cara cek password wifi di laptop cmd

Salam Sobat Pip News, Ini Dia Cara Cek Password Wifi di Laptop CMD yang Mungkin Anda Butuhkan

Ketika ingin terhubung ke jaringan wifi, hal yang pertama kali dilakukan adalah memasukan password wifi. Namun apa jadinya jika kita lupa password wifi itu? Tenang, Sobat Pip News, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara cek password wifi di laptop menggunakan CMD.

๐Ÿ”Ž Apa itu CMD?

Sebagai awalan, Sobat Pip News harus mengetahui apa itu CMD terlebih dahulu. CMD merupakan Command Prompt atau dikenal dengan CMD.exe, yaitu sebuah aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows. CMD berfungsi sebagai tempat bagi pengguna untuk menjalankan berbagai perintah sistem dalam bentuk teks.

๐Ÿ“ Persiapan Sebelum Memulai Tutorial

Sebelum Sobat Pip News memulai tutorial mengenai cara cek password wifi di laptop CMD, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:

Perangkat Laptop Siapkan laptop yang terhubung ke jaringan wifi yang Anda ingin ketahui password-nya.
Command Prompt (CMD) Pastikan Anda sudah mengetahui cara membuka CMD pada laptop.
Priviledge Administrator Anda harus login sebagai administrator untuk dapat mengakses perintah sistem.
Jaringan Wifi Pastikan laptop Anda telah terhubung dengan jaringan wifi yang dimaksud.

๐Ÿ’ฅ Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Password Wifi dengan CMD

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan cara cek password wifi di laptop menggunakan CMD:

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat email ig

Kelebihan

1. Mudah Dilakukan
Cara cek password wifi di laptop menggunakan CMD sangat mudah untuk dilakukan karena cukup dengan membuka aplikasi CMD dan memasukan perintah yang spesifik.

2. Bisa Menemukan Password Wifi yang Lupa
Jika Anda lupa password wifi yang telah terhubung sebelumnya, maka cara cek password wifi di laptop menggunakan CMD dapat membantu Anda melihatnya kembali.

3. Tanpa Memerlukan Aplikasi Tambahan
Cara cek password wifi menggunakan CMD tidak membutuhkan aplikasi tambahan sehingga bisa meminimalisir risiko adanya malware atau virus pada PC Anda.

Kekurangan

1. Membutuhkan Akses Administrator
Agar bisa menjalankan perintah sistem pada CMD, pengguna diharuskan login sebagai administrator pada laptop.

2. Tidak Bisa Digunakan di Wifi Baru
Jika Anda belum terhubung ke jaringan wifi yang ingin Anda cek password-nya, maka cara ini menjadi tidak efektif.

3. Perintah Tertentu
Bisa jadi bagi beberapa pengguna, perintah pada CMD cukup rumit sehingga membuat pengguna kesulitan untuk menjalankannya.

๐Ÿ‘€ Bagaimana Cara Cek Password Wifi di Laptop CMD?

Setelah mengetahui apa itu CMD dan persiapan yang harus dilakukan, Sobat Pip News pasti sudah sangat penasaran tentang bagaimana cara cek password wifi di laptop menggunakan CMD. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka CMD

Pertama-tama, Sobat Pip News buka CMD pada laptop. Caranya cukup mudah, yakni klik tombol โ€œStartโ€ di pojok kiri bawah desktop, ketik โ€œCMDโ€ pada bar pencarian, kemudian klik CMD. Atau Sobat Pip News juga bisa menggunakan shortcut Win+R, lalu ketik CMD dan tekan Enter.

Langkah 2: Cari Nama Profil Wifi

Pada tampilan CMD, Sobat Pip News ketik perintah โ€œnetsh wlan show profileโ€ dan tekan Enter. Kemudian akan muncul daftar nama profil jaringan wifi yang pernah terhubung pada laptop. Simpan nama profil wifi yang hendak Sobat Pip News ketahui password-nya.

Langkah 3: Tampilkan Password Wifi

Setelah menemukan nama profil wifi, lanjutkan dengan memasukan perintah berikut โ€œnetsh wlan show profile name=nama-profil-wifi key=clearโ€ dan tekan Enter. Ganti nama-profil-wifi dengan nama profil wifi yang tadi disimpan. Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan informasi security key, lalu cari tulisan key content dan catat password wifi-nya.

Langkah 4: Selesai

Sekarang Sobat Pip News sudah berhasil mengetahui password wifi yang pernah terhubung pada laptop. Ulangi langkah-langkah di atas setiap kali Sobat Pip News ingin mengetahui password wifi lainnya.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek nik sudah terdaftar di bpjs

FAQ Mengenai Cara Cek Password Wifi di Laptop Menggunakan CMD

1. Apakah cara cek password wifi dengan CMD dijamin berhasil?

Tergantung pada kondisi laptop Anda masing-masing. Namun cara ini cukup efisien untuk mengetahui password wifi yang sudah pernah terhubung pada laptop.

2. Apa risiko menggunakan cara cek password wifi dengan CMD?

Tidak ada risiko selama Anda menjalankan CMD dan perintah sistem dengan hati-hati. Jangan mengubah perintah lain selain perintah yang sudah diberikan.

3. Apakah CMD bisa digunakan pada sistem operasi selain Windows?

Sayangnya, perintah CMD hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Windows.

4. Apakah cara ini bisa digunakan untuk mencuri password wifi orang lain?

Jangan pernah melakukan hal tersebut, karena mencuri password wifi orang lain termasuk ke dalam tindak pidana yang dapat diproses hukum.

5. Apakah harus tahu nama profil wifi yang hendak dicek password-nya terlebih dahulu?

Ya, nama profil wifi sangat penting untuk mempermudah pencarian password wifi-nya.

6. Mengapa beberapa langkah harus dilakukan sebagai Administrator?

Karena perintah sistem yang dijalankan pada CMD membutuhkan hak akses Administrator untuk bisa berjalan dengan baik.

7. Bisakah cara ini dijalankan pada laptop dengan sistem operasi lama?

Selama laptop memiliki sistem operasi Windows, maka cara ini bisa dijalankan pada sistem operasi mana pun.

๐Ÿ‘๐Ÿ‘Ž Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana cara cek password wifi di laptop dengan menggunakan CMD, ada beberapa hal yang perlu Sobat Pip News ketahui. Cara ini memang efektif untuk mengetahui password wifi yang sudah terhubung pada laptop. Namun, perintah sistem yang harus dilakukan dengan hati-hati dan harus login sebagai administrator. Cara ini terbilang mudah karena tidak memerlukan aplikasi tambahan dan efektif dalam menemukan password wifi yang lupa.

Bagi Sobat Pip News yang masih kebingungan tentang cara cek password wifi dengan CMD, silahkan baca kembali tutorial di atas atau tonton video tutorial pada platform video sharing terkait. Namun, Sobat Pip News juga jangan lupa untuk tidak menyalahgunakan cara ini untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain.

Disclaimer

Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan edukasi saja. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh pembaca dengan menggunakan informasi yang terdapat pada artikel ini. Segala resiko dan konsekuensi ditanggung oleh pembaca masing-masing. Silahkan gunakan informasi yang diberikan dengan bijak dan bertanggung jawab.