Ketua Dekopinwil Kalbar Dian Eka Muchairi, Siap Berikan Peran Besar Pengelolaan Koperasi pada Generasi Muda

Pipnews.co.id, Pontianak – Musyawarah Wilayah (Muswil) Dekopin Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah berhasil dilaksanakan. Dengan demikian telah ada kepemimpinan baru Dekopinwil masa bakti 2020 – 2025. Acara yang digelar bertempat di Hotel Grand Mahkota, Pontianak itu, di Buka oleh Asisten Tiga Gubernur Kalbar, Sekundus, Sabtu (17/10).

Menurut Sekundus, perkembangan teknologi, khususnya digital membutuhkan anak-anak muda yang kreatif. Karena itu, mau tidak mau, koperasi harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman itu. Karena itu Pemerintah Provinsi Kalbar memberi perhatian khusus pada kiprah anak-anak muda ini khususnya di koperasi. Untuk itu ia menyambut baik adanya rekaderisasi pada gerakan koperasi. “Tepat sekali disesuaikan dengan kondisi sekarang, yakni eranya teknologi, gerakan koperasi pun harus memberi perhatian serius pada kaderisasi,” ujar Sekundus dalam sambuannya.

Apa yang menjadi harapan pemerintah Provinsi Kalbar inipun langsung disambut Ketua Dekopinwil Kalbar terpilih, Dian Eka Muchairi. Rupa-rupanya dalam perhelatan itu atmosfir yang menggelora dan menjadi sorotan khusus dalam Muswil tersebut terkait kiprah anak muda. Karena itu Dian pun berjanji akan memberi peran kepada generasi muda untuk memajukan koperasi di Kalbar.

Dian Eka yang Anggota DPRD Kota Pontianak ini dan terpilih secara aklamasi yang pastinya sudah memenuhi ketentuan legal, yakni berdasarkan Anggaran Dasar (AD) yang disahkan oleh Keppres No.06/2011. Mengungkapkan para senior biarlah yang merumuskan kebijakana dan pelaksanaanya diserahkan kepada anak-anak muda. “Biar yang senior yang memutuskan kebijakan umum, tapi eksekusi kebijakan akan saya berikan peluang pada generasi muda,” ujar politisi Partai Hanura ini.

Sedangkan Sekretaris Jendral (Sekjen) Dekopin Pusat, Sarjono Amsan, mengakui memang akan ada stagnasi organisasi, jika kaderisasi tidak menjadi prioritas. Karena itu, Dekopin Pusat berdasarkan AD dalam Keppres 06/2011, sangat membatasi masa jabatan dalam kepemimpinan Dekopin. “Pembatasan masa jabatan itu sangat krusial demi menjamin rotasi kepemimpinan di tubuh gerakan koperasi,” ujarya semangat.

Makanya menurut Sarjono sangat aneh, bila ada yang bicara peran anak muda di koperasi, tapi membiarkan sistem yang mempertahankan status quo, bahkan mendukungnya. Masih ditekankan Sekjen, pembatasan masa jabatan merupakan tradisi dalam sistem organisasi publik yang demokratis di seluruh dunia.

Karena itu, menjamin perubahan yang menjadi keharusan seluruh organisasi modern, dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang berubah. “Jangan sampai ada anak muda di koperasi justru jadi pendukung sistem yang anti demokrasi, sekaligus menolak rotasi kepemimpinan yang sehat,” tandasnya.

Karena itu Sekjend Dekopin menyambut baik terpilihnya Dian Eka Muchairi sebagai Ketua Dekopinwil Kalimantan Barat, sekaligus menyampaikan ucapan selamat dari Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. “Ketua Umum Dekopin sangat memberi perhatian serius pada anak-anak muda yang berkiprah di koperasi. Dian Eka Muchairi adalah generasi muda yang akan memberi warna pada gerakan koperasi,” ujar Sarjono.

Menindaklanjuti keinginan Pemprov Kalbar yang disampaikan Asisten Tiga Gubernur Kalbar Sekundus, Sekjen Sarjono Amsan langsung menyampaikan dua program pokok Dekopin, yaitu, Digitalisasi Koperasi dan Program Ketahanan, Kemandirian menuju Kedaulatan Pangan.

Adapun Ketua Tim Ketahanan Pangan Dekopin, Imam Faturrahim, yang hadir dalam Muswil tersebut, mengemukakan pentingnya keterlibatan koperasi. Khususnya anggotanya dalam program yang akan diintegrasikan dari hulu hingga hilir dalam produk pangan ini.

Program ditegaskan Imam sekaligus untuk mendorong anak-anak muda masuk kembali ke dunia pertanian. “Nah, untuk masuknya anak muda ke pertanian, harus ada insentif yang lebih menjanjikan, sehingga anak muda kembali menjadi petani,” tutup Imam. (PR).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.