Bupati Bogor : Kami Ingin Populerkan Koperasi, agar Makin Diterima Masyarakat

Pipnews.co.id, Bogor – Lembaga ekonomi masyarakat bernama koperasi sesungguhnya sudah dikenal di tanah air sejak puluhan tahun lalu. Namun demikian kami ingin lebih mempopulerkan lagi, supaya lebih diterima lagi ditengah-tengah masyarakat, khususnya di seputar Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bupati Kabupaten Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan hal tersebut dalam sambutannya pada acara pentupan peringatanan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, yang digelar Lapangan Badak Putih, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (3/7).

Hadir dalam acara yang diisi dengan pemeran bertopik Harkop Expo 2019 ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ronny S, Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor Nana
Sukmana, seluruh Capat se kabupaten Bogor dan ribuan masyarakat yang datang dari berbagai pelosok di kabupaten itu.

Ade mengatakan, semua orang bisa jadi anggota koperasi, koperasi tujuan
utamanya adalah mensejahterakan anggota. Karena itu pada peringatan Hari Koperasi ke-72 kali ini kita sama-sama berharap, khususnya di Kabupaten Bogor semakin banyak warga yang bergabung di Koperasi, semakin banyak warga yang sejahtera, semakin memberikan kemaslahatan bagi semua.

“Ke depan, akan banyak program-program inovasi untuk pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Bogor. Bukan hanya senam, bukan hanya gerak jalan, tapi ada pelatihan, ada juga bantuan permodalan, dan hal-hal lain. Jadi, kalau jadi anggota koperasi, Insya Allah bukan hanya simpan pinjam saja. Bukan hanya pinjam uang tanpa bunga, tapi lebih dari itu kalau tergabung menjadi anggota koperasi, menjadi sejahtera karena dibantu oleh semuanya,” katanya.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Camat Cariu Didin menyampaikan
terima kasihnya kepada Pemkab Bogor yang telah mendorong peran aktif
masyarakat untuk dapat menjadi bagian dari pelaku UKM, sehingga dapat
meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor yang mendorong masyarakat untuk bias hidup berkoperasi, mudah-mudahan acara ini dengan memamerkan hasil sendiri akan memotivasi bagi pelaku usaha kecil lainnya,” ujarnya.

Ia juga berharap Pemerintah Daerah dapat membantu memudahkan Legalitas bagi pelaku UKM. Contohnya ketika ada acara seperti ini. Padahal potensi masyarakat sangat bagus, mudah-mudahan ini akan segera terbantu oleh Pemerentah kabupaten.

Sementara, Kepala Dekopinda Nana Sukmana merasa berterima kasih acara tersebut dapat terselenggara, sehingga masyarakat dapat sadar, betapa pentingnya Koperasi tersebut. “Kami satu-satunya wadah Koperasi di Kabupaten Bogor Sangat berterima kasih kepada Bupati Bogor atas terselenggaranya kegiatan ini. Sehingga kami dapat mensosialisasikan dan
mengajak masyarakat untuk sadar betapa penting koperasi ini,” kata Nana.

Nana mengatakanh pada Harkop kali ini pihaknya memberikan penghargaan kepada 1.540 kelompok koperasi dari keseluruhan 49.395 orang anggota. Hasilnya para anggota dapat meningkatkan 28% dari hasil usahanya, ini juga termasuk untuk menciptakan Bogor Termaju dengan program Pancakarsa Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Masih dikatakan Nana, kegiatan Harkop EXPO 2019 ini diikuti oleh 7 SKPD, 15 koperasi berbasis UKM dan semua dikordinir oleh forum UMKM. Selain pameran ada kegiatan lain senam masal, gerak jalan dan kegiatan lainnya. Seperti acara talk show, dimana Bupati Bogor sebagai narasumber dan salah satu wirausahawan. (Suharyono/Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.