Daerah

Pengurus Dekopinwil dan Dekopinda Sewilayah DKI Jakarta Dikukuhkan

Pipnews.co.id, Jakarta – Bertempat di Aula Serbaguna Gedung Dirgantara, Jalan Protokol, Halim Perdana Kusuma No 8, Jakarta Timur, Pengurus Dekopinwil DKI Jakarta dan para Pimpinan Dekopinda se DKI Jakarta Periode 2020-2025, pada Sabtu, (19/12) dikukuhkan oleh Ketua Umum Dekopin Pusat Dr Sri Untari Bisowarno, MAP.

Menurut Sri Untari kepengurusan baru ini mau atau tidak harus menggenjot program digitalisasi. Selain itu soal ketahanan pangan dan penguatan sumber daya manusia (SDM). Hal ini kata dia, bisa dilakukan melalui Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah/Daerah (Lapenkopwil/da) yang ada di seluruh DKI Jakarta. Imbuh Sri, jalinlah kerja sama dengan pemerintah provinsi dan walikota-walikota. “Barometer untuk suksesnya koperasi harus merambah digitalisasi dan itu wajib dilakukan oleh gerakan koperasi di seluruh Indonesia, khususnya DKI Jakarta,” tandasnya.

Lanjut Sri Untari, adanya jalinan sinergitas tersebut bisa dikendalikan melalui berbagai hal, tetapi yang terkait saat ini adalah market place yang telah memanfaatkan digitalisasi. Terutama untuk mendongkrak potensi UMKM yang notabene para anggota koperasi. “Dalam hal ini Dekopin bisa menjadi partner yang baik. Karenanya, kalau saya boleh memberikan saran, pemprov seyogyanya membangun market place yang khusus untuk UKM dan koperasi. Dengan demikian ekonomi kerakyatan ini terus tumbuh dan ekonomi nasional pun cepat bangkit dan maju,” ujarnya lagi. 

Pesan lainya yang ditekankan Ketum Dekopin itu adalah maksimalkan perangkat yang dimiliki Dekopin dan jajarannya yakni, pendidikan, konsultasi dan advokasi. Kata Sri, jika semua lembaga ini sinergi maka koperasi Indonesia yang di dalamnya adalah para pelaku UMKM akan terus tumbuh dan berjaya.  

Kepada jajaran pengurus baru Dekopinwil dan Dekopinda se-wilayah DKI Jakarta yang dilantik, Sri Untari juga berpesan agar berpikiran terbuka, bekerja keras dengan disiplin tinggi, tetapi tetap lentur dan memiliki inovasi maupun kreatifitas dipadu dengan kekompakan.

Adapun Ir Soeryo Bawono Ketua Dekopinwil DKI Jakarta, mengaku siap melaksanakan program-program Dekopin Pusat dengan memaksimalkan semua peran perangkat yang ada. Selain itu pihaknya akan mengajak terus  Gerakan Koperasi yang ada di DKI Jakarta. Ia menambahkan, untuk memfasilitasi para angota koperasi, akan terus menjalin kerja sama dengan distributor atau produsen barang-barang kebutuhan, baik sembako maupun keutuhan lainnya.

Selanjutnya agar koperasi juga tetap eksis dalam masa pandemi seperti sekarang, pihaknya akan terus mengarahkan agar melakukan digitalisasi. Sebab kata dia, di era sekarang ini arus lalu lintas perdagangan tanpa batas wilayah. Apabila masih menggunakan cara lama pasti akan ketinggalan atau ditinggal konsumen. “Polanya harus dengan digitalisasi, sebab hanya dengan cara memanfaatkan jaringan internet mereka leluasa menjual produk dan komoditinya,” ujarnya.    

Soeryo menambahkan, jika semua komponen terjalin sinergi akan ada optimistisme, koperasi akan menjadi tempat pilihan untuk belanja di mana dropshipper dan reseller bisa bersinergi dengan koperasi. “Koperasi akan mampu sebagai lokomotif ekonomi lokal, nasional bahkan global,” tegasnya lagi. 

Berikut adalah nama-nama Jajaran Pengurus/Ketua Dekopinda se DKI Jakarta masa bakti 2020-2025:

Ketua Dekopinda 6 Wil dan Utusan Koperasinya

  1. Dekopinda Jakarta Timur, Ketua Suhardi (Kop Tribuana)
  2. Dekopinda Jakarta Pusat, Dedi Kusna Utama (Kopkar STIAMi)
  3. Dekopinda Jakarta Selatan, Aries Subijakto (KopBareskrim)
  4. Dekopinda Jakarta Barat, Tugiman (Kodanua)
  5. Dekopinda Jakarta Utara Bambang Mardianto (Kolinlamil)
  6. Kabupaten Kep Seribu, Rojiun (Kop Wirausaha Kep. Seribu). (hlm/esawe).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button