Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Siap Sukseskan Peringatan Hari Koperasi Ke 72 di Jakarta

Pipnews.co.id, Jakarta  – Dinas Koperasi  & UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta telah berjanji dan  siap membantu  mensukseskan pelaksanaan peringatan Hari Koperasi  (Harkop) ke-72  untuk tingkat wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Itulah sepenggal kalimat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Bambang Eka Warso dalam acara Rapat Panitia Harkop ke-72 Jakarta  di Kantor Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jakarta, Jalan Darmawangsa, Jakarta Serlatan (27/2/2019).

Kata dia, apapun kegiatan  yang sudah dikonsep oleh panitia untuk dilaksanakan pada Hari koperasi dimaksud, Dinas Koperasi UMKM oke-oke saja. Namun begitu ia berpesan konsep itu bukan sekadar untuk gagah-gagahan, tapi hendaknya punya dampak positif dan bermanfaat bagi gerakan koperasi.  

“Artinya, hasilnya tidak hanya sekadar mengejar output saja tapi juga outcome,” ujar Bambang berpesan.

Menanggapi hal ini Ketua Panitia Harkop DKI Jakarta Adji Gutomo, menyambut baik arahan dari  petinggi di Dinas Koperasi UMKM Jakarta itu. “Kami siap mengikuti arahan bapak ,” tutur Adji, sesaat sebelum Bambang Eka Warso meninggalkan ruang rapat.

 Sesuai rencana, peringatan Harkop ke-72 tingkat wilayah Jakarta akan dipusatkan dipelataran parkir Gedung Sarinah, Jalan Thamrin Jakarta Pusat pada 4 Agustus 2019.  Diwacanakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut hadir disana untuk berpidato dan sekaligus memberikan penghargaan  kepada mereka yang dianggap telah berjasa dan sukses mengembangkan koperasi di DKI jakarta.

“Salah satu bentuk penghargaan yang akan diberikan  berupa “Dekopinwil Award”, yang disediakan oleh Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jakarta,” tutur Adji. Ia menambahkan, apabila kegiatan ini sukses dilaksanakan, inilah pertama kali Dekopinwil Jakarta memberikan penghargaan kepada gerakan koperasi di wilayahnya. Jadi itu akan menjadi tonggak sejarah,” kata Adji.

Dia  mengatakan, kendatipun puncak acaranya pada 4 Agustus, yang diawalai dengan bhakti sosial dan Fun Walk di Jalan Thamrin, sesungguhnya rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak 26-27 Maret. Saat itu kegiatan yang dilakukan adalah Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dekopinwil  serta penyelenggaraan Forum Group Discusion (FGD) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Kegiatan lainnya adalah Pameran dan Bazar Murah. Di luar itu juga ada Ziarah ke Makam Bung Hatta yang Bapak Koperasi di TPU Tanah Kusir Jakarta pada 8 Juli 2019. “Kegiatan ziarah ini sesungguhnya agenda pusat yang pelaksanaannya ditangani Dekopinwil Jakarta,” kata Adji Gutomo.

Adji juga mengatakan peringatan Hari Koperasi secara nasional diselenggarakan di kota Purwokerto, Jawa Tengah pada 12 Juli 2019. Di sana akan ikut hadir Presiden Joko Widodo dan ibu Iriana beserta sejumlah menteri dan petinggi negara lainnya..

Adapan tema yang diambil dalam peringatan Harkop kali ini adalah “ Memantapkan Peran Gerakan Koperasi Dalam Dinamika Perubahan Global”. Sementara Sub Tema antara laian (1) Koperasi Kreatif ! Ekonomi Kreatif!, (2) Koperasi : Solusi Ekonomi Negeri, (3) Koperasi Membangun Kemandirian Ekonomi Bangsa, (4) Koperasi Kuat, Anggota Sejahtera, (5) Prioritas Koperasi adalah Pendidikan, (6) Koperasi Bermanfaat, Anggota Setia, (7) Usaha Ekonomi Rakyat Meningkat, Negeri Kuat, (8) Koperasi Untuk Kemakmuran Rakyat, (9) Koperasi Wujud Kedaulatan Rakyat, (10) Tingkatkan Kerjasama Antar Koperasi, (11)  Tumbuhkan dan Kembangkan Kaderisasi Koperasi Sekarang Juga. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.