cara cek pengiriman barang lewat jne

Mempermudah Pengiriman Barang Anda dengan JNE

Salam Sobat Pip News! Apakah kamu seringkali kebingungan memantau keberadaan barang yang telah kamu kirim melalui JNE? Tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas cara cek pengiriman barang lewat JNE dengan mudah dan cepat. Dilengkapi dengan informasi kelebihan dan kekurangan penggunaan layanan JNE serta FAQ yang umum ditanyakan.

Pengantar

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang memanfaatkan layanan pengiriman barang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan tersebut adalah JNE. Namun, seringkali kita belum memahami betul bagaimana cara melacak keberadaan barang yang sudah kita kirim.

Hal ini sangat penting, karena dengan memantau pengiriman barang yang kita kirim, kita bisa menghindari kerugian. Seperti kehilangan barang hingga barang yang didapat dalam kondisi rusak saat diterima oleh penerima. Dengan mengetahui bagaimana cara melacak pengiriman barang lewat JNE, kita bisa lebih memastikan barang yang kita kirim berada dalam keadaan yang aman hingga diterima oleh penerima dengan baik. Berikut adalah ulasan mengenai cara cek pengiriman barang lewat JNE dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan JNE

JNE merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang terpercaya yang terkenal di Indonesia. Namun, seperti perusahaan lainnya, JNE juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyediakan layanan pengirimannya.

Kelebihan JNE

Kelebihan dari menggunakan JNE sebagai layanan pengiriman barang adalah :

Kelebihan Penjelasan
Harga bersaing JNE menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan dengan perusahaan pengiriman lainnya.
Jangkauan luas JNE memiliki titik layanan hampir di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan pengiriman barang ke berbagai wilayah.
Tracking informasi yang akurat JNE menyediakan fitur pelacakan pengiriman barang yang akurat dan terupdate secara real-time.
Customer service yang kompeten JNE menyediakan customer service yang kompeten untuk membantu pelanggan dalam mengatasi berbagai masalah yang muncul terkait pengiriman barang.

Kekurangan JNE

Namun, di sisi lain, terdapat juga beberapa kelemahan dalam menggunakan layanan pengiriman barang JNE, antara lain :

  • Keterlambatan pengiriman. Meski JNE berusaha keras untuk membuat pengiriman lebih efisien dan cepat, namun pada beberapa kasus, terkadang pengiriman mengalami keterlambatan untuk beberapa alasan, seperti kendala logistik di jalan dan cuaca yang buruk.
  • Tarif lebih tinggi di beberapa daerah tertentu. Terkadang JNE harus menetapkan tarif yang lebih tinggi di daerah tertentu akibat jarak yang jauh atau sulit dijangkau.
  • Kendala pada tata kelola barang yang dikirim. Meski JNE berusaha keras untuk menjaga agar barang yang diantar tidak rusak, terkadang masih terdapat barang yang terselip dan rusak.
Artikel Terkait Lainnya  cara melihat postingan yang kita like di instagram

Cara Cek Pengiriman Barang Lewat JNE

Bagi kamu yang ingin memantau status pengiriman barang lewat JNE, berikut adalah cara cek pengiriman barang lewat JNE yang mudah :

1. Melalui Situs Resmi JNE

Langkah pertama untuk melakukan pelacakan pengiriman barang lewat JNE adalah dengan mengunjungi situs web resmi JNE, yaitu www.jne.co.id:

Dapatkan hasil akurat dengan melihat gambar dalam format HTML yang disertakan. Di sini kami menampilkannya dalam format teks.

1. Buka situs web resmi JNE, yaitu www.jne.co.id.
2. Cari fitur “Lacak Kiriman” yang biasanya terdapat pada bagian atas atau bawah halaman website JNE.
3. Masukkan nomor resi yang tertera pada tanda terima JNE yang telah diberikan kepada Anda saat menyerahkan barang ke petugas antar JNE.
4. Klik tombol “Cari”. Sistem JNE akan menampilkan informasi status pengiriman barang yang telah Anda kirimkan sesuai dengan nomor resi yang telah dimasukkan. Dalam hal ini, informasi yang ditampilkan sudah cukup lengkap, mulai dari tanggal pengiriman, asal pengiriman, hingga status terakhir pengiriman barang Anda.

2. Melalui Aplikasi JNE

Selain melalui situs resmi, JNE juga menyediakan aplikasi ponsel untuk memantau status pengiriman barang yang telah dikirim. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pelacakan pengiriman barang lewat aplikasi JNE :

Dapatkan hasil akurat dengan melihat gambar dalam format HTML yang disertakan. Di sini kami menampilkannya dalam format teks.

1. Download aplikasi JNE dari Google Play Store atau App Store.
2. Buka aplikasi setelah diunduh dan diinstal.
3. Masukan nomor resi pada kolom yang tersedia.
4. Tekan tombol “Lacak Kiriman”. Dalam waktu yang singkat, informasi status pengiriman barang yang Anda kirimkan akan tampil pada layar ponsel Anda.

