cara menghapus status wa orang yang sudah dilihat

Pengenalan

Halo Sahabat Pipnews, apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda secara tidak sengaja membaca sebuah pesan di WhatsApp (WA) dan ingin menghapus status “dilihat” yang muncul di ponsel pengirim? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membagikan cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk menghapus status WA orang yang sudah Anda lihat. Dengan demikian, Anda dapat menjaga privasi dan menjalankan fitur pesan WhatsApp yang lebih andal. Mari kita mulai dengan penjelasan mengenai cara-cara ini!

Pendahuluan

Sebelum masuk ke langkah-langkah menghapus status WA orang yang sudah dilihat, ada beberapa elemen yang perlu Anda ketahui. Pertama, fitur ini hanya akan bekerja jika Anda ingin menghapus status yang Anda lihat di WhatsApp. Jadi, jika Anda ingin menghapus status orang lain yang telah dilihat oleh mereka, ini bukanlah solusinya. Kedua, langkah-langkah ini berlaku untuk aplikasi WA di perangkat Android dan iOS. Setelah memahami hal-hal tersebut, mari kita lanjut ke bagian penjelasan dan kelebihan dari cara-cara ini.

1. Menggunakan Fitur “Delete for Everyone”

Salah satu cara termudah untuk menghapus status WA orang yang sudah dilihat adalah dengan menggunakan fitur “Delete for Everyone”. Fitur ini memungkinkan Anda menghapus pesan WhatsApp, termasuk status, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain dalam jangka waktu tertentu setelah Anda mengirimnya. Namun, ada beberapa persyaratan dan batasan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan fitur ini:

1. Pesan atau status yang ingin Anda hapus haruslah merupakan pesan yang baru-baru ini Anda kirimkan dan belum dihapus oleh penerima pesan. Jika pesan telah dihapus oleh pengirim atau sudah berlalu waktu tertentu, Anda tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

2. Penerima pesan akan melihat tanda “Pesan Dihapus” di kotak obrolan, yang menunjukkan bahwa Anda telah menghapus pesan tersebut. Namun, mereka tidak akan bisa melihat konten pesan terhapus.

3. Fitur ini hanya berlaku jika Anda menggunakan WA versi terbaru, baik di Android maupun iOS. Pastikan aplikasi Anda selalu diperbarui agar dapat menggunakan fitur ini.

4. Menghapus pesan atau status tidak akan menghapus jejak di notifikasi penerima. Jadi, jika mereka sudah melihat notifikasi sebelum pesan dihapus, mereka masih bisa melihat status tersebut.

Artikel Terkait Lainnya  cara menyembunyikan wa agar tidak terlihat online

5. Perlu diingat bahwa fitur “Delete for Everyone” hanya berlaku untuk pesan WhatsApp yang telah terkirim. Jika Anda ingin menghapus status yang telah dilihat oleh orang lain, Anda perlu mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Menggunakan Mode Pesawat

Langkah kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan mode pesawat pada perangkat Anda. Dalam mode ini, perangkat Anda akan me-nonaktifkan koneksi internet dan tidak dapat mengirim atau menerima pesan melalui WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka WhatsApp dan pergi ke obrolan yang berisi status yang ingin Anda hapus “dilihat”-nya.

2. Aktifkan mode pesawat dengan cara menekan ikon mode pesawat di daftar notifikasi atau melalui pengaturan perangkat Anda. Jangan lupa untuk mematikan kembali mode pesawat setelah melakukan langkah-langkah ini.

3. Buka kembali aplikasi WhatsApp dan buka obrolan yang sama. Status WA yang Anda lihat tidak akan memunculkan status “dilihat”, karena perangkat Anda tidak terhubung ke internet saat membukanya.

4. Setelah itu, keluar dari obrolan tersebut dan matikan mode pesawat. Perhatikan bahwa jika status tersebut telah dilihat oleh pengirim, mereka tetap akan mengetahui bahwa Anda telah melihat status tersebut.

5. Dengan menggunakan mode pesawat ini, Anda bisa melihat status WA tanpa harus membuatnya terlihat telah dilihat oleh Anda.

3. Menggunakan Fitur “Delete WhatsApp Web”

Bagi Anda yang sering menggunakan WhatsApp Web di komputer atau laptop, ada cara khusus yang bisa Anda gunakan untuk menghapus status WA yang sudah dilihat. Fitur ini hanya tersedia di versi WhatsApp Web dan tidak ada di aplikasi WhatsApp di perangkat ponsel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka WhatsApp Web di komputer atau laptop Anda dengan memindai kode QR yang tertera di aplikasi WhatsApp di perangkat ponsel.

