cara cek link whatsapp

Pendahuluan

Salam, Sobat Pip News! Di era digital seperti sekarang ini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer bagi banyak orang. Di aplikasi ini, Anda bisa berbagi pesan, foto, video, dan dokumen dengan mudah. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua link WhatsApp aman untuk di-klik? Jangan khawatir, karena melalui artikel ini, kami akan membantu Anda untuk memastikan link WhatsApp aman dan terhindar dari ancaman malware dan tindakan cybercrime.

WhatsApp merupakan aplikasi instant messaging yang saat ini digunakan oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia. Sejak awal peluncurannya pada tahun 2009, aplikasi ini telah terus berkembang dan menambahkan berbagai fitur, seperti panggilan video dan suara, status, dan lain-lainnya. Salah satu fitur yang sangat berguna pada aplikasi ini adalah fitur link.

Link pada WhatsApp digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk mengikuti grup atau mengunduh aplikasi melalui tautan terkait. Meski begitu, Anda perlu memastikan bahwa link tersebut aman sebelum di-klik. Seorang hacker atau cyber attacker dapat memperoleh akses ke perangkat Anda melalui malware atau virus yang disembunyikan di link tersebut.

Jadi, bagaimana caranya memastikan link WhatsApp aman? Melalui artikel ini, kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan cara cek link WhatsApp serta penjelasan secara detail, dan juga akan memberikan 10 FAQ yang harus Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Link Whatsapp

Kelebihan cara cek link Whatsapp:

  1. Anda bisa memastikan tingkat keamanan link tersebut sebelum di-klik, sehingga terhindar dari malware dan tindakan cybercrime.
  2. Proses pemeriksaan link WhatsApp cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.
  3. Anda bisa menghindari link-link palsu atau hoax yang dapat merugikan Anda.
  4. Dengan melakukan pemeriksaan link, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan hardware atau software pada perangkat Anda.
  5. Link yang telah dicek akan tersimpan ke dalam daftar riwayat, sehingga Anda bisa melihat link apa saja yang pernah dicek.
  6. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat digunakan untuk memeriksa keamanan link WhatsApp, seperti QR Code Scanner.
  7. Dalam beberapa kasus, pihak Pengembang WhatsApp melakukan tindakan tegas untuk memberantas link-link WhatsApp yang dianggap tidak aman.

Kekurangan cara cek link Whatsapp:

  1. Tidak semua aplikasi pihak ketiga dapat diandalkan untuk memeriksa keamanan link WhatsApp, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi.
  2. Proses pemeriksaan link dapat memakan waktu, tergantung dari jumlah link yang akan diperiksa.
  3. Link WhatsApp yang dianggap aman saat diperiksa belum tentu aman dalam jangka waktu yang lama.
  4. Proses pengujian keamanan link WhatsApp yang kurang tepat dan akurat dapat menimbulkan kesalahan dalam menilai tingkat keamanan link tersebut.
  5. Cara cek link WhatsApp ini bisa dibilang kurang populer dan kurang banyak diketahui orang.
  6. Beberapa link WhatsApp yang aman bisa saja diblokir oleh pihak WhatsApp untuk alasan tertentu.
  7. Proses pemeriksaan link WhatsApp hanya dapat dilakukan pada link tertentu, tidak semua link WhatsApp bisa dicek.
Artikel Terkait Lainnya  cara melihat skin tone

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan cara cek link WhatsApp, mari kita lanjut ke penjelasannya secara detail.

Cara Cek Link Whatsapp yang Aman

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk memastikan keamanan link WhatsApp. Berikut ini adalah metode-metode tersebut:

Metode 1: Periksa Langsung di Aplikasi WhatsApp

Salah satu metode yang paling mudah untuk memeriksa keamanan link WhatsApp adalah dengan langsung memeriksanya di dalam aplikasi WhatsApp. Berikut ini adalah caranya:

Langkah Gambar
1. Buka obrolan di mana Anda menerima tautan WhatsApp yang ingin Anda periksa. Langkah 1
2. Tap dan tahan link WhatsApp yang ingin Anda periksa hingga muncul menu pop-up. Langkah 2
3. Pilih ‘Periksa link’ pada menu yang muncul. Langkah 3
4. Setelah selesai diperiksa, akan muncul konfirmasi pada layar, apakah link tersebut aman atau tidak. Jika stoplamp menunjukkan warna hijau, berarti link tersebut aman. Sedangkan jika stoplamp menunjukkan warna merah, maka link tersebut tidak aman dan sebaiknya tidak di-klik. Langkah 4

Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa langsung memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp yang terdapat pada obrolan yang Anda terima. Jika link tersebut aman, maka Anda bisa meng-klik link tersebut tanpa perlu khawatir.

Metode 2: Periksa Melalui Layanan Pihak Ketiga

Selain menggunakan metode pertama, Anda bisa juga menggunakan layanan pihak ketiga untuk memeriksa keamanan suatu link WhatsApp. Berikut ini adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan:

  1. QR Code Scanner
    Aplikasi QR Code Scanner adalah aplikasi barcode scanner yang dapat memindai kode QR dan menampilkan informasi penting yang terkait dengan kode tersebut. Anda dapat menemukan aplikasi ini dengan mudah di App Store ataupun Google Play Store. Setelah berhasil memindai kode QR pada link WhatsApp, Anda akan dapat mengetahui keamanan link tersebut.
  2. VirusTotal
    VirusTotal adalah sebuah web service yang menyediakan layanan pengujian online untuk file dan link yang dicurigai mengandung malware ataupun virus. Selain untuk memeriksa link WhatsApp, Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk memeriksa email yang dicurigai mengandung virus atau malware.
  3. GetLinkInfo
    GetLinkInfo adalah sebuah situs web yang menyediakan layanan untuk memeriksa apakah suatu link aman atau tidak. Anda dapat memasukkan link WhatsApp ke dalam kotak yang tersedia, kemudian GetLinkInfo akan melakukan pengujian untuk mengetahui tingkat keamanan link tersebut.

