cara membuat sorotan cerita di ig

Pendahuluan

Salam, Sahabat Pipnews! Siapa di antara kita yang tidak suka menggunakan Instagram? Aplikasi media sosial yang satu ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Dari sekadar membagikan momen-momen spesial, hingga mengikuti berita terkini, Instagram memiliki segudang fitur menarik yang dapat kita manfaatkan. Salah satu fitur yang cukup populer dan sering digunakan adalah sorotan cerita atau Instagram Stories Highlight.

Bagi Anda yang belum familiar, sorotan cerita adalah kumpulan cerita dalam bentuk gambar atau video yang disimpan di profil Instagram kita dan dapat dilihat oleh pengunjung profil selama waktu yang tidak terbatas. Sorotan cerita memungkinkan kita untuk mengunggah cerita-cerita penting atau menarik dalam highlight tersendiri, sehingga orang lain bisa melihatnya ketika mengunjungi profil kita. Rasanya menyenangkan bukan?

Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat sorotan cerita di IG agar Anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan maksimal. Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih jauh, simaklah penjelasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Sorotan Cerita di IG

Sebelum kita mempelajari cara membuat sorotan cerita di IG, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan apakah fitur ini cocok untuk digunakan atau tidak di dalam strategi media sosial Anda.

Kelebihan Cara Membuat Sorotan Cerita di IG

1. Mempertahankan Cerita Lebih Lama. Ketika Anda membagikan cerita dalam bentuk sorotan, cerita-cerita tersebut tidak akan menghilang setelah 24 jam seperti halnya cerita pada feed Instagram. Dengan begitu, pengikut Anda dapat tetap melihat cerita tersebut dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek njop

2. Membuat Profil Menarik. Dengan menggunakan sorotan cerita, Anda dapat mengatur cerita-cerita yang paling penting atau menarik dan menampilkannya di profil Anda. Hal ini akan memberikan kesan yang lebih profesional dan menarik bagi pengunjung profil Anda.

3. Menonjolkan Konten Spesifik. Anda dapat mengorganisir cerita-cerita dalam sorotan berdasarkan topik tertentu, sehingga pengunjung profil Anda dapat dengan mudah menemukan dan melihat cerita-cerita yang menarik minat mereka. Misalnya, Anda dapat mengelompokkan cerita perjalanan, makanan, atau fashion dalam sorotan yang berbeda.

4. Peningkatan Interaksi. Fitur sorotan cerita juga dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut Anda. Ketimbang hanya melihat sekali dalam 24 jam, mereka dapat melihat cerita Anda berkali-kali. Hal ini berpotensi meningkatkan jumlah tayangan dan interaksi seperti tanda suka, komentar, atau pesan langsung.

5. Fleksibilitas Pengeditan. Sorotan cerita menawarkan berbagai opsi pengeditan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tampilan cerita. Anda dapat menambahkan teks, stiker, emoji, dan bahkan musik untuk membuat cerita lebih menarik dan kreatif.

6. Dapat Dilihat Oleh Semua Orang. Sorotan cerita dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi profil Anda, tidak hanya pengikut Anda. Hal ini memberikan kesempatan untuk menarik minat orang lain dan meningkatkan visibilitas Anda di Instagram.

7. Mudah Dibuat dan Dikelola. Membuat dan mengelola sorotan cerita sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengunggah cerita-cerita ke cerita Instagram Anda dan mengarsipkannya sebagai sorotan cerita.

Kekurangan Cara Membuat Sorotan Cerita di IG

1. Overload Konten. Jika Anda tidak memilih cerita mana yang pantas menjadi sorotan cerita, profil Anda dapat terlihat berantakan dengan banyaknya sorotan yang ada. Pastikan Anda memilih cerita yang benar-benar penting dan menarik untuk ditampilkan.

Artikel Terkait Lainnya  cara melihat history video di facebook

2. Konten yang Kedaluwarsa. Meskipun sorotan cerita dapat dilihat dalam jangka waktu yang tidak terbatas, cerita tersebut tetap terbatas hanya pada periode waktu ketika Anda mengunggahnya. Jadi, pastikan untuk mengunggah cerita yang aktual dan relevan.

3. Memerlukan Perencanaan Konten. Untuk membuat sorotan cerita yang menarik, perlu adanya perencanaan konten agar cerita-cerita yang masuk dalam sorotan cerita saling berkaitan dan membuat profil terlihat rapi dan informatif.