2. Setelah terhubung, cari obrolan yang berisi status yang ingin Anda hapus “dilihat”-nya.

3. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas obrolan tersebut.

4. Pilih opsi “Delete” dan konfirmasikan dengan mengklik “Delete” sekali lagi di jendela pop-up.

5. Status WA yang Anda lihat akan terhapus dari obrolan di WhatsApp Web dan tidak akan menampilkan status “dilihat”. Namun, ingatlah bahwa status tersebut masih akan terlihat di aplikasi WhatsApp di perangkat ponsel Anda.

Tabel

No Nama Tipe Keterangan
1 Delete for Everyone Fitur Menghapus pesan dan status yang telah terkirim dalam waktu yang ditentukan setelah pengiriman.
2 Mode Pesawat Metode Menggunakan mode pesawat untuk melihat status WA tanpa memunculkan status “dilihat”.
3 Delete WhatsApp Web Fitur Menghapus status yang sudah dilihat dari obrolan di WhatsApp Web.

FAQ

1. Apakah ada cara lain untuk menghapus status WA yang sudah dilihat?

Saat ini, cara-cara yang dijelaskan di atas merupakan metode yang paling umum digunakan. Namun, jika Anda menemukan metode lain, silakan mencobanya. Pastikan Anda juga memperbarui aplikasi WA Anda agar tetap mendapatkan fitur-fitur terbaru yang mungkin termasuk cara baru untuk menghapus status WA yang sudah dilihat.

2. Apakah menggunakan mode pesawat bisa menghapus status WA yang sudah dilihat secara permanen?

Mode pesawat hanya dapat menghapus status WA yang sudah dilihat untuk sementara waktu. Ketika Anda mengaktifkan kembali koneksi internet, status tersebut masih akan terlihat sebagai “dilihat”. Namun, jika status telah berlalu waktu tertentu, status “dilihat” tersebut akan hilang.

Artikel Terkait Lainnya  cara pengaturan whatsapp agar tidak terlihat online

3. Apakah fitur “Delete for Everyone” berlaku juga untuk pesan teks biasa atau hanya status?

Fitur ini berlaku untuk semua jenis pesan yang Anda kirim, termasuk pesan teks, gambar, video, dan dokumen. Jadi, jika Anda ingin menghapus pesan WA yang sudah terkirim, Anda bisa menggunakan fitur ini.

4. Apakah penerima pesan tetap bisa melihat status pesan yang dihapus oleh pengirim dengan fitur “Delete for Everyone”?

Tidak, penerima pesan tidak akan bisa melihat konten pesan yang telah dihapus oleh pengirim menggunakan fitur ini. Mereka hanya akan melihat tanda “Pesan Dihapus” di kotak obrolan, namun kontennya tidak dapat diakses.

5. Apakah ada fitur di WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan tanda status “dilihat”?

WhatsApp tidak menyediakan opsi resmi untuk menonaktifkan tanda status “dilihat”. Namun, Anda bisa mencoba cara-cara yang telah dijelaskan di atas untuk menghapus status WA yang sudah dilihat dan menjaga privasi Anda.

6. Apakah aplikasi pihak ketiga dapat menghapus status WA yang sudah dilihat?

WhatsApp tidak mendukung atau merekomendasikan penggunaan aplikasi pihak ketiga di luar WhatsApp resmi. Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat berpotensi membahayakan keamanan dan privasi Anda. Sebaiknya gunakan fitur dan opsi yang tersedia di dalam aplikasi WhatsApp untuk menghapus status atau pesan yang sudah dilihat.

7. Apakah saya perlu menghubungi pengirim status WA agar mereka menghapusnya jika saya sudah melihat status yang ingin dihapus?

Tidak, Anda tidak perlu menghubungi pengirim status untuk meminta mereka menghapusnya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menghapus status yang sudah dilihat sendiri pada perangkat WA Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagikan tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk menghapus status WA orang yang sudah dilihat. Anda dapat menggunakan fitur “Delete for Everyone” untuk menghapus pesan WA yang sudah terkirim, menggunakan mode pesawat untuk melihat status tanpa memunculkan status “dilihat”, atau menggunakan fitur “Delete WhatsApp Web” untuk menghapus status dari obrolan di WhatsApp Web. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menjaga privasi Anda dan mengontrol tampilan status WA yang Anda lihat. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara ini dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menghapus status WA yang sudah dilihat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin membagikan pengalaman Anda, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sahabat Pipnews!

Kata Penutup

Dalam menghapus status WA orang yang sudah dilihat, penting bagi Anda untuk memahami batasan-batasan fitur yang tersedia dan memperbarui aplikasi secara teratur untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga privasi Anda dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia atau mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!