Koperasi Angkutan Umum Medan Membangun Kantor Baru

Pipnews.co.id, Medan 22 Agustus 2018

Satu lagi prestasi gemilang dicapai Koperasi Angkutan Umum Medan (KPUM), yaitu mampu membangun kantor baru yang lebih reprenstatif serta letaknya juga lebih strategis. Yaitu di Jalan Sisingamangaraja Medan, persis bersebelahan dengan SPBU milik KPUM.

Saat ini proses pembangunan kantor baru bertingkat empat dengan biaya Rp 6 miliar ini sudah mendekati penyelesaian, dan diperkirakan akhir Oktober dekat ini, akan diresmikan penggunaannya.

“Kita berharap peresmiannya dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga,” kata Ketua Umum KPUM Jabmar Siburian, kepada Pipnews.co.id, saat datang bertandang ke kantor KPUM di Medan pekan lalu.

Jabmar mengatakan, jika kantor baru itu sudah selesai, maka semua aktivitas KPUM sehari-harinya akan ikut pindah ke kantor baru. Sedang kantor lama yang terdiri dari enam unit Ruko berlantai dua di Jalam Rupat – Pasar Sambu Medan, akan dikontrakkan kepada pihak lain. “Bahkan jika perlu, bisa juga dijual untuk menambah permodalan,” imbuh Jabmar lagi.

KPUM adalah memang koperasi sukses dan merupakan koperasi angkutan paling besar dan berjaya di Indonesia dengan jumlah armada 6.000 unit, yang terdiri dari beberapa jenis angkutan. Antara lain Angkot, Bus Antar Kota antar Provinsi, Bus Prawisata, Taxi Matra dan Bentor (beca bermotor).

Di luar itu, KPUM juga punya harta kekayaan berupa perbengkelan, unit perumahan, unit simpan pinjam, BPR dan SPBU. “Jika ditotal semua, asetnya bisa mencapai Rp 300 miliar,” ujar Jabmar, yang juga seorang pensiunan Dosen (PNS) di Kopertis IV Sumatera Utara.

Hebatnya lagi, berkat sukses yang dicapai KPUM, telah menghantarkan Jabmar Siburian meraih penghargaan dari pemerintah RI berupa Satyalancana Wirakarya. Penghargaan tertinggi bidang koperasi ini diterima dari Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-71, Juli lalu di ICE-BSD Tangerang, Banten.

Jabmar adalah memang sosok yang bertangan dingin dalam mengurusi koperasi. Buktinya, saat ia menerima penghargaan seperti sudah disebutkan tadi, ia memimpin tiga lembaga perkoperasian sekaligus. Selain sebagai Ketua Umum KPUM, ia juga adalah Ketua Umum Pusat KUD Sumatera Utara.

Lebih dari itu lagi, ia adalah juga orang nomor satu di gerakan koperasi Sumatera Utara dengan jabatan sebagai Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Sumatera Utara.

Apabila ditambah lagi dengan jabatannya di koperasi tingkat nasional, yaitu Induk KUD di Jakarta, sebagai Ketua Bidang Usaha, maka lengkaplah sudah kesibukannya mengurusi empat lembaga koperasi sekaligusn dalam rentang waktu yang sama.

Lantas, bagaimana ia bisa membagi waktu di Jakarta dan-Medan. “Itu bisa diatur, tergantung kemauan kita,” ujar dengan enteng. (Yannes)

1 Comment on Koperasi Angkutan Umum Medan Membangun Kantor Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.