Daerah

Bupati Blitar dan Ketum Dekopin Hadiri Musda Dekopinda Kabupaten Blitar

Pipnews.co.id, Blitar – Tantangan baru yang dihadapi koperasi saat ini tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan inovasi produksi. Tetapi terkait upaya koperasi yang dapat mengambil peran dalam perubahan sosial ekonomi yang dinamis. 

Mengingat turbulensi ekonomi di masa pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga, bahwa koperasi harus mampu bersaing dengan pelaku ekonomi lain. Dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat untuk pemulihan ekonomi nasional pada umumnya dan di Kabupaten Blitar khususnya.

Demikian di antara arahan yang diberikan Bupati Blitar Drs H Rijanto, MM, saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) dan pengukuhan Pimpinan Dekopinda Kabupaten Blitar, Masa Jabatan 2021-2025, bertempat di Pendopo Sasana Adhi Praja, Rabu (10/2).

Pemerintah Kabupaten Blitar bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) melakukan Musyawarah Daerah (Musda). Dengan digelarnya acara Musda Dekopinda oleh Pemkab Blitar dan Dekopinda yang ke-empat (4) tahun ini, menjadikan bahan evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan tahun lalu. Selanjutnya akan dijadikan pijakan menyusun langkah strategis rancangan program kerja. Dengan tujuan untuk menjawab berbagai macam tantangan dan permasalahan perkoperasian yang terjadi saat ini.

Lebih lanjut Bupati H. Rijanto, M.M juga berpesan, bahwa semua unsur penggerak dan penggiat koperasi di seluruh Kabupaten Blitar, di masa pandemi Covid-19 ini dapat memberikan energi positif sebagai penggerak UMKM, petani, peternak, pengrajin, pedagang kecil dan nelayan.

Menurutnya, kemajuan koperasi itu tidak terlepas dari komitmen dan kerja sama dari semua pihak. Karenanya ia berterima kasih dan apresiasi kepada TPID yang berinisiatif untuk melakukan optimalisasi pembinaan kelembagaan koperasi di Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Dekopin.

Namun demikian Rijanto juga berharap gerakan koperasi harus berperan aktif agar koperasi di Kabupaten Blitar berkembang maju. “Kami harapkan Dekopinda terus berperan aktif menata, membina, mengarahkan, membimbing serta mengawal agar gerakan koperasi di Kabupaten Blitar semakin maju dan berkembang,” ujarnya.

 Sementara itu Ketua Umum Dekopin Dr Sri Untari Bisowarno, MAP yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa koperasi peternak di Kabupaten Blitar menjadi satu bukti dan contoh peran koperasi dalam memperkokoh ekonomi rakyat. “Koperasi daerah ini merupakan dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional,” tandasnya.

Selain itu Sri Untari juga memaparkan program Dekopin, diantaranya tentang upaya peremajaan dunia koperasi menuju era digitalisasi. “Dengan digitalisasi koperasi akan meningkatkan pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas. Sehingga masyarakat yang menjadi anggota koperasi dapat terlayani dengan optimal, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi,” imbuhnya. (PR/komfoblit).    

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button