cara tidak terlihat online di facebook

Pendahuluan

Sahabat Pipnews, Facebook telah menjadi salah satu platform sosial media yang paling populer di dunia. Namun, ada kalanya kita ingin berada dalam keadaan online di Facebook, tetapi tetap tidak ingin terlihat oleh orang lain. Mungkin kita sedang sibuk atau ingin menjaga privasi kita dengan beberapa kontak di Facebook. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara untuk tidak terlihat online di Facebook. Mari simak penjelasannya!

Melihat bahwa Facebook adalah platform yang sangat populer, penting bagi kita untuk memahami cara agar tidak terlihat online di Facebook. Menjaga privasi adalah hak setiap individu dan dengan mengetahui cara-cara ini, kita dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan Facebook. Berikut adalah cara untuk tidak terlihat online di Facebook yang dapat kamu terapkan:

1. Nonaktifkan Status Online

Fitur status online di Facebook memungkinkan teman-temanmu melihat kapan kamu sedang aktif di platform tersebut. Jika kamu ingin tetap aktif di Facebook tanpa terlihat oleh orang lain, nonaktifkan status online. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkatmu.
  2. Pilih menu “Menu” di pojok kanan bawah.
  3. Pergi ke “Setelan & Privasi” dan pilih “Pengaturan”.
  4. Pilih “Privasi” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Lihat dan Mengontrol Aktif Status”.
  5. Matikan tombol “Aktif”

Dengan menonaktifkan status online, kamu dapat tetap aktif di Facebook tanpa diketahui oleh orang lain.

2. Nonaktifkan Tanda Terima Pesan

Terkadang, ketika sedang ingin tidak diganggu, kita tidak ingin ada yang mengetahui bahwa pesan kita telah diterima. Untuk menjaga privasi ini, kamu dapat menonaktifkan tanda terima pesan di Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkatmu.
  2. Pilih menu “Menu” di pojok kanan bawah.
  3. Pergi ke “Messenger” dan pilih “Pengaturan”.
  4. Pilih “Tampilan dan Suara” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Tanda Terima Pesan”.
  5. Matikan tombol “Tanda Terima Pesan”.

Dengan menonaktifkan tanda terima pesan, kamu bisa membaca pesan tanpa harus memberi tanda bahwa pesan tersebut telah kamu terima.

Artikel Terkait Lainnya  cara cek nomor resi jne

3. Matikan Notifikasi Facebook

Ketika kamu ingin tetap aktif di Facebook, tetapi tidak ingin terganggu oleh notifikasi yang masuk, kamu bisa mematikan notifikasi dari aplikasi Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkatmu.
  2. Pilih menu “Menu” di pojok kanan bawah.
  3. Pergi ke “Pemberitahuan” dan pilih “Pengaturan Pemberitahuan”.
  4. Pilih “Facebook” dan nonaktifkan notifikasi yang tidak kamu inginkan.

Dengan mematikan notifikasi Facebook, kamu dapat tetap aktif tetapi tidak akan terganggu oleh pemberitahuan yang masuk.

4. Gunakan Mode Stealth atau Kelelawar

Meskipun Facebook tidak memiliki fitur mode stealth resmi, ada aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk itu. Salah satunya adalah Mode Stealth atau Kelelawar. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk tetap online di Facebook tanpa diketahui oleh orang lain. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Play Store atau App Store, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk pengaturannya.

5. Nonaktifkan Riwayat Aktivitas

Riwayat aktivitas di Facebook memungkinkan teman-temanmu melihat semua aktivitas yang kamu lakukan di platform tersebut. Jika kamu tidak ingin terlihat online, sebaiknya kamu mematikan riwayat aktivitas. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkatmu.
  2. Pilih menu “Menu” di pojok kanan bawah.
  3. Pergi ke “Setelan & Privasi” dan pilih “Pengaturan”.
  4. Pilih “Privasi” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Siapa yang dapat melihat riwayat aktivitasku”.
  5. Pilih “Tinjau semua aktivitasku” dan matikan tombol di bagian atas layar.

Setelah kamu mematikan riwayat aktivitas, teman-temanmu tidak akan bisa melihat aktivitas apa pun yang kamu lakukan di Facebook.