Dalam menggunakan layanan pihak ketiga, pastikan Anda memilih layanan yang terpercaya dan terlindungi. Jangan sampai Anda tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan malah merusak perangkat Anda.

Metode 3: Periksa Melalui Google Safe Browsing

Selain menggunakan layanan pihak ketiga, Anda bisa juga memeriksa keamanan link WhatsApp melalui Google Safe Browsing. Berikut ini adalah caranya:

  1. Buka Google Chrome di perangkat Anda.
  2. Kunjungi situs web ‘Google Safe Browsing’.
  3. Masukkan link WhatsApp yang ingin Anda periksa pada kolom yang tersedia.
  4. Tunggu sampai Google Safe Browsing melakukan pengujian terhadap link tersebut.
  5. Setelah selesai diperiksa, akan muncul konfirmasi pada layar, apakah link tersebut aman atau tidak. Jika link WhatsApp aman, maka Anda bisa meng-klik link tersebut dengan tenang.

Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa memeriksa keamanan link WhatsApp dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan Anda tidak mengunjungi link WhatsApp yang dicurigai mengandung malware atau virus.

10 FAQ Cara Cek Link Whatsapp

1. Apa itu link WhatsApp?

Link WhatsApp adalah tautan yang digunakan untuk berbagai kepentingan pada aplikasi WhatsApp, misalnya mengisi formulir pendaftaran, bergabung dengan grup, atau mengunduh aplikasi terkait.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat localhost

2. Apa risiko yang ditimbulkan dari link WhatsApp yang tidak aman?

Link WhatsApp yang tidak aman dapat menimbulkan risiko kerusakan hardware atau software pada perangkat Anda, serta memungkinkan hacker atau cyber attacker untuk miemperoleh akses ke perangkat Anda.

3. Apa saja metode yang bisa digunakan untuk memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp?

Anda bisa memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp dengan berbagai metode, antara lain dengan cara langsung di aplikasi WhatsApp, menggunakan layanan pihak ketiga seperti QR Code Scanner atau GetLinkInfo, atau dengan memeriksanya melalui Google Safe Browsing.

4. Apakah seluruh link WhatsApp bisa dicek keamanannya?

Tidak seluruh link WhatsApp bisa dicek keamanannya, namun beberapa aplikasi pihak ketiga dapat menerima link WhatsApp yang ingin dicek keamanannya.

5. Apakah setelah dicek, link WhatsApp yang aman tetap akan aman dalam jangka waktu yang lama?

Link WhatsApp yang aman tetap akan aman dalam jangka waktu yang lama, namun tidak menutup kemungkinan bahwa link tersebut akan disusupi oleh hacker atau cyber attacker dalam jangka waktu tertentu.

6. Apa yang harus saya lakukan jika link WhatsApp yang saya terima dicurigai tidak aman?

Jika link WhatsApp yang Anda terima dicurigai tidak aman, sebaiknya jangan meng-klik link tersebut dan laporan ke pihak WhatsApp agar bisa diambil tindakan preventif.

7. Apakah semua aplikasi pihak ketiga aman digunakan untuk memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp?

Tidak semua aplikasi pihak ketiga aman digunakan untuk memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp, namun Anda bisa memilih layanan yang terpercaya dan terlindungi.

8. Apakah link WhatsApp yang sudah pernah di-klik bisa dicek keamanannya kembali?

Link WhatsApp yang sudah di-klik sebelumnya tidak dapat dicek keamanannya lagi, namun Anda bisa menyimpan link tersebut di dalam daftar riwayat pengujian link WhatsApp untuk referensi di masa mendatang.

9. Apa saja layanan pihak ketiga yang bisa diandalkan untuk memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp?

Beberapa layanan pihak ketiga yang bisa diandalkan untuk memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp antara lain QR Code Scanner, VirusTotal, dan GetLinkInfo.

10. Apa yang harus saya lakukan selain memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp?

Selain memeriksa tingkat keamanan link WhatsApp, Anda juga bisa menghindari dokumen atau file yang dicurigai mengandung malware atau virus, dan memastikan perangkat Anda tetap terlindungi dengan memperbaharui software atau aplikasi secara teratur.

Kesimpulan

Demikianlah cara cek link WhatsApp dengan 3 metode yang bisa digunakan, yaitu langsung di aplikasi WhatsApp, melalui layanan pihak ketiga, dan melalui Google Safe Browsing. Meski begitu, perlu diingat untuk tetap berhati-hati dan tidak meng-klik link WhatsApp yang dicurigai tidak aman.

Selain itu, berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara cek link WhatsApp memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan antara lain memastikan tingkat keamanan link, menghindari link palsu atau hoax, dan mengurangi risiko kerusakan pada perangkat. Sedangkan kekurangan antara lain tidak seluruh link bisa dicek keamanannya, dan pengujian yang kurang akurat dapat menimbulkan kesalahan dalam menilai tingkat keamanan link tersebut.

Tetap waspada dan hati-hati saat menggunakan aplikasi WhatsApp, dan jangan lupa periode mencoba cara cek link WhatsApp agar terhindar dari ancaman malware ataupun tindakan cybercrime.

Kata Penutup

Disclaimer: artikel ini bukan bertujuan untuk mempromosikan layanan pihak ketiga tertentu, namun hanya bertujuan untuk memberikan saran dan informasi yang mungkin bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Pip News. Semoga ulasan yang telah disampaikan bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, serta memperbaharui perangkat Anda secara teratur.