cara cek versi bios

Tutorial Lengkap untuk Meng-Cek Versi BIOS pada Komputer Anda πŸ“Œ

Salam, Sobat Pip News! Komputer yang kita gunakan sehari-hari terdiri dari berbagai macam hardware. Salah satunya adalah BIOS atau Basic Input/Output System yang merupakan program firmware yang bertanggung jawab untuk mengatur komputer sebelum sistem operasi dijalankan. Sebagai pengguna komputer, terkadang kita perlu mengetahui versi BIOS untuk mengecek apakah terdapat pembaruan atau hanya sekadar ingin mengetahui informasi sistem kita. Namun, untuk meng-Cek versi BIOS pada komputer tidaklah mudah bagi beberapa pemula. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas cara mudah untuk meng-Cek versi BIOS pada komputer kamu πŸ“°.

1. Kegunaan BIOS pada Komputer πŸ’»

Sebelum membahas cara meng-Cek versi BIOS, terlebih dahulu kita harus mengetahui peran dari BIOS pada komputer. BIOS merupakan program firmware yang membantu menjalankan komputer secara dasar. BIOS secara otomatis memindai sistem komputer anda saat menyalakan komputer dan mencari semua perangkat keras yang terpasang dan memasukkannya dalam daftar penghasilan, serta mengaktifkan hardware yang tidak aktif, berhubungan dengan booting (mulai memproses sistem operasi), dan mengatur pengaturan dasar dalam sistem. Namun, sebagai pengguna komputer saatnya anda mengetahui cara meng-Cek Versi BIOS untuk kepentingan tertentu. πŸ€–

2. Cara Meng-Cek Versi BIOS pada Windows πŸ’»

Berikut adalah langkah-langkah Cara Meng-Cek Versi BIOS pada Windows secara lengkap dengan mudah:

No

Langkah-langkah Cara Meng-Cek Versi BIOS pada Windows

1.

Buka jendela Run dengan menekan tombol Windows-R.

2.

Tuliskan β€œmsinfo32” dan tekan enter atau klik OK.

3.

Tampilan System Information akan muncul pada desktop kamu, mencari bagian BIOS Version/Date pada jendela ketiga.

4.

Bilah pertama BIOS Version menampilkan detail versi BIOS.

5.

Bilah kedua BIOS Date menampilkan tanggal rilis BIOS.

6.

Tutup System Information dan selesai.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat kapan terakhir online di instagram tanpa dm

3. Cara Meng-Cek Versi BIOS pada Mac Os πŸ’»

Jika Anda menggunakan Mac OS, ikuti langkah-langkah berikut untuk meng-Cek versi BIOS:

  1. Pilih menu Apple (ο£Ώ) yang terletak di sudut kiri atas layar, dan klik About this Mac.

  2. Dalam tab Overview, tekan System Report.

  3. Pergi ke Hardware, dan kemudian pergi ke Power.

  4. Baca informasi Power di sebelah kanan pada halaman yang sama.

  5. Menemukan Informasi pada Boot ROM Version.

  6. Jika ada pembaruan BIOS, perbarui versi BIOS pada komputer anda.

4. Kelebihan dan Kekurangan dari cara cek versi BIOS

Cara Meng-Cek Versi BIOS pada Windows/MacOs membutuhkan beberapa langkah, namun sangat mudah dipahami oleh orang awam. Namun, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui jika ingin meng-Cek BΔ±OS. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara cek versi BIOS:

Kelebihan Cara Meng-Cek Versi BIOS:

  1. Mampu mengecek informasi dan mengetahui pembaruan pada sistemnya secara detail.
  2. Memperbaharui versi BIOS dapat meningkatkan performa dan keamanan sistem.
  3. Memperbaharui versi BIOS memperlancar proses booting Windows/MacOs.
  4. Menghindari permasalahan pada sistem karena eror pada BIOS.

