Aset Koperasi Kredit CU Sinar Harapan Kediri Rp 46 Miliar

Pipnews.co.id, Kediri 8 Fberuari 2018

Koperasi (Kopdit) CU Sinar Harapan kota Kediri. Jawa Timur menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 di Aula Pondok Lirboyo Kediri pada 04/02/2018).

Hadir dalam acara ini Kasi Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Ana dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Kota Kediri Kristanto. Di sana juga tampak Sekretaris Puskopdit Jawa Timur Septiana dan, dan Suciati dari Pimpinan Dekopinda Kota Kediri.

Ketua Koperasi CU Sinar Harapan, Lucia dalam laporannya menyampaikan bahwa, Aset Koperasi per 31 desember 2018 mencapai Rp. 46 miliar. Sedang jumlah anggota per 31 desember : 2.253 orang.

Menurut dia, selama ini dalam melakukan usaha , koperasi lebih menekankan kepada pemenuhan kebutuhan anggota dibidang keuangan dari pada sekedar mengejar keuntungan financial. Hal itu sesuai dengan keputusan Rapat Anggota, maka dalam tahun buku 2018, dibuka usaha pelayanan kebutuhan pendanaan untuk modal usaha bersama dengan suku bunga 0,5%.

” Pelayanan penyediaan modal usaha ini diberikan kepada kelompok anggota yang melakukan usaha secara bersama-sama,” tukas Lucia.

Sementara R. Nugroho, selaku penasehat Koperasi CU Sinar Harapan mengatakan, di era digitalisasi saat ini banyak yang belum mampu mengelola koperasi melalui media online dalam berkomunikasi dengan anggotanya. Maka, CU Sinar Harapan sejak tahun 2017 telah menggunakan aplikasi online yang bernama CUSO.

” Melalui Aplikasi CUSO setiap anggota CU Sinar Harapan mampu melihat dan mengikuti perkembangan koperasinya, simpanannya, pinjamannya melalui perangkat Hand Phone yang dimilikinya dimana dan kapan saja,” tutur Nugroho, yang dalam kesempatan itu sekaligus juga mendemontrasikan penggunaan aplikasi online kepada undangan yang hadir.

Kata dia, CU Sinar Harapan adalah Koperasi berskala Provinsi yang bergerak di sektor perkreditan/simpan pinjam. Saat ini kantor pelayanannya selain di kota Kediri, juga ada di  Tulungagung dan Bojonegoro.

Sementara itu, Septiana dari Puskopdit Jawa Timur menyampaikan, bahwa dalam melakukan usaha janganlah koperasi hanya mengejar keuntungan saja sehingga melupakan tujuan koperasi itu sendiri sebagai wadah gerakan saling menolong yang tidak mengejar keuntungan. ” Selain itu dalam membangun dan mengembangkan koperasi tidak dapat dilupakan adalah kegiatan pendidikan kepada seluruh anggota,” jelasnya.

Sedangkan Ana, pejabat yang mewakili Kadis Koperasi UKM Jawa Timur telah memberikan  penghargaan kepada Koperasi CU Sinar Harapan. Hal itu diberikan karena koperasi ini dinilai mampu menyelenggarakan RAT tepat waktu, serta meraih rangking ke-13 dari 661 Koperasi di Jawa Timur yang berskala Provinsi.

Kata dia, sebagai koperasi yang sudah tertib diharapkan agar CU Sinar Harapan dalam pengelolaan Koperasi tetap mematuhi ketentuan yang berlaku bagi sebuah Badan Hukum Koperasi.

Sedang Suciati dari Dekopinda mengingatkan bahwa anggota sebagai pemilik koperasi bertanggungjawab akan maju mundurnya koperasi yang menjadi miliknya. Makanya, pilihan membangun kesejahteraan bersama melalui wadah koperasi adalah pilihan yang tepat sebagai wujud kesetiaan kepada amanat konstitusi terutama yang tersurat maupun tersirat dalam pasal UUD 1945.

Tidak ketinggalan, Kadis Koperasi Kediri Kristanto juga memberikan apresiasi , terhadap CU Sinar Harapan, yang mampu melaksanakan RAT sebagai cerminan sebuah manajemen pengelolaan koperasi yang transparan dan tertib.

” Karena koperasi yang tidak sehat tentu tidak akan berani dan tidak akan mampu melaksanakan RAT yang tertib dan terbuka seperti saat ini,” tandasnya.

.[Kang]/Sumber Pipnews Jatim

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.