Daerah

Geliat UMKM di Kediri Bangkit Saat Pandemi Covid-19, Salah Satunya Umiyati Penjual Es Krim

Pipnews.co.id, Kediri – Titik Umiyati, warga kota Kediri terharu mendapatkan bantuan alat untuk usahanya. Ia tak menyangka keinginannya membesarkan usaha jualan es krim kini tercapai.

Umi, begitu namanya akrab dipanggil adalah salah satu UMKM binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (UMTK) Kota Kediri, Jawa Timur. Jualan es krim home made adalah salah satu usahanya bertahan hidup saat pandemi Covid-19 ini. Dengan jualan es krim, keluarganya mampu mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha itu juga sudah lama ditekuninya.

Umi awalnya resah. Pandemi Covid-19 membuat usahanya sempat tersendat. Modal awal yang biasa membeli bahan teralihkan kebutuhan lainnya. Padahal dengan membuat es krim ia bisa dapat penghasilan  tambahan.

Ia pun tidak menyerah. Kendati almari pendingin yang dimilikinya terbatas, semangat pantang menyerah tetap berkobar di dadanya. Hingga akhirnya ia termasuk satu dari puluhan UMKM di kota Kediri yang ternyata dapat bantuan usaha.

Sempat ditanya oleh petugas Dinas Koperasi UMTK kota Kediri terkait usahanya dan kebutuhannya, yang kemudian terjawab bahwa dirinya mendapat bantuan freezer kecil untuk membuat es krim. “Ini memang frezeer kecil yang saya butuhkan untuk berjualan es krim,” kata Umi bercerita, yang kemudian dilansir Humas Dinas Koperasi  UMTK kota Kediri (2/2).

Umi mendapat bantuan freezer dengan kapasitas yang cukup menyimpan es krim 200 liter. Dengan kapasitas seperti ini, ia tidak begitu susah bila ingin pindah tempat untuk berjualan.

Tapi bukan hanya UMKM Umi yang dapat bantuan dari Dinas Koperasi UMTK Kediri. Elva Nuraini Sobah, pemilik UMKM Kopiah merek M Thoib asal Kediri, juga beruntung mendapat bantuan mesih jahit. Bantuan itu berupa penyemangat bagi Elva. Di masa pandemi Covid-19, pemerintah masih peduli dengan UMKM seperti digelutinya. “Seperti angin sejuk yang menyegarkan bagi kami yang tengah berjuang kembali meskipun dengan merangkak tertatih tatih,” ujar Elva, juga di Dinas Koperasi UMTK Kediri.

Kepala Dinas Koperasi UMTK Kota Kediri Bambang Priyambodo mengatakan, Pemerintah Kota Kediri sangat mendukung agar UMKM di kota ini dapat terus bergerak, meskipun masih di tengah pandemi Covid-19. “Di kota Kediri tahun ini ada 57 UMKM mendapat bantuan peralatan dari pembiayaan ‘CSR’ Bank Jatim dan Pemerintah Kota Kediri. UMKM diberikan bantuan alat sesuai dengan kebutuhan usaha mereka,” kata Bambang kepada wartawan.

Selain bantuan alat lanjut dia, beragam pelatihan juga digelar. Bukan hanya pemilik UMKM, melainkan mereka yang menjadi korban PHK akibat pandemi juga diberi pelatihan sesuai keterampilannya. Dengan adanya bantuan ini diharapkan UMKM tidak saja mampu bertahan, tapi juga bisa berkembang.

“Kecuali itu, Pemerintah Kota Kediri juga mendorong agar UMKM di kota itu go digital. Berbagai terobosan dilakukan Pemkot seperti mengadakan ‘MallUMKM Kediri Sale 2020’ bekerjasama dengan marketplace untuk berjualan produk UMKM” pungkas Bambang. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button