Kekurangan Cara Meng-Cek Versi BIOS:

  1. Memperbaharui BIOS harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena salah sedikit dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem.
  2. Sistem mungkin menunjukkan masalah dalam proses pembaruan BIOS.
  3. Kompabilitas dari hardware mungkin diperlukan jika komputer sudah terlalu lama dipakai
  4. Memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses update BIOS.

5. FAQ – Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang teknologi bios

1. Apakah Komputer Dapat Berjalan Tanpa BIOS?

Tidak, karena BIOS adalah bagian dari firmware yang diperlukan dalam sistem komputer. BIOS memerlukan program sistem operasi dan driver untuk berfungsi secara normal.

2. Handphone Pintar Menggunakan BIOS?

Handphone pintar tidak menggunakan BIOS, tetapi menggunakan firmware untuk mengatur dan mengontrol operasi dasar sistem. Firmware ini disebut Kode percontohan (bootloader).

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat akun instagram yang bersifat pribadi tanpa mengikuti

3. Apa yang Dilakukan BIOS dalam Sistem Komputer?

Memeriksa dan memvalidasi setiap perangkat keras, mencari perangkat penyimpanan boot pertama, dan memberikan kontrol kendali untuk boot dan pengaturan keamanan dasar. Selain itu BIOS juga bertindak sebagai jembatan antara perangkat keras dan sistem operasi komputer.

4. Apakah BIOS Dapat Diupdate?

Ya, BIOS pada komputer dapat diperbarui, namun diperlukan kemampuan khusus untuk memperbarui firmware BIOS dan sangat di sarankan dilakukan oleh profesional.

5. Bagaimana Cara Memperbaharui Versi BIOS?

Setelah memverifikasi bahwa ada pembaruan BIOS untuk komputer kamu, sebaiknya membaca instruksi pembaruan perangkat lunak dan membuka file update pada situs web pembuat motherboard.

6. Apakah BIOS akan berubah jika OS diinstal ulang?

Tidak, versi BIOS tidak akan berubah jika sistem operasi di uninstall atau diinstall ulang. Namun, ada kemungkinan perangkat keras pada sistem akan berubah setelah pemasangan upgrade dan memerlukan update firmware BIOS.

7. Bagaimana cara mengubah pengaturan BIOS?

Masukkan konfigurasi BIOS dengan mengklik tombol F2 atau Del pada waktu startup. Cari label varian konfigurasi motherboard dan konten yang ingin diubah, kemudian geser ke arah yang tepat.

6. Kesimpulan

Dalam artikel ini, Sobat Pip News telah mempelajari cara mudah untuk meng-Cek Versi BIOS pada komputer kamu. Ketahui seluk beluk tentang BIOS dan pahami keuntungan dan kerugian ketika ingin memperbaharui BIOS. Meskipun cara meng-Cek Versi BIOS membutuhkan beberapa langkah dan ketelitian, tetapi secara umum sangat mudah dipahami.πŸ’―

7. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan

Untuk memulai, cobalah untuk meng-Cek Versi BIOS pada komputer kamu dan lihat apakah ada pembaruan untuk sistem kamu, Lakukan pembaruan firmware BIOS secara teratur akan membantu menjaga komputer kamu berfungsi optimal. Jangan lupa untuk mengikuti saya di Sobat Pip News untuk artikel selanjutnya seputar teknologi. Terima kasih telah membaca artikel ini! 🀟

Penutup

Meskipun telah diperhatikan, kami tidak membuat jaminan bahwa penggunaan informasi pada artikel ini akan memberikan hasil yang memuaskan. Artikel ini dibuat semata-mata sebagai informasi umum dan tidak dimaksudkan untuk menjadi saran profesional atau teknis. Ada banyak variabel yang harus dipertimbangkan dalam menentukan jenis dan merek BIOS yang paling cocok untuk kebutuhan kamu, oleh karena itu saran dari teknisi ahli sangat disarankan. πŸ“˜