cara cek laptop windows berapa

Pendahuluan

Sobat Pip News, apakah kamu ingin tahu cara cek laptop Windows berapa yang kamu miliki? Memahami spesifikasi laptop Windows yang digunakan bisa memberikan keuntungan yang besar, seperti mengetahui apakah laptop kamu masih compatible dengan software terbaru atau tidak. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek laptop Windows berapa melalui beberapa langkah sederhana. Jadi, simak dengan baik artikel ini ya!

1. Melalui “System Information”

Emoji: 🔍

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur “System Information” yang sudah ada di dalam sistem Windows. Caranya mudah, cukup tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”. Kemudian, ketik “msinfo32” tanpa tanda kutip pada kolom yang tersedia dan tekan Enter. Akan muncul jendela “System Information” yang berisi berbagai informasi tentang laptop kamu, termasuk spesifikasinya.

2. Menggunakan “Settings”

Emoji: ⚙️

Selain melalui “System Information”, kamu juga bisa mengetahui spesifikasi laptop Windows berapa melalui menu “Settings”. Caranya sangat mudah, cukup buka menu “Settings” dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah lalu pilih “Settings”. Kemudian, pilih opsi “System” dan klik “About”. Pada halaman “About”, kamu akan menemukan informasi lengkap tentang laptop kamu, termasuk versi Windows yang digunakan.

3. Lewat “Control Panel”

Emoji: 🖥️

Bagi kamu yang lebih familiar dengan “Control Panel” daripada “Settings”, kamu juga dapat mencari informasi laptop Windows berapa yang kamu gunakan melalui “Control Panel”. Caranya sangat mudah, cukup buka “Control Panel” dengan mengetikkan “Control Panel” pada kolom pencarian di menu Start. Setelah itu, pilih opsi “System and Security” lalu klik “System”. Pada halaman ini, kamu akan menemukan informasi lengkap tentang sistem operasi Windows yang terpasang di laptop kamu.

4. Menyelami “Command Prompt”

Emoji: 💻

Jika kamu terbiasa menggunakan “Command Prompt” atau “CMD”, maka kamu juga bisa mengetahui laptop Windows berapa yang kamu gunakan melalui aplikasi ini. Caranya cukup sederhana, buka “Command Prompt” dengan cara mengetikkan “CMD” pada kolom pencarian di menu Start. Setelah itu, ketik perintah “wmic os get caption” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Akan muncul informasi tentang sistem operasi Windows yang terpasang di laptop kamu.

5. Menggunakan Aplikasi “Speccy”

Emoji: 📊

Artikel Terkait Lainnya  cara cek hak cipta youtube

Untuk kamu yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang spesifikasi laptop Windows, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus seperti “Speccy”. Aplikasi ini akan memberikan informasi detail tentang hardware dan software yang terpasang di laptop kamu, termasuk versi Windows yang digunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui situs resminya.

6. Melalui “Device Manager”

Emoji: 🖨️

Jika kamu ingin mengetahui driver atau perangkat keras apa saja yang terpasang di laptop Windows, kamu bisa menggunakan fitur “Device Manager”. Caranya cukup mudah, klik kanan pada tombol Start kemudian pilih opsi “Device Manager”. Akan muncul jendela “Device Manager” yang berisi daftar perangkat yang terpasang di laptop kamu.

7. Dengan Aplikasi “Belarc Advisor”

Emoji: 📊

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi “Belarc Advisor” untuk mengetahui spesifikasi lengkap laptop Windows yang kamu miliki. Aplikasi ini akan memberikan informasi detail tentang hardware, software, dan versi Windows yang digunakan di laptop kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resminya secara gratis.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Laptop Windows Berapa

1. Melalui “System Information”

Kelebihan:

– Mudah dilakukan dan sudah terintegrasi pada sistem Windows.

– Memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi laptop.

Kekurangan:

– Membutuhkan beberapa langkah untuk mencapai informasi yang diinginkan.

2. Menggunakan “Settings”

Kelebihan:

– Proses yang sangat sederhana dan intuitif.

– Tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Kekurangan:

– Hanya memberikan informasi dasar tentang versi Windows.

3. Lewat “Control Panel”

Kelebihan:

– Memberikan informasi lengkap tentang sistem operasi Windows.

– Cara yang sudah familiar bagi pengguna lama Windows.

Kekurangan:

– Memerlukan navigasi yang lebih rumit dibandingkan metode lainnya.

4. Menyelami “Command Prompt”

Kelebihan:

– Proses yang cepat dan efisien untuk pengguna yang terbiasa menggunakan “CMD”.

– Memberikan informasi yang detail tentang sistem operasi Windows.

Kekurangan:

– Memerlukan pengetahuan dasar tentang perintah CMD.

5. Menggunakan Aplikasi “Speccy”

Kelebihan:

– Memberikan informasi lengkap tentang hardware dan software laptop.

– Antarmuka yang user-friendly.

Kekurangan:

– Harus mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu.

