cara hilangkan terakhir dilihat whatsapp

Pendahuluan

Sahabat Pipnews, siapa di antara kita yang pernah merasa risih dengan fitur terakhir dilihat di Whatsapp? Ya, fitur ini merupakan sorotan utama bagi banyak pengguna yang menginginkan privasi dalam berkomunikasi. Namun, sayangnya fitur ini tidak dapat dinonaktifkan secara langsung. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara untuk menghilangkan terakhir dilihat di Whatsapp dengan beberapa langkah mudah.

Tanpa perlu menunggu lama lagi, yuk kita simak langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan fitur terakhir dilihat di Whatsapp

Step 1: Menonaktifkan Tanda Centang Biru

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mematikan tanda centang biru yang memberikan informasi kapan pesan kita telah terbaca oleh penerima. Untuk melakukannya, kamu cukup masuk ke pengaturan aplikasi Whatsapp di ponselmu dan pilih opsi Pengaturan Akun, lalu Privasi, dan terakhir matikan Tanda Centang Biru. Selesai!

Step 2: Mengatur Notifikasi Pesan

Pada langkah kedua ini, kita akan mengatur notifikasi pesan agar tidak muncul di layar ponsel saat ada pesan masuk. Kita bisa melakukan ini dengan cara pergi ke pengaturan Whatsapp, lalu pilih Pemberitahuan, kemudian matikan Tampilkan Notifikasi. Dengan begitu, pesan yang masuk tidak akan terlihat di layar ponsel. Selain itu, kita juga dapat mematikan suara notifikasi atau getaran agar pesan yang masuk tidak terdengar atau dirasakan.

Step 3: Mengubah Pengaturan Terakhir Dilihat

Langkah ketiga ini berfokus pada mengubah pengaturan terakhir dilihat di Whatsapp. Kita dapat melakukannya dengan masuk ke pengaturan Whatsapp, pilih opsi Pengaturan Akun, Privasi, dan kemudian pilih Terakhir Dilihat. Pilih opsi Tidak Ada atau My Contacts, sesuaikan dengan keinginan kita. Jika kita memilih Tidak Ada, maka kita juga tidak akan dapat melihat terakhir dilihat dari kontak lainnya.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek kuota kartu telkomsel

Step 4: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah sebelumnya belum cukup memuaskan, kita dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menghilangkan fitur terakhir dilihat di Whatsapp. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah Unseen dan Shh – Hide Last Seen. Kita dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store atau App Store sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan.

Step 5: Menggunakan Mode Pesawat

Jika semua langkah di atas masih belum berhasil, kita dapat mencoba menggunakan mode pesawat pada ponsel kita. Caranya cukup sederhana, kita tinggal mengaktifkan mode pesawat saat ingin membuka atau menggunakan Whatsapp. Dengan menggunakan mode pesawat, ponsel tidak akan terhubung ke jaringan internet dan status terakhir dilihat tidak akan terlihat oleh kontak kita.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Hilangkan Terakhir Dilihat Whatsapp

Kelebihan

1. Memperoleh privasi dalam berkomunikasi

🔒

2. Tidak ada tekanan untuk segera merespons pesan

3. Menghindari konflik dengan orang lain karena terlambat merespons pesan

🛡️

4. Mengontrol informasi yang ingin kita berikan kepada orang lain

🔑

Kekurangan

1. Tidak bisa mengetahui apakah pesan yang kita kirim sudah terbaca atau belum

🕶️

2. Kita juga tidak bisa melihat kapan seseorang terakhir kali membuka Whatsapp

🤷

3. Bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan jika kita terlambat merespons pesan

🤦

4. Ada kemungkinan orang akan curiga jika kita mematikan fitur ini

🕵️

Tabel: Informasi Lengkap tentang Cara Hilangkan Terakhir Dilihat Whatsapp

No. Langkah Deskripsi
1 Menonaktifkan Tanda Centang Biru Mematikan tanda centang biru untuk menyembunyikan informasi baca pesan.
2 Mengatur Notifikasi Pesan Menyembunyikan pesan masuk dari layar ponsel agar tidak terlihat.
3 Mengubah Pengaturan Terakhir Dilihat Mengatur siapa yang dapat melihat informasi terakhir dilihat di profil kita.
4 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus untuk menghilangkan terakhir dilihat.
5 Menggunakan Mode Pesawat Mengaktifkan mode pesawat saat membuka atau menggunakan Whatsapp agar tidak terhubung ke jaringan internet.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah hilangkan terakhir dilihat juga akan menyembunyikan terakhir dilihat kita dari kontak lain?

Tidak. Jika kita memilih opsi “My Contacts” pada pengaturan terakhir dilihat, kontak kita masih dapat melihat terakhir dilihat kita.

Artikel Terkait Lainnya  cara mengetahui siapa yang melihat profil whatsapp

2. Apa yang terjadi jika kita menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Aplikasi pihak ketiga seperti Unseen dan Shh – Hide Last Seen akan membantu kita untuk menghilangkan fitur terakhir dilihat di Whatsapp.

3. Apakah ada risiko keamanan dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita perlu mengingat bahwa ada risiko terkait privasi dan keamanan data pribadi yang perlu diperhatikan.

4. Bagaimana cara kembali mengaktifkan terakhir dilihat di Whatsapp setelah dinonaktifkan?

Untuk mengaktifkan kembali terakhir dilihat di Whatsapp, kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan untuk menonaktifkannya, lalu memilih opsi “Semua orang” pada pengaturan terakhir dilihat.

5. Apakah pesan yang kita kirim tetap dapat di-forward oleh penerima?

Ya, meskipun kita menghilangkan terakhir dilihat, pesan yang kita kirim tetap dapat di-forward oleh penerima kepada kontak lainnya.

6. Bagaimana cara mematikan suara notifikasi atau getaran saat ada pesan masuk di Whatsapp?

Untuk mematikan suara notifikasi atau getaran saat ada pesan masuk di Whatsapp, kita perlu masuk ke pengaturan ponsel, pilih opsi “Pemberitahuan” atau “Suara & Getaran”, lalu matikan suara notifikasi atau getaran Whatsapp.

7. Apakah langkah-langkah ini berlaku untuk seluruh tipe ponsel?

Secara umum, langkah-langkah yang dijelaskan dapat diterapkan pada seluruh tipe ponsel yang menggunakan aplikasi Whatsapp. Namun, ada kemungkinan beberapa tipe ponsel memiliki tata letak pengaturan yang sedikit berbeda.

Kesimpulan

Setelah memahami langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan terakhir dilihat di Whatsapp, kita dapat merasakan privasi lebih saat berkomunikasi dengan orang lain. Namun, kita juga perlu memahami bahwa fitur ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penting bagi kita untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan tetap menjaga etika dalam berkomunikasi. Jika kita merasa risih dengan fitur terakhir dilihat di Whatsapp, kita dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Sahabat Pipnews, dalam artikel ini kita telah membahas cara menghilangkan terakhir dilihat di Whatsapp. Harap dicatat bahwa penggunaan fitur ini harus dilakukan dengan bijak dan tetap memperhatikan privasi orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Jika masih ada pertanyaan atau bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih sudah membaca, semoga hari Anda menyenangkan!