Di Tengah Pandemi Dinas Perdagangan dan Industri Dorong Pelaku UKM Ekspor Produknya

Pipnews.co.id, Bandung – Meskipun masih berada di tengah masa pandemi Covid-19, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sana untuk melakukan ekspor atas hasil produksinya. Kebanyakan yang diekspor itu didominasi garmen dan tekstil.

Kepala Dinas Dagin Kota Bandung Ely Wasliyah mengatakan, untuk mendorong terus berlanjut, pihaknya juga tidak berhenti untuk melakukan pelatihan ekspor. Saat ini, Disdagin juga sedang melakukan pelatihan ekspor terhadap 85 pelaku UKM di kota itu.

“Kami sekarang sedang melakukan pelatihan go eksport, yang diikuti 85 pelaku usaha UKM. Nah, itu kita sudah latih 85 UKM yang kualitas produk nya sudah standar ekspor, dan tinggal melakukan praktiknya di lapangan,” kata Ely dalam keterangan tertulis (8/9.

Menurut Elly, di tahun 2020 ini, pihaknya menarget hasil penjualan ekspor US$ 467 juta. Tapi karena ada pandemi Corona target diturunkan menjadI US $ 358 juta.

“Adapun, produk yabg banyak di ekspor dari kota Bandung, utamanya fashion, alat kesehatan,vaksin dan produk tekstil lainnya. Juga ada produk pertanian berupa kopi kemasan. Produk ekspor ini ada yang diproduksi UKM dan juga ada pabrik besar,” kata Elly Wasliyah. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.