6. Nonaktifkan Fitur Lihat Aktivitas Terakhir

Jika kamu ingin sepenuhnya tidak terlihat online di Facebook, kamu bisa mematikan fitur “Lihat Aktivitas Terakhir” di aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkatmu.
  2. Pilih menu “Menu” di pojok kanan bawah.
  3. Pergi ke “Setelan & Privasi” dan pilih “Privasi Shortcuts”.
  4. Pilih “Lihat Aktivitas Terakhir” dan matikan fitur tersebut.

Dengan mematikan fitur ini, teman-temanmu tidak akan melihat aktivitas terakhirmu di Facebook.

7. Gunakan Mode Privasi

Selain mematikan beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan mode privasi di Facebook untuk menjaga privasimu. Facebook memiliki beberapa mode privasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu, di antaranya adalah “Hanya Saya”, “Teman Akrab”, “Teman”, dan “Publik”. Dengan mengatur mode privasi ini, kamu dapat mengontrol siapa yang dapat melihat aktivitasmu di Facebook.

Tabel: Cara Tidak Terlihat Online di Facebook

No Cara Deskripsi
1 Nonaktifkan Status Online Menyembunyikan status online agar tidak terlihat oleh orang lain
2 Nonaktifkan Tanda Terima Pesan Menonaktifkan tanda terima pesan agar tidak diketahui jika pesan telah diterima
3 Matikan Notifikasi Facebook Mematikan notifikasi agar tidak terganggu saat aktif di Facebook
4 Gunakan Mode Stealth atau Kelelawar Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk tetap online tanpa terlihat
5 Nonaktifkan Riwayat Aktivitas Menghentikan orang lain melihat riwayat aktivitas di Facebook
6 Nonaktifkan Fitur Lihat Aktivitas Terakhir Menyembunyikan aktivitas terakhir agar tidak terlihat oleh orang lain
7 Gunakan Mode Privasi Mengatur mode privasi sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga privasi
Artikel Terkait Lainnya  cara cek tm nelpon telkomsel

Pertanyaan Umum

1. Apakah saya masih bisa menggunakan Facebook secara normal setelah mengikuti langkah-langkah ini?

Tentu saja! Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu tetap dapat menggunakan Facebook seperti biasa. Hanya saja kamu tidak akan terlihat online oleh orang lain.

2. Apakah semua langkah ini berlaku untuk versi Facebook di komputer dan aplikasi di ponsel?

Ya, semua langkah yang dijelaskan di atas berlaku baik untuk versi Facebook di komputer maupun aplikasi di ponsel. Cukup ikuti langkah-langkah yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

3. Apakah saya bisa mengatur siapa saja yang tidak dapat melihat status online saya?

Pada saat ini, fitur Facebook tidak menyediakan opsi untuk mengatur siapa saja yang tidak dapat melihat status online kamu. Namun, dengan menonaktifkan status online, tidak ada orang yang dapat melihat bahwa kamu sedang aktif.

4. Apakah ada cara lain untuk tetap terhubung dengan teman-teman tanpa terlihat online di Facebook?

Tentu saja! Selain menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa menggunakan fitur pesan pribadi atau grup untuk berkomunikasi dengan teman-temanmu tanpa harus terlihat online.

5. Apakah saya bisa mengaktifkan status online hanya untuk beberapa kontak yang dipilih?

Sayangnya, saat ini Facebook tidak menyediakan fitur untuk mengatur status online hanya untuk beberapa kontak yang dipilih. Status online akan dilihat oleh semua orang yang terhubung dengan akunmu.

Kesimpulan

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, menjaga privasi di platform sosial media seperti Facebook menjadi semakin penting. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, kita dapat tetap aktif di Facebook tanpa harus terlihat oleh orang lain. Mulai dari mematikan status online, menonaktifkan tanda terima pesan, mematikan notifikasi, menggunakan aplikasi mode stealth, mematikan riwayat aktivitas, hingga menggunakan mode privasi, semua langkah ini dapat membantu kita menjaga privasi ketika menggunakan Facebook. Jadi, jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah ini dan tetap merasa aman dan nyaman saat berada di Facebook.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sahabat Pipnews. Jika kamu memiliki pertanyaan tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tetap gunakan Facebook dengan bijak dan selalu jaga privasimu. Terima kasih dan sampai jumpa!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai saran informasi belaka. Tindakan apa pun yang kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini adalah tanggunganmu sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi atau kerugian yang mungkin timbul. Gunakanlah fitur-fitur ini dengan bijak dan menghormati privasi orang lain.