cara melihat e statement bni

Pendahuluan

Salam Sahabat Pipnews! Selamat datang di platform kami yang selalu memberikan informasi terkini dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan panduan lengkap tentang cara melihat e-statement BNI. Bagi para nasabah BNI, e-statement atau laporan transaksi elektronik adalah salah satu fasilitas yang penting untuk melacak aktivitas keuangan secara digital. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengakses dan mengunduh e-statement BNI dengan mudah. Nah, kali ini kami akan memberikan panduan detail secara lengkap untuk membantu Anda dalam melihat e-statement BNI. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Mengapa E-Statement BNI?

Melihat transaksi dan laporan keuangan menjadi penting dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis. Dalam era digital seperti sekarang ini, e-statement merupakan solusi praktis dan efisien untuk mendapatkan informasi tersebut. E-statement BNI juga memberikan banyak keuntungan, antara lain:

  1. 📱 Praktis: Dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. 🌐 Bebas Kertas: Mengurangi penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan.
  3. 💼 Rinci dan Lengkap: Menampilkan detail transaksi dengan baik, seperti tanggal, jenis transaksi, dan jumlah.
  4. 🔒 Aman: Data transaksi terjamin keamanannya melalui mekanisme keamanan BNI.
  5. 💸 Hemat Biaya: Tidak perlu membayar biaya cetak dan pengiriman laporan keuangan secara fisik.

Setelah mengetahui keuntungan e-statement BNI, tentu Anda penasaran bagaimana cara melihatnya, bukan? Jangan khawatir, kami akan menjelaskan secara rinci dan mudah dipahami. Simak penjelasan berikut ini!

Cara Melihat E-Statement BNI

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melihat e-statement BNI:

  1. Langkah Pertama: Buka Aplikasi BNI Mobile Banking di Smartphone Anda
  2. Pertama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya melalui App Store (untuk pengguna iOS) atau Google Play Store (untuk pengguna Android).

  3. Langkah Kedua: Login ke Aplikasi BNI Mobile Banking
  4. Setelah membuka aplikasi, masukkan username dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya untuk login ke akun BNI Mobile Banking Anda.

  5. Langkah Ketiga: Pilih Menu “Laporan Transaksi”
  6. Setelah berhasil login, pilih menu “Laporan Transaksi” yang tersedia pada halaman utama aplikasi BNI Mobile Banking.

  7. Langkah Keempat: Pilih “E-Statement”
  8. Pada menu “Laporan Transaksi”, Anda akan menemukan beberapa opsi laporan. Pilih opsi “E-Statement” untuk melihat e-statement BNI Anda.

  9. Langkah Kelima: Tentukan Rentang Waktu Laporan
  10. Selanjutnya, tentukan rentang waktu laporan yang ingin Anda lihat. Anda dapat memilih rentang harian, bulanan, atau tahunan sesuai kebutuhan Anda.

  11. Langkah Keenam: Pilih Jenis Laporan
  12. Setelah memilih rentang waktu laporan, Anda perlu memilih jenis laporan yang ingin Anda lihat. Pilihlah opsi yang sesuai, misalnya laporan transaksi, laporan tagihan, atau laporan mutasi.

  13. Langkah Ketujuh: Tampilan dan Unduh Laporan
  14. Setelah memilih jenis laporan, Anda akan melihat tampilan laporan dengan detail transaksi. Jika Anda ingin mengunduh laporannya, pilih opsi “Unduh” atau “Download” yang tersedia.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat sorotan di ig

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah melihat e-statement BNI dan mengunduhnya sesuai kebutuhan. Pastikan Anda memperhatikan detail transaksi dengan teliti agar dapat mengelola keuangan secara lebih efektif.

Tabel Cara Melihat E-Statement BNI

No. Langkah Keterangan
1 Buka Aplikasi BNI Mobile Banking di Smartphone Anda Unduh dan buka aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone Anda
2 Login ke Aplikasi BNI Mobile Banking Masukkan username dan password untuk login ke akun BNI Mobile Banking Anda
3 Pilih Menu “Laporan Transaksi” Pada halaman utama, pilih menu “Laporan Transaksi”
4 Pilih “E-Statement” Di menu “Laporan Transaksi”, pilih opsi “E-Statement”
5 Tentukan Rentang Waktu Laporan Pilih rentang waktu laporan harian, bulanan, atau tahunan
6 Pilih Jenis Laporan Pilih opsi laporan transaksi, laporan tagihan, atau laporan mutasi
7 Tampilan dan Unduh Laporan Lihat dan unduh laporan transaksi

FAQ (Pertanyaan Umum)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai cara melihat e-statement BNI:

1. Apakah saya perlu membayar untuk mengakses e-statement BNI?

Tidak, mengakses e-statement BNI melalui aplikasi BNI Mobile Banking adalah gratis. Anda tidak perlu membayar biaya tambahan.

2. Bisakah saya melihat e-statement BNI dari komputer atau laptop?

Ya, Anda dapat mengakses e-statement BNI melalui komputer atau laptop dengan cara masuk ke internet banking BNI melalui browser.

3. Berapa lama e-statement BNI tersedia dalam aplikasi?

E-statement BNI tersedia hingga 6 bulan terakhir. Namun, Anda dapat mengunduh laporan lama agar tetap dapat mengaksesnya.

4. Apakah semua transaksi termasuk dalam e-statement BNI?

Ya, semua transaksi yang dilakukan melalui rekening BNI, seperti transfer, pembayaran tagihan, dan setoran akan ditampilkan dalam e-statement BNI.

5. Bisakah saya mencetak e-statement BNI?

Tentu saja! Setelah mengunduh e-statement BNI, Anda dapat mencetaknya melalui printer yang terhubung dengan perangkat Anda.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat orang yang kita blokir di ig

6. Apakah e-statement BNI bisa digunakan sebagai bukti transaksi?

Ya, e-statement BNI dapat digunakan sebagai bukti transaksi yang sah. Namun, Anda tetap disarankan menyimpan bukti transaksi fisik, seperti struk ATM atau bukti transfer.

7. Bagaimana jika ada kesalahan transaksi dalam e-statement BNI?

Jika ada kesalahan transaksi dalam e-statement BNI, segera hubungi layanan pelanggan BNI untuk mendapatkan bantuan dan klarifikasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara melihat e-statement BNI. Melalui aplikasi BNI Mobile Banking, Anda dapat dengan mudah mengakses, melihat, dan mengunduh laporan transaksi keuangan Anda. E-statement BNI memberikan banyak keuntungan, termasuk kemudahan akses, penghematan biaya, dan keamanan data transaksi.

Ingatlah untuk selalu memeriksa dan memverifikasi transaksi Anda dalam e-statement BNI agar keuangan Anda tetap teratur dan terkelola dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BNI.

Terima kasih telah membaca panduan ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menggunakan layanan e-statement BNI dengan lancar. Mari tingkatkan kualitas pengelolaan keuangan kita melalui teknologi yang semakin canggih ini. Salam sukses!

Disclaimer

Artikel ini dibuat berdasarkan pengetahuan dan informasi yang tersedia saat ini. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan panduan ini. Harap diperhatikan bahwa proses dan fitur dapat berubah sesuai dengan kebijakan dan pembaruan dari pihak BNI. Untuk informasi lebih lanjut atau bantuan, silakan hubungi layanan pelanggan BNI.-