cara cek saldo bpd diy lewat sms

Salam, Sobat Pip News!

Siapa di antara kita yang tak pernah kehabisan pulsa di tengah malam atau saat bank tutup? Masalah kecil seperti ini dapat diatasi dengan teknologi yang semakin memudahkan hidup: cek saldo lewat SMS. Melalui layanan ini, kita bisa mengetahui saldo bank secara cepat dan mudah, tanpa harus keluar rumah. Artikel ini akan membahas cara cek saldo BPD DIY lewat SMS secara lengkap, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga FAQ.

Pendahuluan

Seperti yang kita ketahui, Bank Perkreditan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (BPD DIY) merupakan salah satu bank terbesar di Yogyakarta dan sekitarnya. BPD DIY memiliki banyak cabang dan ATM di seluruh wilayah, namun tidak selalu mudah untuk mengunjungi ke ATM atau cabang bank untuk mengecek saldo. Oleh karena itu, cek saldo lewat SMS menjadi opsi yang lebih mudah dan praktis.

Kelebihan dari cek saldo BPD DIY lewat SMS adalah cepat dan mudah, pastinya. Kita hanya perlu memastikan nomor HP terdaftar di bank, dan menyimpan nomor pengirim SMS dari bank. Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau membuang-buang waktu di antrean cabang bank atau ATM.

Namun, seperti teknologi masa kini lainnya, cek saldo lewat SMS BPD DIY juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu di antaranya adalah batasan jumlah saldo yang bisa ditampilkan lewat SMS, biasanya hanya Rp. 1.000.000,-. Selain itu, jika nomor HP dihapus atau diubah, maka registrasi SMS banking harus diulang lagi ke cabang bank, yang tentunya memakan waktu dan tenaga.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara cek saldo BPD DIY lewat SMS:

Kelebihan

  1. Praktis dan cepat
  2. ๐Ÿ˜Ž

    Sebagai opsi terbaik untuk kita yang sibuk dan memiliki mobilitas tinggi, cek saldo lewat SMS bisa dilakukan saat-anywhere atau kapan saja asalkan mempunyai jaringan internet.

  3. Tidak memerlukan biaya tambahan
  4. ๐Ÿ’ฐ

    Tidak ada biaya tambahan baik untuk pengiriman SMS maupun untuk registrasi di bank. Kita hanya membutuhkan pulsa yang cukup untuk mengirim SMS.

  5. Selalu up to date
  6. ๐Ÿ•ฐ๏ธ

    Saldo yang tampil di SMS banking akan selalu up to date, selama tidak ada transaksi yang belum diproses atau sistem bank sedang down, maka kita selalu mendapatkan informasi saldo terbaru.

  7. Gampang dimengerti dan diatur
  8. ๐Ÿ‘จโ€๐Ÿ’ป

    Interface sistem SMS banking sangat sederhana dan mudah dimengerti. Tidak hanya itu, setelah registrasi, kita juga bisa dengan mudah mengecek semua transaksi kita dari saldo tarik tunai, transfer, hingga pembayaran tagihan.

  9. Tidak memerlukan internet
  10. ๐Ÿ“ถ

    Salah satu keuntungan SMS banking adalah tidak perlu terkoneksi dengan internet. Jadi, bagi kita yang kurang terbiasa dengan sistem ATM, kita tidak perlu khawatir dan bisa tetap mengecek saldo dengan mudah.

  11. Bisa untuk beberapa keperluan
  12. ๐Ÿ“ฒ

    Selain cek saldo, kita juga bisa melakukan beragam layanan, seperti transfer ke rekening bank lain dan membayar tagihan listrik dan telepon melalui SMS banking.

  13. Aman
  14. ๐Ÿ”’

    Prosedur keamanan untuk registrasi dan pendaftaran SMS banking sangat ketat. Salah satunya adalah ketentuan PIN yang harus terdiri dari 6 angka dan hanya kita saja yang mengetahui.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek mutasi rekening di atm bca

Kekurangan

  1. Batas saldo yang bisa dilihat terbatas
  2. ๐Ÿ™

    Biasanya, kuota saldo yang bisa dilihat dan tampil di SMS banking hanya sebanyak Rp. 1.000.000,-, jika saldo lebih besar dari jumlah tersebut maka kita tetap harus mengakses informasi saldo melalui ATM.

  3. Lambat dalam melakukan transaksi lainnya
  4. โฐ

    Meskipun kita bisa melakukan transfer ke rekening bank lain melalui SMS banking, prosesnya membutuhkan waktu lama dan tiga kali lebih lama daripada melakukan transfer melalui fasilitas internet banking maupun ATM.

  5. Perlu perangkat yang memadai
  6. ๐Ÿ’ป

    Untuk menjadi pengguna SMS banking, kita sebaiknya memeriksa apakah nomor HP yang telah didaftarkan mempunyai aplikasi pesan singkat atau SMS. Sebab, jika tidak mempunyai aplikasi ini, kita masih harus men-download dahulu dan menginstall pada ponsel kita.

  7. Perlu Perawatan Khusus
  8. ๐Ÿงน

    Setiap pemilik akun SMS banking diwajibkan untuk berkonsultasi ke bank secara teratur mengenai rincian biaya transaksi, frekuensi penggunaan, dan lain sebagainya agar lebih memahami proses penggunaan SMS banking.

  9. Berbagai bentuk kejahatan
  10. ๐Ÿ˜ˆ

    Seperti halnya dengan media digital lainnya, transaksi banking lewat SMS juga rentan terhadap serangan hack, phising, dan aksi kejahatan lainnya. Oleh karena itu, kita perlu selalu hati-hati dan selalu waspada ketika menerima SMS dari pengirim yang mencurigakan.

