cara melihat no pesanan di shopee

Pengantar

Salam sahabat Pipnews!
Siapa di antara kamu yang sering berbelanja online di Shopee? Pastinya sudah banyak yang mencoba, bukan? Namun, apakah kamu pernah mengalami kebingungan dalam menemukan nomor pesananmu? Jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara melihat nomor pesanan di Shopee dengan mudah. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Masuk ke Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi Shopee di smartphone kamu. Pastikan kamu telah melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Shopee milikmu. Setelah itu, menu utama Shopee akan muncul di layar ponselmu.

2. Pilih Ikon “Me”

Setelah kamu masuk ke menu utama Shopee, cari dan klik ikon “Me” atau gambar profil yang berada di pojok kanan bawah layar. Biasanya, ikon ini berbentuk bulat dengan gambar foto profil jika kamu sudah mengunggah foto.

3. Pilih “Purchases”

Setelah kamu mengklik ikon “Me”, akan muncul beberapa pilihan menu. Cari dan klik menu “Purchases” atau “Pembelian”. Biasanya, ikon ini berbentuk keranjang belanja. Dalam menu ini, kamu akan menemukan daftar semua pesanan yang pernah kamu buat di Shopee.

4. Temukan Nomor Pesanan

Selanjutnya, cari pesanan yang ingin kamu lihat nomornya. Pada daftar pesanan, kamu akan melihat beberapa informasi mengenai barang yang kamu beli, seperti nama produk, nama penjual, dan tanggal pembelian. Cari pesanan yang kamu inginkan dan klik pada pesanan tersebut.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat kemacetan di google maps

5. Lihat Nomor Pesanan

Setelah kamu mengklik pesanan yang ingin dilihat nomornya, akan terbuka halaman rincian pesanan. Di halaman ini, kamu akan menemukan semua informasi mengenai pesananmu, termasuk nomor pesanan. Cari bagian yang mencantumkan nomor pesanan, biasanya bertuliskan “Order ID” atau “Nomor Pesanan”, dan catat atau screenshot nomor tersebut untuk referensi selanjutnya.

6. Periksa Riwayat Pembelianmu

Untuk memastikan, kamu juga bisa periksa riwayat pembelianmu di Shopee. Caranya adalah dengan kembali ke menu “Purchases” atau “Pembelian”. Di dalam menu ini, kamu dapat melihat semua riwayat pembelianmu termasuk nomor pesanan yang telah kamu cari sebelumnya.

7. Hubungi Pihak Shopee Jika Ada Masalah

Jika setelah menjalankan langkah-langkah di atas kamu masih mengalami kesulitan dalam melihat nomor pesananmu, jangan ragu untuk menghubungi pihak Shopee melalui fitur bantuan yang tersedia di aplikasi. Mereka akan dengan senang hati membantu menyelesaikan masalahmu.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Melihat Nomor Pesanan di Shopee

Kelebihan

1. Mudah diakses: Langkah-langkahnya mudah diikuti dan dapat diakses melalui aplikasi Shopee di smartphone.
2. Cepat dan praktis: Dalam beberapa langkah sederhana, kamu bisa melihat nomor pesanan tanpa perlu repot mencari informasi di luar aplikasi.
3. Dapat dipantau: Dengan mengetahui nomor pesanan, kamu dapat memantau status pengiriman barang yang kamu beli.

Kekurangan

1. Keterbatasan informasi: Nomor pesanan hanya memberikan informasi dasar tentang pesananmu, seperti nomor urut dan identitas penjual. Informasi detail lainnya perlu dicari terpisah.
2. Kelebihan langkah: Beberapa pengguna mungkin merasa prosesnya terlalu rumit atau berbelit-belit dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya.

Tabel Cara Melihat Nomor Pesanan di Shopee

Langkah Deskripsi
1 Masuk ke aplikasi Shopee
2 Pilih ikon “Me” di menu utama
3 Klik menu “Purchases”
4 Cari pesanan yang ingin dilihat nomornya
5 Lihat nomor pesanan pada halaman rincian pesanan
6 Periksa riwayat pembelianmu
7 Hubungi pihak Shopee jika ada masalah

FAQ Tentang Cara Melihat Nomor Pesanan di Shopee

1. Apa yang harus dilakukan jika saya tidak dapat menemukan nomor pesanan pada aplikasi Shopee?

Jawaban:

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat pesanan di tokopedia

Jika kamu tidak dapat menemukan nomor pesanan pada aplikasi Shopee, kamu dapat mencoba memeriksa email konfirmasi pembayaran atau menghubungi pihak Shopee untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. Bisakah saya melihat nomor pesanan melalui situs web Shopee?

Jawaban:

Ya, kamu juga bisa melihat nomor pesanan melalui situs web Shopee dengan menggunakan langkah-langkah yang sama seperti di aplikasi.

3. Apakah nomor pesanan sama dengan nomor resi pengiriman?

Jawaban:

Tidak, nomor pesanan dan nomor resi pengiriman merupakan hal yang berbeda. Nomor pesanan adalah nomor identifikasi untuk pesananmu di Shopee, sedangkan nomor resi pengiriman adalah nomor unik yang diberikan oleh jasa pengiriman untuk melacak status pengiriman barang.

4. Apakah nomor pesanan dapat digunakan untuk menghubungi penjual?

Jawaban:

Tidak, nomor pesanan biasanya bukan kontak langsung untuk menghubungi penjual. Jika kamu perlu menghubungi penjual, sebaiknya gunakan fitur Chat di aplikasi Shopee atau menggunakan informasi kontak yang disediakan di halaman toko penjual.

5. Apakah semua pengguna Shopee dapat melihat nomor pesanan?

Jawaban:

Ya, semua pengguna Shopee dapat melihat nomor pesanan untuk pesanan yang telah mereka buat di aplikasi.

6. Apakah nomor pesanan dapat digunakan untuk mengembalikan barang?

Jawaban:

Tidak, untuk proses pengembalian barang, biasanya kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang berbeda dan menggunakan fitur pengembalian yang disediakan di aplikasi Shopee.

7. Bagaimana jika nomor pesanan yang saya temukan tidak valid?

Jawaban:

Jika nomor pesanan yang kamu temukan tidak valid atau tidak dapat dilacak, segera hubungi pihak Shopee untuk mendapatkan bantuan dan penjelasan lebih lanjut.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara melihat nomor pesanan di Shopee, kamu tidak perlu lagi bingung saat ingin mengecek status atau menghubungi penjual. Langkah-langkah yang sederhana ini akan membantu kamu melacak pesananmu dengan mudah. Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi pihak Shopee melalui fitur bantuan yang tersedia di aplikasi. Selamat berbelanja di Shopee!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum. Pipnews tidak terkait dengan Shopee dan tidak bertanggung jawab atas pengalaman pengguna individu.