6. Melalui “Device Manager”

Kelebihan:

– Memberikan informasi tentang perangkat keras yang terpasang di laptop Windows.

– Berguna untuk mencari driver yang terbaru.

Kekurangan:

– Tidak memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi laptop.

7. Dengan Aplikasi “Belarc Advisor”

Kelebihan:

– Memberikan informasi detail tentang berbagai aspek laptop Windows.

– Visualisasi yang menarik dan mudah dimengerti.

Kekurangan:

– Perlu mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Tabel Informasi

Metode Kelebihan Kekurangan
Melalui “System Information” Mudah dan lengkap Membutuhkan beberapa langkah
Menggunakan “Settings” Sederhana dan intuitif Hanya memberikan informasi dasar
Lewat “Control Panel” Memberikan informasi lengkap Navigasi yang rumit
Menyelami “Command Prompt” Cepat dan efisien Memerlukan pengetahuan dasar CMD
Menggunakan Aplikasi “Speccy” Informasi lengkap tentang hardware dan software Mengunduh dan menginstal aplikasi
Melalui “Device Manager” Informasi tentang perangkat keras Tidak memberikan informasi lengkap
Dengan Aplikasi “Belarc Advisor” Informasi detail tentang laptop Mengunduh dan menginstal aplikasi

FAQ

1. Bagaimana cara mengetahui versi Windows yang terpasang di laptop?

Sobat Pip News, untuk mengetahui versi Windows yang terpasang, kamu bisa menggunakan beberapa metode seperti “System Information”, “Settings”, atau “Command Prompt”. Silakan ikuti langkah-langkah pada artikel ini untuk informasi lebih detail.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat akun google yang lupa sandi

2. Apa perbedaan antara “System Information” dan “Settings” dalam mengetahui spesifikasi laptop?

Sobat Pip News, “System Information” memberikan informasi yang lebih detail tentang spesifikasi laptop secara menyeluruh, sedangkan “Settings” hanya memberikan informasi dasar tentang versi Windows yang terpasang.

3. Apakah semua laptop Windows memiliki fitur “System Information”?

Sobat Pip News, ya, semua laptop Windows memiliki fitur “System Information” yang terintegrasi di dalamnya. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

4. Dapatkah saya menggunakan aplikasi selain “Speccy” atau “Belarc Advisor”?

Tentu saja, Sobat Pip News. Selain “Speccy” atau “Belarc Advisor”, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop Windows kamu. Namun, pastikan aplikasi yang kamu gunakan telah terpercaya dan aman untuk digunakan.

5. Apakah “Device Manager” hanya memberikan informasi tentang perangkat keras saja?

Tidak, Sobat Pip News. “Device Manager” tidak hanya memberikan informasi tentang perangkat keras yang terpasang di laptop kamu, tetapi juga memberikan informasi tentang driver yang terkait dengan perangkat tersebut.

6. Bagaimana cara mengetahui versi Windows yang terpasang melalui “Command Prompt”?

Untuk mengetahui versi Windows melalui “Command Prompt”, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan mengetikkan perintah “wmic os get caption”. Setelah itu, tekan Enter, dan akan muncul informasi mengenai versi Windows yang terpasang di laptop kamu.

7. Bisakah saya mengganti sistem operasi Windows di laptop saya?

Tentu saja, Sobat Pip News. Jika kamu merasa perlu atau ingin mengganti sistem operasi Windows yang terpasang di laptop kamu, kamu bisa melakukan instalasi ulang dengan sistem operasi Windows pilihanmu.

Kesimpulan

Sobat Pip News, dengan mengetahui cara cek laptop Windows berapa, kamu akan mendapatkan informasi penting mengenai spesifikasi laptop yang kamu gunakan. Melalui berbagai metode yang telah dijelaskan di dalam artikel ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terpasang dan informasi lainnya seperti hardware, software, dan driver yang digunakan. Mempelajari spesifikasi laptop sangat penting agar kamu dapat memahami apakah laptop masih dapat mendukung software terbaru atau tidak. Jadi, jangan ragu untuk mencoba metode-metode yang telah kami bagikan di atas!

Kata Penutup

Sobat Pip News, kami harap artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi kamu yang ingin mengetahui cara cek laptop Windows berapa. Penting bagi kamu untuk selalu memahami spesifikasi laptop yang kamu gunakan agar dapat memaksimalkan penggunaan dan kompatibilitas dengan software terbaru. Jangan lupa untuk selalu mengupdate laptop kamu sesuai dengan rekomendasi dan persyaratan sistem yang dibutuhkan oleh software yang ingin kamu gunakan. Semoga sukses dengan pencarian spesifikasi laptop Windowsmu!

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi seputar cara cek laptop Windows berapa. Hasil yang diperoleh dari metode-metode yang dijelaskan dalam artikel ini dapat bervariasi tergantung pada versi Windows dan perangkat keras yang kamu gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kesalahan yang terjadi akibat penggunaan informasi dalam artikel ini. Kamu disarankan untuk selalu berhati-hati dan teliti dalam mempelajari spesifikasi laptop Windows yang kamu miliki.