Hari Koperasi ke-71 di Sumut Diwarnai dengan Pemberian Penghargaan Kepada yang Berprestasi

Pipnews.co.id, Medan – Kendatipun pelaksanaannya terkesan terlambat, namun peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke- 71 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Sumatera Utara akhirnya terlaksana juga, dengan tuan rumah Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Sumut bersama Dinas Koperasi dan UKM setempat. Asal tahu saja Hari Koperasi tanggal 12 Juli.

Peringatan dengan tema Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi untuk Sumut Bermartabat digelar di Convention Hall Hotel Danau Toba International, Jalan Imam Bonjol Medan, (25/10/2018). Hadir dalam acara Gubenur Sumut Edy Rachmayadi, Walikota Medan HT Dzulmi Eldin, Ketua Dekopinwil Sumut Jabmar Siburian dan ribuan orang pegiat koperasi se Sumut.

Dalam sambutannya Edy Rahmayadi mengatakan pemerintah provinsi siap mendukung pengembangan koperasi di Sumut, dengan harapan koperasi bisa mengubah uinfrastrukturnya dan memiliki program yang jelas. “Kita akan keluarkan dana jika program dari koperasi itu jelas,” kata Edy Rahmayadi.

Ia berharap dalam pengembangan koperasi ini, semua pihak terkait harus bergandengan tangan. Saling mendukung untuk menghidupkan keberadaan koperasi, khususnya di Sumatera Utara. Koperasi harus benar-benar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

Edy Menyampaikan, berdasarkan laporan dari Dekopinwil Sumut, keberadaan koperasi nasional ,menyumbang menyumbang 4,48 % untuk perekonomian nasional. Sementara di Negara lain mampu ,emyumbang hingga 20 %.

Memang angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya menyumbang 3,39 %. Namun masih jauh tertinggal dari Negara lain. Seperti Perancis, koperasinya dapat menyumbang 18 %, begitu pula Belanda. “Bahkan Selandia Baru dapat menyumbang 20 %, jauh sekali dengan keberadaan koperasi kita saat ini,” kata Edy.

Tidak hanya diisi dengan pidato-pidatoan, sereminial Harkop ke-71, juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi dan penghargaan kepada tokoh yang dianggap telah ikut berjasa membangun dan menunbuhkan koperasi, khususnya di Sumatera Utara.

Penghargaan juga diberikan kepada para pemenang perlombaan Tangkas Terampil Koperasi, yang pesertanya diikuti  pelajar Tingkat SMA/SMK sederajat se Sumatera Utara. Di samping itu juga ada pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi koperasi dan pelaku UKM, dari Bank Sumut, BNI 46, BRI, serta Bantuan Dana Bergulir dari PTPN 3.

Ketua Dekopinwil Sumut, Jabmar Siburian mengatakan, tangas terampil untuk tingkat SLTA di Sumut sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu. Hal itu dilakukan, sebagai suatu cara untuk lebih mengenal lebih dekat apa itu koperasi, dan pada gilirannya para anak didik menjadi pecinta koperasi. “Itu harapan kita ,” ujar Jabmar Siburian kepada Pipnews.

Sekadar diketahui, Jabmar, adalah juga Ketua Umum Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM), yang pada peringatan Hari Koperasi Nasional 12 Juli lalu di ICE-BSD Tangerang mendapat anugrah penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo berupa Satualancana Wirakarya. (Yan)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.