  11. Batas waktu
  12. ๐Ÿ•’

    Saldo yang tampil di SMS banking hanya berlaku selama waktu tertentu, biasanya 24 jam. Setelah melewati batas waktu tersebut, kita perlu mengecek saldo lagi agar mendapatkan informasi terbaru.

  13. Tidak dapat dipakai jika kartu terblokir
  14. ๐Ÿ”’

    Apabila kartu ATM terblokir, maka kita tidak bisa melakukan transaksi apapun melalui SMS banking sampai kartu ATM dinormalkan kembali.

Cara Cek Saldo BPD DIY Lewat SMS

Untuk dapat mengecek saldo BPD DIY lewat SMS banking, Sobat Pip News perlu memastikan bahwa telah mendaftarkan nomor HP di cabang bank terdekat dan pastikan HP yang didaftarkan adalah kartu perdana yang digunakan untuk melayani transaksi bank (bukan nomor HP keluarga atau teman).

  1. Buka aplikasi pesan singkat pada ponsel Sobat Pip News dan pilih new message.
  2. Tulis pesan seperti berikut: CEK&PIN#
  3. CEK adalah kode untuk menanyakan informasi saldo ke bank, sedangkan PIN adalah nomor PIN yang telah diberikan bank pada saat registrasi. Pastikan kode PIN yang dituliskan sudah benar. Jika salah, SMS balasan bank tidak akan didapatkan.

  4. Kirim pesan ke nomor 3355
  5. 3355 adalah nomor pengiriman SMS untuk bank BPD DIY. Selain itu, SIM card pada perangkat Sobat Pip News harus memiliki pulsa yang cukup.

  6. Sobat Pip News akan menerima SMS dari nomor pengirim 3355 berisi informasi saldo terkini.
  7. Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan PIN dan jangan pernah memberitahukan kepada siapapun!

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat sisa memori di iphone

Tabel Informasi Cek Saldo BPD DIY Lewat SMS

No. Pertanyaan Jawaban
1 Bagaimana cara daftar SMS banking BPD DIY? Silakan datang ke cabang BPD DIY terdekat untuk melakukan pendaftaran.
2 Apakah biaya yang dikenakan untuk mendaftar SMS banking BPD DIY? Tidak ada biaya tambahan untuk mendaftar SMS banking di BPD DIY.
3 Apakah proses registrasi ini bisa diwakilkan ke orang lain? Tidak, proses registrasi harus dilakukan langsung oleh pemilik rekening.
4 Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses registrasi? Waktu bisa berbeda-beda tergantung dari karakteristik cabang dan permintaan calon nasabahnya.
5 Apakah biaya penggunaan SMS banking BPD DIY? Tidak ada biaya tambahan untuk menggunakan layanan SMS banking di BPD DIY, selama nominal pulsa mencukupi.
6 Apakah saldo yang tampil melalui SMS banking BPD DIY selalu terupdate? Ya, saldonya selalu terbaru dan terupdate selama tidak ada transaksi yang belum diproses dan tidak ada keterlambatan untuk melakukan update data.
7 Bagaimana cara mematikan layanan SMS banking BPD DIY? Datang ke cabang BPD DIY terdekat dan meminta pihak bank untuk mematikannya.

FAQ

Q1: Apakah nomor ponsel yang pernah terdaftar namun sekarang non-aktif bisa diganti dengan nomor lain?

A1: Tentu, silakan datang ke cabang bank untuk merubah detail nomor seluler yang digunakan.

Q2: Selain cek saldo, apakah ada layanan tambahan di SMS banking BPD DIY?

A2: Ya, kita bisa melakukan beragam layanan, seperti transfer ke rekening bank lain dan membayar tagihan listrik dan telepon melalui SMS banking.

Q3: Apakah ada biaya transaksi untuk penggunaan SMS banking BPD DIY?

A3: Tidak ada biaya tambahan untuk memakai layanan SMS banking di BPD DIY, selama pulsa mencukupi.

Q4: Apa saja persyaratan untuk mendaftar SMS banking BPD DIY?

A4: Pendaftaran SMS banking BPD DIY bisa dilakukan setiap nasabah yang memiliki rekening aktif dalam bentuk tabungan dengan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan lain-lain.

Q5: Apakah ada batas saldo minimum untuk bisa menggunakan SMS banking BPD DIY?

A5: Tidak ada batasan saldo minimal untuk menjadi pengguna SMS banking di BPD DIY.

Q6: Bagaimana jika nomor HP hilang atau terhapus?

A6: Jika nomor HP hilang atau terhapus, maka registrasi SMS banking harus diulang ke cabang bank.

Q7: Bagaimana jika SMS balasan tidak dapat diterima?

A7: Ada kemungkinan nomor HP tidak terdaftar dalam SMS banking sehingga SMS balasan tidak terkirim ke nomor sobat Pip News. Pastikan nomor HP sudah benar dalam registrasi dan memiliki pulsa yang cukup.

Kesimpulan

Sekarang, Sobat Pip News sudah mengetahui tentang cara cek saldo BPD DIY melalui SMS banking dengan mudah dan cepat. Kita juga mengetahui kelebihan dan kekurangan layanan tersebut, sehingga dapat memutuskan opsi mana yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan nomor HP Sobat Pip News ke BPD DIY dan jangan sampai ketinggalan informasi mengenai saldo yang kita miliki!

Selamat Mencoba, Sobat Pip News!

Salam Hormat Kami,

Pip News Team

Disclaimer

Artikel ini disusun untuk tujuan informasi dan pembelajaran semata. Pip News tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, bahaya kesalahan informasi, kehilangan, dan risiko lainnya dari keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh pembaca berdasarkan informasi yang disajikan.