cara cek saldo lewat sms banking mandiri

Sobat Pip News, Mari Cek Saldo dengan Mudah Melalui SMS Banking Mandiri!

Halo Sobat Pip News, seiring perkembangan teknologi dan kemajuan dunia digital, kini para pengguna bank dapat melakukan berbagai transaksi hanya dengan satu klik, atau bahkan dengan satu pesan singkat. Salah satunya adalah cek saldo melalui SMS Banking Mandiri. Bagi Sobat Pip News yang sering melakukan transaksi perbankan, tentu saja mengetahui saldo merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan secara detail tentang cara cek saldo lewat SMS Banking Mandiri. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Saldo Lewat SMS Banking Mandiri

Kelebihan

1. Mudah dan Cepat

👍Melalui cara cek saldo lewat SMS Banking Mandiri, Anda tidak perlu lagi pergi ke ATM atau mesin EDC untuk mengetahui saldo Anda. Cukup dengan mengetik SMS, saldo Anda akan langsung dikirimkan oleh Mandiri.

2. Fleksibel

👍Anda dapat melakukan pengecekan saldo kapan saja dan di mana saja, tidak tergantung pada waktu operasional bank atau lokasi ATM.

3. Akses Tanpa Internet

👍Pengecekan saldo melalui SMS Banking Mandiri tidak bergantung pada koneksi internet seperti Mobile Banking. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas jaringan internet yang tidak stabil.

4. Hemat Biaya

👍Pengecekan saldo lewat SMS Banking Mandiri tidak dikenakan biaya apapun karena merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Mandiri.

5. Aman

Artikel Terkait Lainnya  cara cek saldo atm kartu keluarga sejahtera

👍SMS Banking Mandiri memiliki sistem keamanan yang baik sehingga transaksi yang dilakukan melalui layanan ini dapat dijamin keamanannya.

Kekurangan

1. Terbatas pada Layanan yang Tersedia

👎Anda hanya dapat melakukan pengecekan saldo, tidak bisa melakukan transaksi lain, seperti transfer ke rekening lain, pembayaran tagihan, atau pembelian produk.

2. Terkadang Butuh Waktu

👎Terkadang, pengecekan saldo melalui SMS Banking Mandiri membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengecekan saldo melalui ATM atau Mobile Banking.

3. Tidak Bisa Melakukan Pengecekan Mutasi Rekening

👎Anda hanya bisa mengetahui saldo rekening Anda, tanpa bisa melihat mutasi rekening dalam periode tertentu.

4. Keterbatasan Format Pesan

👎Anda harus mengikuti format pesan yang telah ditentukan oleh Mandiri. Jika ada kesalahan dalam penulisan format pesan, maka saldo tidak akan terkirim.

5. Potensi Terjadinya Kesalahan dalam Informasi

👎Pengiriman informasi dalam bentuk SMS bisa terpetakan ke nomor yang salah atau kisi-kisi informasi yang salah disebabkan oleh kerusakan sistem.

Penjelasan Detail Mengenai Cara Cek Saldo Lewat SMS Banking Mandiri

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan saldo lewat SMS Banking Mandiri:

Pastikan nomor telepon atau kartu SIM yang digunakan untuk mengirim SMS, terdaftar ke dalam rekening Mandiri yang sama dengan nomor rekening yang akan dicek. Saat mengirimkan SMS, pastikan pesan sesuai dengan format yang telah ditentukan dan memasukkan PIN Mandiri yang benar. Jika ada kesalahan dalam format atau PIN, maka saldo tidak akan terkirim.

Setelah saldo terkirimkan, Anda akan menerima SMS balasan dari nomor 3355 yang berisi informasi tentang saldo rekening Anda. Pada SMS balasan, terdapat informasi saldo rekening Anda dan tersedia juga informasi tanggal saldo terakhir Anda diperbarui oleh Bank Mandiri. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah ada transaksi atau fee yang terpotong dari rekening Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapakah biaya yang akan dikenakan jika melakukan cek saldo lewat SMS Banking Mandiri?

👉 Tidak ada biaya yang dikenakan untuk layanan cek saldo lewat SMS Banking Mandiri. Layanan ini bebas biaya administrasi.

2. Apa yang harus dilakukan jika SMS balasan dari Mandiri tidak masuk?

👉 Jika SMS balasan dari Bank Mandiri tidak masuk, pastikan nomor telepon atau kartu SIM yang Anda gunakan terdaftar dengan nomor rekening Mandiri yang sama. Pastikan juga sinyal HP Anda berada di tempat yang baik untuk mengirim pesan.

3. Apakah ada risiko keamanan jika melakukan cek saldo lewat SMS Banking Mandiri?

👉 Tidak, karena layanan SMS Banking Mandiri dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik dan terpercaya.

4. Apakah cek saldo lewat SMS Banking Mandiri hanya dapat dilakukan di waktu tertentu saja?

👉 Tidak, layanan cek saldo lewat SMS Banking Mandiri dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

5. Apakah nomor rekening di awal format SMS harus dicantumkan angkanya?

👉 Ya, nomor rekening deberisi angka pada bagian depan format SMS.

6. Apakah bisa mengecek saldo lebih dari satu rekening pada waktu yang sama?

👉 Tidak, hanya satu nomor rekening saja yang bisa dicek dalam satu SMS.

7. Bisakah melakukan pengecekan saldo lewat SMS Banking Mandiri dengan menggunakan provider selain Telkomsel?

👉 Ya, cek saldo melalui SMS Banking Mandiri dapat dilakukan menggunakan jaringan operator seluler lainnya selain Telkomsel.

Kesimpulan

Demikianlah cara cek saldo lewat SMS Banking Mandiri yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan mengikuti format pesan yang telah ditentukan dan memasukkan PIN Mandiri yang benar, saldo rekening Mandiri Anda akan terkirim dalam beberapa saat. Meskipun cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi melakukan cek saldo melalui SMS Banking Mandiri tetap menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan Anda dalam melakukan transaksi keuangan dan jangan pernah memberikan informasi PIN atau password di luar lingkungan yang terpercaya. Mari kita jaga privasi dan keamanan kita sendiri.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara cek saldo melalui SMS Banking Mandiri. Penulis tidak menerima tanggung jawab atas kehilangan, kerusakan, atau kerugian finansial yang dapat muncul dari tindakan yang dilakukan berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini. Sebelumnya, pastikan Anda melakukan verifikasi informasi dan persyaratan layanan dengan benar.

Langkah-langkah Keterangan
Ketik SMS ke nomor 3355 Tulis SMS dengan format S#
Nomor Rekening Isi dengan nomor rekening Mandiri Anda
PIN Mandiri 4 digit angka pin Mandiri Anda
Kirim SMS Kirim SMS ke nomor 3355
Saldo Terkirim Saldo Anda akan terkirimkan dalam SMS balasan yang akan diterima dalam waktu beberapa saat.
Artikel Terkait Lainnya  cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan dengan ktp