cara melihat history shopee

Sahabat Pipnews, apakah kamu sering berbelanja online di Shopee? Pasti ada kalanya kamu ingin melihat riwayat belanja yang sudah pernah kamu lakukan, bukan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara melihat history Shopee yang dapat memudahkanmu dalam melacak semua transaksi yang telah kamu lakukan. Menarik, bukan?

1. Login atau Buat Akun Shopee

Pertama-tama, pastikan kamu sudah memiliki akun Shopee. Jika belum, langsung saja buat akun dengan mengklik tombol “Daftar” dan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi Shopee. Jika sudah memiliki akun, loginlah dengan menggunakan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar.

2. Buka Menu “Akun Saya”

Setelah berhasil login, carilah dan klik menu “Akun Saya” yang berada di bagian bawah aplikasi Shopee. Menu ini biasanya ditandai dengan ikon profil.

3. Pilih “Riwayat Pesanan”

Setelah masuk ke halaman Akun Saya, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Riwayat Pesanan”. Klik opsi ini untuk melihat semua riwayat belanja yang pernah kamu lakukan di Shopee.

4. Filter Berdasarkan Tanggal

Jika kamu ingin mencari riwayat belanja pada tanggal tertentu, kamu dapat menggunakan fitur filter yang disediakan oleh Shopee. Caranya adalah dengan mengklik ikon filter berbentuk kalender dan memilih tanggal yang diinginkan.

5. Filter Berdasarkan Kategori Produk

Shopee juga menyediakan fitur filter berdasarkan kategori produk. Jadi, jika kamu ingin melihat riwayat belanja untuk produk-produk tertentu, kamu tinggal mengklik ikon filter berbentuk label dan memilih kategori produk yang diinginkan.

Artikel Terkait Lainnya  cara agar foto tidak pecah di ig

6. Detail Setiap Pesanan

Setelah memilih pesanan yang ingin kamu lihat, klik pesanan tersebut untuk melihat detailnya. Di halaman ini, kamu bisa melihat informasi lengkap tentang barang yang kamu beli, harga, jumlah, dan lain-lain.

7. Menganti Alamat Pengiriman

Jika kamu ingin menganti alamat pengiriman untuk pesanan yang sudah lama kamu lakukan, kamu dapat melakukannya di halaman detail pesanan. Klik tombol “Ubah” pada bagian alamat pengiriman dan masukkan alamat baru yang diinginkan.

8. Memberi Ulasan dan Rating

Selain melihat detail pesanan, kamu juga dapat memberikan ulasan dan rating untuk setiap barang yang kamu beli di Shopee. Hal ini akan membantu pembeli lain untuk memilih barang yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

9. Menghapus Riwayat Pesanan

Jika ada riwayat pesanan yang ingin kamu hapus, kamu juga bisa melakukannya di aplikasi Shopee. Caranya adalah dengan menemukan pesanan yang ingin dihapus, lalu klik tombol “Hapus”. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini akan menghapus riwayat pesanan secara permanen dan tidak dapat dikembalikan.

10. Mengunduh Riwayat Pesanan

Terakhir, Shopee juga menyediakan fitur untuk mengunduh riwayat pesanan dalam bentuk file Excel. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin menyimpan data riwayat pesanan kamu di perangkat lain atau melakukan analisis secara lebih mendalam.

Tahapan Deskripsi Emoji
Login atau Buat Akun Shopee Pertama-tama, login atau buat akun Shopee 🔒
Buka Menu “Akun Saya” Klik menu “Akun Saya” di aplikasi Shopee 📲
Pilih “Riwayat Pesanan” Cari opsi “Riwayat Pesanan” di halaman Akun Saya 📦
Filter Berdasarkan Tanggal Gunakan fitur filter untuk mencari pesanan berdasarkan tanggal 📆
Filter Berdasarkan Kategori Produk Gunakan fitur filter untuk mencari pesanan berdasarkan kategori produk 🔖
Detail Setiap Pesanan Klik pesanan untuk melihat detailnya 🔍
Menganti Alamat Pengiriman Ubah alamat pengiriman pesanan yang sudah ada 🏠

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengetahui status pengiriman barang yang sudah saya beli?

Untuk mengetahui status pengiriman, Anda dapat melihatnya di halaman detail pesanan. Shopee akan memberikan informasi terkini mengenai proses pengemasan, pengiriman, dan perkiraan waktu kedatangan barang.

2. Bisakah saya membatalkan pesanan yang sudah saya bayar?

Anda dapat membatalkan pesanan yang sudah Anda bayar selama pesanan tersebut belum dikonfirmasi oleh penjual. Jika sudah dikonfirmasi, Anda dapat melakukan pengembalian barang saat pesanan sudah diterima.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek paket roaming telkomsel

3. Apa yang harus dilakukan jika ada masalah dengan pesanan saya?

Jika Anda mengalami masalah dengan pesanan, segera hubungi pihak Shopee melalui fitur “Bantuan” di aplikasi. Tim customer service Shopee akan siap membantu menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

4. Apakah riwayat pesanan saya akan terhapus jika saya uninstall aplikasi Shopee?

Tidak, riwayat pesanan Anda tidak akan terhapus saat Anda uninstall aplikasi Shopee. Data riwayat pesanan akan tetap tersimpan dan dapat diakses kembali ketika Anda menginstall ulang aplikasi.

5. Bagaimana cara memberikan penilaian dan ulasan untuk pesanan?

Untuk memberikan penilaian dan ulasan, buka halaman detail pesanan dan klik opsi “Beri Penilaian”. Anda dapat memberikan rating dan menuliskan ulasan sesuai dengan pengalaman Anda menggunakan produk tersebut.

6. Bisakah saya mengunduh faktur atau bukti pembelian dari riwayat pesanan?

Saat ini, Shopee belum menyediakan fitur untuk mengunduh faktur atau bukti pembelian dari riwayat pesanan. Namun, Anda dapat melakukan screenshot atau mencatat detail pembelian jika diperlukan.

7. Apakah riwayat pesanan dapat dihapus secara permanen?

Ya, riwayat pesanan dapat dihapus secara permanen melalui aplikasi Shopee. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini tidak dapat dibatalkan, jadi pastikan Anda benar-benar ingin menghapus riwayat pesanan sebelum melakukannya.

Kesimpulan

Sahabat Pipnews, melihat history Shopee ternyata sangat mudah, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan cepat melacak semua transaksi belanja yang pernah kamu lakukan. Melihat history Shopee juga dapat membantumu mengingat barang apa saja yang pernah kamu beli, melakukan perubahan alamat pengiriman, memberikan ulasan dan rating, serta melakukan pengunduhan riwayat pesanan.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa riwayat pesanan secara berkala agar kamu tidak kehilangan jejak transaksi dan dapat memantau status pengiriman barang yang kamu beli di Shopee. Selamat berbelanja dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sahabat Pipnews!

Penutup : Disclaimer dan Keterangan Tambahan

Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi tentang cara melihat history Shopee. Pipnews bukan merupakan afiliasi dari Shopee dan tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang dilakukan oleh pembaca. Segala tindakan yang diambil berdasarkan informasi dalam artikel ini menjadi tanggung jawab pribadi pembaca. Sikap waspada dan berhati-hati tetap dianjurkan saat berbelanja online.

Salam hangat,

Sahabat Pipnews