  logo ipk

2. Bagaimana cara top up saldo kartu e-Toll Mandiri?

Kita bisa melakukan top up saldo di hampir seluruh ATM Mandiri, mini-market, atau langsung di gerbang tol.

3. Berapa biaya administrasi kartu e-Toll Mandiri?

Biaya administrasi wajib dibayarkan per tahunnya dengan besaran yang bervariasi tergantung jenis kartu yang digunakan.

4. Apakah setiap gerbang tol menerima kartu e-Toll Mandiri?

Tidak semua gerbang tol menerima kartu e-Toll Mandiri sebagai media transaksi. Ada sebagian gerbang tol yang belum menerima kartu e-Toll Mandiri.

5. Bagaimana cara merawat kartu e-Toll Mandiri agar tidak rusak atau hilang?

Perhatikan cara penyimpanan dan tidak melipat kartu serta jangan sampai hilang karena jika kartu e-Toll Mandiri rusak atau hilang maka saldo juga bisa hilang.

6. Bagaimana jika saldo kartu e-Toll Mandiri kurang?

Kita bisa melakukan top up saldo di hampir seluruh ATM Mandiri, mini-market, atau langsung di gerbang tol agar saldo kartu e-Toll Mandiri tidak kurang.

7. Apakah ada layanan customer service untuk pertanyaan tentang kartu e-Toll Mandiri?

Tentu, kita bisa menghubungi nomor call center Mandiri (14000) atau lewat email ke mandiricare@bankmandiri.co.id.

Kesimpulan

Menggunakan kartu e-Toll Mandiri memang mempermudah perjalanan kita di jalan tol. Namun, kita juga perlu memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan ini. Selain itu, kita juga perlu mengetahui cara cek saldo atau riwayat transaksi kartu e-Toll Mandiri agar bisa memantau penggunaan kartu dengan baik dan efisien. Mari manfaatkan layanan ini sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk mengatur penggunaan kartu e-Toll Mandiri dengan bijak.

Action Time

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara cek kartu e-Toll Mandiri dan juga beberapa hal penting terkait layanan ini. Sudah saatnya sekarang Anda mencoba layanan transaksi non-tunai ini dan mengoptimalkan penggunaannya. Jangan lupa juga untuk selalu memantau saldo dan riwayat transaksi secara berkala.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi umum dan tidak dimaksudkan sebagai saran atau rekomendasi tertentu untuk penggunaan kartu e-Toll Mandiri. Segala keputusan dan tindakan yang diambil oleh pembaca setelah membaca artikel ini adalah tanggung jawab pribadi masing-masing individu.