Dekopinwil Jawa Barat Kunjungi Dekopinda Lampung Barat

Pipnews.co.id, Lampung Barat 11 Mei 2018 – Berita terlambat datang dari Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Bahwa beberapa waktu lalu Dekopind itu mendapat kunjungan dari Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jawa Barat.

Rombongan dari Jawa Barat disamping berdiskusi dengan jajaran Pengurus Dekopinda Lampung Barat, sekaligus juga untuk mengunjungi beberapa koperasi yang ada di sana. Diantaranya Koperasi Wanita (Kopwan) Melati Makmur di Pekon Tribudi Sukur Kecamatan Kebon Tebu dan Koperasi Agro Panca Bhakti di Kecamatan Sekincau.

Rombongan diterima oleh Wakil Ketua Dekopinda Kabupaten Lampung Barat, Sahrin Ibnoer beserta jajaran pengurus dan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Ir. Amirian, MP beserta Staf, kata Sekretaris Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Lampung Barat mendampingi Ketua Dekopinda setempat Parosil Mabsus, S.Pd Selanjutnya kata Sandarsyah, dalam kunjungannya Dekopinwil Provinsi Jawa Barat didampingi Dekopinwil Provinsi Lampung.

Rombongan sebanyak 25 orang yang dipimpin langsung Ketua Dekopinwil Jabar Drs. Mustofa Djamaludin, M.Si, disambut Ketua Dekopinda Lampung Barat HJ. Armi.bersama para pimpinan Dekopinda lainnya.

Menurut Armi kedatangan Dekopinwil Jawa Barat ini ke Lampung Barat semacam kunjungan balasan. Karena pada awal Desember 2017 lalu, ke Dekopinda Lampung Barat telah lebih dulu datang bertandang ke Jawa Barat. Dalam ini ke Koperasi Rukun Ikhtiar di kota Bandung, serta ke Dekopinda Kabupaten Pangandaran,
“Kecuali itu kami juga mendatangi Koperasi Unit Desa (KUD) Minasari dan Koperasi Mitra Kelapa, keduanya di Pangandaran,” tutur Armi kepada Pipnews.co.id, melalui keterangan tertulis.

Sementara dalam kunjungan ke Kopwan Melati Makmur diterima ketuanya Yayah Suryani. Koperasi yang beranggota 98 orang tersebut, disamping mempunyai usaha Simpan Pinjam,Warung Serba Ada (Waserda), juga memproduksi Kopi Bubuk, Gula Semut, Selai pisang, Opak dan lain-lain yang merupakan hasil olahan anggota koperasi tersebut. Rombongan Jawa Barat terkesan dengan adanya keterkaitan kerja antara Kopwan Melati Makmur dengan kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) Bina Wana Pekon Tribudi Sukur. Menurut Yayah Suryabi, Kopwan Melati Makmurlah yang mengolah hasil hutan yang ada di HKM. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.