3. Melalui Layanan Chatbot JNE di Media Sosial

JNE juga menyediakan layanan chatbot di media sosial sebagai alternatif untuk mempermudah pelanggan dalam memantaunya pengiriman barang yang dikirim. Berikut adalah cara melakukan pelacakan pengiriman barang lewat chatbot JNE :

Dapatkan hasil akurat dengan melihat gambar dalam format HTML yang disertakan. Di sini kami menampilkannya dalam format teks.

1. Carilah Official Account JNE di media sosial yang kamu miliki.
2. Ikuti dan simpan akun tersebut.
3. Buka layanan chatbot dengan menekan tombol “Mulai”.
4. Pilih opsi “Tracking Kiriman” dan masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia.
5. Tunggu saja sejenak, kemudian informasi tentang pengiriman barang yang telah dikirim akan langsung ditampilkan di layar Hp yang kamu gunakan.

FAQ (Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan)

1. Apakah nomor resi itu penting ketika saya ingin melakukan pelacakan pengiriman barang?

Tidak bisa dipungkiri, nomor resi yang tertera pada tanda terima JNE adalah kunci utama ketika kamu ingin melacak status pengiriman barang yang telah dikirim. Karena nomor resi adalah kode unik yang dimiliki oleh tiap pengiriman, oleh karena itu JNE bisa memantau status pengiriman setiap saat.

2. Bagaimana jika saya lupa nomor resi pengiriman barang yang saya kirim?

Jika kamu lupa nomor resi pengiriman barang yang telah dikirim, kamu bisa menghubungi JNE dengan informasi detail pengiriman barang kamu melalui layanan telepon customer service pada nomor 021-2927-8888. Pihak JNE akan membantu mengaktifkan jaringan untuk mencari nomor resi pengiriman secara sistematis dengan data-data yang kamu berikan.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat nop di sertifikat

3. Apakah saya perlu membuat akun untuk melacak status pengiriman barang?

Tidak perlu. Kamu dapat mengecek status pengiriman barang tanpa harus login atau membuat akun terlebih dahulu.

4. Apakah sumber informasi pengiriman barang yang dihasilkan oleh JNE selalu akurat?

Walaupun informasi yang dihasilkan oleh JNE sudah berusaha akurat, namun kemungkinan terjadinya kesalahan tetap ada. Biasanya, kurang lebih satu hari atau satu hari setelah barang kamu kirim, informasi pengiriman akan terupdate. Namun jika pengiriman kamu benar-benar dalam keadaan darurat, kamu dapat menghubungi customer service JNE via telepon atau layanan chatbot.

5. Bagaimana jika status pengiriman barang saya selalu tertunda atau tidak terupdate?

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, kamu boleh menghubungi pihak JNE melalui telepon customer service atau langsung datang ke kantor JNE terdekat untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan kongkrit terkait pengiriman barang yang telah kamu kirim.

6. Apakah Bisa Menghubungi Supir JNE?

Kamunya tidak bisa menghubungi supir JNE karena setiap pengiriman barang yang diasuransikan melalui JNE sudah dilengkapi dengan sistem tracking atau pelacakan. Dengan sistem tersebut, kamu bisa melihat status pengiriman barang yang telah kamu kirim dan diantar oleh petugas antar JNE secara real-time, sehingga kamu bisa memastikan bahwa barang kamu sampai dengan selamat.

7. Bagaimana mengecek status pengiriman barang JNE yang dilakukan di luar negeri?

Untuk cek pengiriman barang JNE yang dilakukan di luar negeri bisa dilakukan melalui website Universall Postal Union (UPU) dengan memasukkan nomor resi. Namun, perlu diingat bahwa beberapa negara seperti Amerika Serikat terkadang tidak meng-update status pengiriman barang hingga barang tersebut sampai ke Indonesia. Jadi, terkadang informasi yang ditampilkan di situs kurir polemik tidak selalu akurat.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi mengenai cara cek pengiriman barang lewat JNE dengan mudah dan cepat. Meskipun terdapat kelemahan dalam penggunaan layanan JNE, namun tetap saja JNE merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang yang terpercaya di Indonesia. Dengan mengetahui cara melacak keberadaan barang yang kita kirim, kita bisa lebih memastikan barang yang kita kirim berada dalam keadaan yang aman dan tidak rusak saat diterima oleh penerima. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam memantau pengiriman barang lewat JNE dengan lebih efektif dan efisien.

Jangan lupa untuk menggunakan layanan JNE saat kamu membutuhkan layanan pengiriman barang. Dengan memilih JNE sebagai pengiriman barang kamu dapat menikmati berbagai keuntungan dan kemudahan dalam memantau status pengiriman barang sesuai dengan nomor resi yang telah dimasukkan. Sampaikan barang kamu dalam kondisi baik dan tentu saja, aman dengan layanan JNE.

Disclaimer

Artikel ini dibuat berdasarkan informasi terkini yang tersedia di website resmi JNE dan pengalaman nyata kami saat menggunakan layanan pengiriman barang JNE. Kami selalu berusaha menghadirkan informasi yang akurat dan berguna bagi pembaca di seluruh Indonesia. Namun, kami tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan atau ketidaktepatan informasi, karena JNE dapat berubah dengan waktu.