Daerah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dorong UMKM Naik Kelas dan Masuk Hotel

Pipnews.co.id, Semarang – Kolaborasi pemilik hotel dengan Koperasi dan pelaku UMKM dalam hal kerjasama pemasaran produk UMKM di dalam hotel kembali digelar. Kali ini kegiatannya disebut “UMKM Network and Business Fair dan diadakan di Hotel Novotel Semarang akhir pekan lalu.

Hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar  Pranowo yang didaulat membuka acara. Kata Ganjar, dalam acara ini ia ikut menyaksikan penandatanganan kerjasama pelaku UMKM dengan pemilik Hotel Novotel Semarang.

“Tapi, tidak hanya penandatanganan dengan Hotel di Semarang saja, tapi juga sekaligus dengan tiga hotel berbintang lainnya di Jawa Tengah di bawah naungan Accor Group, di antaranya di Kota Solo,” kata Gubernur Ganjar dalam keterangan pers seperti dilansir Humas Pemprov Jateng (10/4).

Ganjar menjelaskan, dalam upaya memperluas pemasaran produk UMKM di Jawa Tengah pihaknya, melalui Dinas Koperasi dan UKM bertindak menjembatani kerjasama pemasaran antara pelaku UMKM dengan Manajemen Hotel Accor Group.

“Kami gandeng produk UMKM, terus kemudian kami taruh di hotel. Setidaknya kopi, di hotel ini sudah ada standnya, ada pojok untuk UMKM, mini bar juga sehingga bisa langsung mencicipi produk lokal,” ujar Gubernur Ganjar, usai acara.

Dia menambahkan, ketika pertemuan tersebut sudah terjalin, maka yang perlu menjadi perhatian adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk UMKM. Artinya produk produk yang bisa masuk ke hotel tersebut telah melewati seleksi kualitas. Termasuk pendukungnya, seperti cerita, narasi atau story telling dari produk tersebut.

“Biar lulus harus berkualitas. Kalau memang tidak bisa, maka kami ajari, pemerintah turun tangan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, kerjasama itu terwujud sebagai bentuk kolaborasi lintas OPD (organisasi perangkat daerah) di Jawa Tengah.

Ema mengungkapkan, total nilai kerjasama empat General Manager Hotel Accor Group dengan 43 koperasi dan UMKM sebesar Rp 1,5 miliar lebih, atau tepatnya Rp 1.561.506.500. Sedang kontrak kerjasama berlangsung selama dua tahun.

“Mudah mudahan nanti diperpanjang kerjasamanya. Jumlah itu belum termasuk Group Grand Mercure dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatuf,” ujar Ema Rachmawati.

Untuk bisa memenuhi pasar di hotel hotel lanjut Ema, pelaku UMKM diharuskan berinovasi terhadap produk produknya. Ema mencontohkab produk Wingko “O” yang berinovasi membuat kemasan ukuran kecil, atau produk Wedhang Uwuh yang juga harus menyediakan kemasan ukuran kecil agar bisa masuk ke mini bar hotel.

Selain itu, setiap akhir pekan di hotel hotel Accor Group yang sudah bekerjasama dengan Koperasi dann UMKM juga akan ada pameran gratis untuk UMKM. Begitu juga dengan prnyediaan coffee corner di hotel hotel tersebut.

“Untuk kopi ini hotel hotel Accor Group, menggunakan kopi produk lokal para petani asal Jawa Tengah,” pungkas Ema, Kadis Koperasi dan UKM itu. (Yannes).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button