Dekopinda Kota Malang Paling Cepat Melaksanakan Rakerda, Akan Dapat Reward

Pipnews.co.id, Malang – Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono memberikan apresiasi kepada Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Dekopinda Kota Malang yang telah melakukan Rapat Kerja (Rakerda) lebih awal dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Rakerda tersebut yang dilaksanakan di Aula kantor Dekopinda Kota Malang, Selasa (20/2/2018).

“Atas nama pimpinan Dekopinwil, saya sangat berterimakasih kepada segenap pengurus Dekopinda Kota Malang karena telah melakukan Rakerda lebih awal jika dibandingkan dengan daerah lain. Saya yakin dengan pelaksanaan rakerda ini, membuktikan bahwa Dekopinda Kota Malang adalah salah satu Dekopinda terbaik di Jawa Timur”, ujar Tri yang merupakan ketua Puskopkar Jatim ini.

Atas pelaksanaan ini, rencananya Tri akan menyiapkan reward bagi Dekopinda yang lebih cepat melaksanakan Rakerda. “Saya akan siapkan Reward bagi Dekopinda yang mampu melaksanakan Rakerda lebih cepat, dan yang pasti Dekopinda Kota Malang adalah salah satu Dekopinda yang berhak mendapatkan reward tersebut. Saya pikir reward tersebut akan memacu setiap Dekopinda untuk segera melaksanakan Rakerda”, ujar Tri Harsono.

Selain itu, Tri Harsono juga menyoroti adanya koperasi yang masih berjalan sendiri-sendiri. Oleh karena, Tri Harsono mengajak agar semua koperasi harus bersinergi, salah satunya dengan membentuk konsorsium. Pihaknya yakin bahwa dengan konsorsium tersebut koperasi akan semakin kuat

“Saat ini pemerintah sedang getol membangun infrastruktur, koperasi harus tampil mengambil peran sebagai pelaku penyedia infrastruktur tersebut. Daripada proyek tersebut diambil dan dikelola oleh swasta dan asing, lebih baik koperasi yang melaksanakannya. Kita punya sumber daya, tidak hanya SDM tetapi juga memiliki kekuatan modal yang bersumber dari anggota”, ujar Tri Harsono.

Untuk bisa merealisasikan hal tersebut, Tri Harsono sudah mengambil langkah super cepat yaitu dengan mempersiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi bagi pengurus dan pengawas koperasi yang berada dalam naungan Dekopinwil Jatim. Pihaknya yakin, melalui LSP akan mampu meningkatkan kwalitas SDM koperasi. “Sudah saya siapkan LSP tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengurus dan pengawas koperasi”, tukas Tri Harsono.

Jatim Memilih, Koperasi Netral

Pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Timur, tidak lepas dari sorotan Tri Harsono. Menurutnya, koperasi dan Dekopinda yang notabene memiliki anggota yang sangat besar memiliki posisi yang sangat strategis sehingga pasti akan dilirik semua kandidat. Oleh karena itu, Tri Harsono menghimbau kepada seluruh Dekopinda di Jawa Timur untuk tetap Netral.

“Dekopin bukan organisasi politik. Oleh karena itu sebagai lembaga gerakan tunggal koperasi harus Netral. Saya sebagai pimpinan Dekopinwil akan senantiasa menjaga Netralistasnya. Begitupun dengan Dekopinda juga wajib menjaga Netralitasnya. Tetapi secara personal, saya persilahkan untuk mendukung dan memilih kandidat yang terbaik. Karena hal tersebut merupakan hak politik setiap warga negara yang dilindungi oleh Undang- Undang”, ujar Tri Harsono.

Namun secara khusus, Tri Harsono berpesan agar gerakan koperasi secara personal memilih calon Gubernur, Bupati dan Wali kota yang peduli terhadap koperasi. “Secara personal, saya menyarankan agar memilih pemimpin yang peduli terhadap koperasi. Jangan yang lain, karena hanya mereka yang peduli terhadap koperasilah yang akan memajukan koperasi”, pungkas Tri Harsono. Sumber : Pipnews Jatim [ELC]/Yan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*