Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dorong UMKM Manfaatkan Relaksasi Maupun Stimulus

Pipnews.co.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta dan mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah DKI Jakarta, untuk semaksimal mungkin dapat memanfaatkan relaksasi yang diberikan oleh pemerintah. baik itu berupa restrukturisasi pinjaman maupun keringanan suku bunga.

“Bahkan termasuk dalam bentuk pemberian stimulus lainnya, di antaranya Bantuan Presiden (Banpres) untuk modal produktif Rp 2,4 juta, harus dapat digunakan sebaik mungkun untuk mendorong bangkitnya kembali geliat UMKM akibat terdampak pandemi Covid-19,” kata Gubernur Anies saat mengukuti acara Pemulihan  Ekonomi di Jakarta yang digelar secara virtual (11/9).

Anies yang didampingi Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda tanah air telah membawa dampak yang tidak baik terhadap kegiatan usaha, utamanya pelaku UKKM. “Dan tak terkecuali UMKM di ibukota Jakarta ini,” Anies.

Menurut Anies, bagi usaha mikro hari ini, Insya Allah nanti jadi usaha kecil. Lalu usaha kecil nanti jadi usaha menengah dan selanjutnya akan menjadi usaha besar. Maka itu, UMKM harus memanfaatkan relaksasi dan stimulus itu untuk diolah berproses dari usaha mikro menjadi usaha besar. “Kami ingin agar (UMKM) bisa kembali beraktivitas seperti semula. Bagi yang menerima surat izin usaha, akad kredit, akta pendirian koperasi, kami harap sekarang bisa proaktif,” kata Anies.

Ia menambahkan, teman teman semua dlberi izin supaya bisa dapat akses keuangan, akses modal dan dengan itu bisa berkembang usahanya. “Pemberian semua kemudahan ini, adalah juga bagian dari percepatan pemulihan ekonomi, khususnya di Jakarta,” imbuhnya lagi.

Anies juga berpesan kepada pelaku UMKM yang mendapat kemudahan saat itu, agar mereka menjaga amanah yang diberikan pemerintah daerah melalui SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan Bank DKI sebagai pihak penyalur permodalan.

Bantuan dan relaksasi yang diberikan, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memfasilitasi warganya dari sisi modal dan perizinan. “Tugas kami adalah membesarkan yang kecil, dan ini yang sedang dilakukan hari ini. Membesarkan yang kecil dengan kesempatan yang setara. Saya harap bapak/ibu yang dapat kesempatan ini, agar melakukan lompatan dan kerjakan sebaik baiknya supaya usaha maju berkembang,” kata Anies.

Sementara itu,  Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan, Pemprov DKI telah mengeluarkan tiga terobosan untuk memulihkan aktivitas ekonomi bagi pelaku UMKM. “Pertama adalah, relaksasi pemberian izin usaha mikro kecil (UMK), kedua pemberian kredit pemula dan penyaluran dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN. Sedang yang ketiga adalah pembentukan koperasi di kampung prioritas,” kata Sri Haryati. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.