Daerah

Kawasan Industri Brebes, Layak Jadi Kawasan Industri Berorientasi Internasional

Pipnews.co.id, Brebes – Satu lagi Kawasan Industri (KI) bertambah di tanah air, yaitu kawasan industri di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, atau wilayahnya berbatasan dengan kota Cirebon di bagian barat dan kota  Tegal di bagian Timur. Kawasan   industri inilah yang akhir pekan lalu dikunjungi Menteri Perindudtrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama rombongan.

Ia tiba di sana naik Helikopter dan mendarat di lapangan Nasmoco Desa Klampok, Kecamatan Wanasari Brebes, dan disambut Bupati Brebes Idza Priyanti, Sekda Djoko Gunawan dan pengelola Kawasan Industri Brebes (KIB)/PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW).

Selanjutnya menteri beserta rombongan meninjau lokasi KIB di Desa Losari, dan dilanjutkan meninjau Pabrik Garmen PT Daehan Global (DHG) di Desa Cimohong, Kecamatan Tanjung, Brebes. Dalam kegiatannya Memperin mengecek langsung aktivitas produksi pabrik tersebut. Mulai dari pemintalan bahan, pemotongan bahan siap jahit dan menjadi bahan jadi.

Agus Gumiwang mengatakan, kedatangannya mengunjungi KIB ini dalam rangka melihat langsung kesiapan KIB yang digadang-gadang sebagai tempat relokasi sejumlah pabrik milik Amerika Serikat dan Jepang yang akan dipindah dari Cina. “Jadi kunjungan ini ingin melihat langsung kesiapan KIB, karena kita ketahui peluangnya sangat besar yang ada di depan mata. Kalau kita tidak bisa pergunakan atau tangkap sangat sayang sekali. Rencananya ada relokasi industri dari Jepang dan Amerika Serikat yang akan keluar dari Cina,” kata Agus, seperti diliris Humas Kemenperin (3/6).

Masih dikatakan Agus, dengan telah melihat langsung kesiapan KIB, ia tidak ragu bahwa KIB memang layak jadi kawasan industri. Bahkan tidak sekadar layak, tapi juga mampu bersaing sebagai kawasan industri berorientasi internasional.

Terkait dipilihnya Brebes sebagai tempat relokasi, itu tidak datang tiba tiba. Ia menjelaskan akselerasi pengembangan KIB, itu diawali dari hasil rapat terbatas dengan Presiden mengenai percepatan pembangunan Jawa Tengah. “Jadi semua itu ada kaitannya dengan program pembangunan Jawa Tengah,” imbuh Agus Gumiwang.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, rencana KIB ada di tiga kecamatan di Kabupaten Brebes. Yaitu Kecamatan Losari, Tanjung dan Bulakamba, dengan luas total 3.976 hektar. Tiga kecamatan ini kata Idza memang strategis dilintasi jalan raya, maupun kereta api dari Jakarta, Cirebon, Tegal menuju arah Semarang. Di sisi lain juga dekat pelabuhan laut Cirebon dan Tegal.

Bupati Idza Priyanti tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Memperin dan rombongan, yang meskipun masih suasana pandemi Covid-19, tidak menjadi hambatan melakukan kunjungan kerja ke daeaeh. “Karena itu melalui media ini saya ucapkan terima kasih sekaligus, yaitu satu untuk kunjungannya, dan kedua atas dipilihnya daerah Brebes sebagai tempat relokasi pabrik pindahan dari Cina. Jika ini nanti menjadi kenyataan, luar biasa. Brebes akan jadi pusat industri paling besar di Jawa Tengah,” tutur Idza menutup penjelasannya. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button