Daerah

Gubernur Bali Wayan Koster Berkomitmen Memperkuat Tata Kelola Koperasi dan UMKM

Pipnews.co.id, Denpasar – Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan komitmen dan keseriusannya menata ekonomi Bali ke depan. Salah satunya adalah mengembangkan Koperasi dan usaha kecil dan menengah (UMKM) pada 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Koster dalam acara penyerahan secara simbolis Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku UMKM oleh Menteri Koperasi dan UKM di Gedung Kantor Gubernur Bali akhir pekan lalu. Wayan Koster menyatakan, bahwa pihaknya tengah menyiapkan sistem tata kelola termasuk sumber daya manusia (SDM), kelembagaan, sarana dan prasarana untuk mengembangkan koperasi dan UMKM di Bali.

“Dengan demikian, nanti pola pengembangan sektor koperasi dan UMKM ini jelas. Tata kelolanya jelas, mulai lembaganya hingga sumber daya manusianya,” kata Wayan Koster, yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Bali dan kampungnya berasal dari Desa Sembiran Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng ini.

Mengutip siaran pers Humas Pemprov Bali, pola pengembangan koperasi dan UMKM ini, juga sesuai dengan visi misi pemprov Bali “Nangun Sat  Kerthi Loka Bali” yang salah satunya fokus memperkuat adat istiadat, budaya dan kearifan lokal. “Ke depan saya ingin kembangkan industri kreatif berbasis branding Bali. Sebagai salah satu cara memperkuat kelembagaan tradisionsl kita yang meliputi koperasi dan UMKM,” imbuh Koster.

Mantan Anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga periode ini menjelaskan, Bali merupakan pulau kecil yang tidak mempunyai sumber daya alam (SDA) melimpah. Namun terkenal akan budayaaan dan adat istiadatnys yang unik sebagai pemprda dengan daerah lain.

“Ini modal kita dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. Sektor industri mikro kecil sebagai salah satu bentuk kebudayaan kita harus benar benar mendapat.perhatian yang serius, demi menumbuhkan ekonomi masyarakat Bali,” tegas Gubernur Koster didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bali I Wayan Madiana.

Untuk itu ke depan Gubernur Koster berharap bantuan pemerintah pusat, terutama Kementerian Koperasi dan UKM bida terus ditingkatkan. “Mulai menyangkut kelembagaan koperasi. penguatan SDM, sarana dan prasarana serts bantuan permodalan ” harap Gubernur Koster yang punya istri bernama Dramawati Ni Putu Putri.

Menurut Koster, di luar bantuan dari pusat yang mendapat Rp 2,4 juta setiap pelaku usaha mikro, Pemprov Bali juga sudah memberikan bantuan permodalan bagi 4.000 unit koperasi. “Yang nilai bantuannya Rp 10 juta dari Pemerintah Provinsi dan Rp 3 juta dari Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk setiap koperasi,” pungkas Wayan Koster. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button