Aset Kopdit/CU di Kalbar Rp 8 Triliun

Pipnews.co.id, Pontianak – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar Marsianus SY berharap maju pesatnya Koperasi Krdit/Credit Union (Kopdit/CU) Khatulistiwa Bakti (CUKB) di Kalbar dapat memberikan dampak terhadap perekonomian anggota dan masyarakat Kalbar pada umumnya.

Hal tersebut ia ungkapkan saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopdit CUKB Tahun Buku 2017 di Kantor Pusat CUKB Jalan Zainuddin, Pontianak pekan lalu.

Marsianus berharap Kopdit/CU dan anggotanya besar bersama. Sebagai sebuah lembaga ekonomi, usia 33 tahun adalah sebuah perjalanan panjang yang membuktikan bahwa kiprah CUKB masih sangat relevan dan dibutuhkan. Dia mengatakan dari koperasi hanya Kopdit/CU yang menghidupkan Kalbar.

“CUKB juga termasuk CU teratas di Kalbar dan termasuk jajaran teratas di Indonesia dengan masuk kedalam 100 koperasi terbesar, dengan urutan ke-21. Kalau di Kalbar terbesar ke-4 dan dari sekian banyak koperasi yang berbadan hukum, CU lah yang mendongkrak kinerja koperasi di Kalbar dengan aset yang dimiliki CU triliunan,” ujar Marsianus.

CU Khatulistiwa Bakti juga mencatat prestasi karena 2015 lalu menjadi salah satu penerima award sebagai 40 koperasi berprestasi di Indonesia. Sehingga anggota kata Marsianus harus bangga dan merasa memiliki CU. Tak kalah penting, ia menyebut CU tidak bisa dikatakan sebagai sampingan karena memberi dampak besar bagi perekonomian dan harus dimanfaatkan anggota.

“Jangan jadikan CU sampingan. Harapan kita CU bisa mensejahterakan anggotanya dan masyarakat Kalbar pada umumnya. Aset koperasi di Kalbar mencapai Rp 8 triliunan, dan sebesar Rp 590,1 miliar diantaranya disumbang Kopdit/CU Katulistiwa Bakt, yang punya anggota sebanyak 53.422 orang.

Saat ini Kopdit/CU masih memberikan sumbangsih kinerja perkoperasian di Kalbar.Kopdit/CU harus transparan sehingga anggota mengetahui kinerjanya, anggota juga harus selalu aktif,” ujarnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*