Koperasi dan UKM Jateng Gelar Pelatihan Keteampilan Usaha Produktif

Pipnews.co.id, Semarang РBalai Latihan Koperasi (Balatkop) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan pelatihan dua angkatan, yaitu Pelatihan Ketrampilan Usaha Produktif Bidang Tata Boga dan Pelatihan Sistem Pengendalian Internal.  koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pelatihan yang diikuti sejumlah koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Jateng ini berlangsung selama 4 hari (27-30 Juli 2020) dan diadakan di Aula Teratai gedung Balatkop dan UKM Serondol, kota Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Dra Ema Rachmawati M.Hum dalam sambutannya saat membuka pelatihan mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat menyerap momateri pelatihan yang diajarkan, untuk kemudian digunakan memacu tumbuhnya usaha masing masing.

“Khusus peserta tata boga, saya harapkan bisa memaksimalkan medsos untuk mempromosikan produknya, mereka bisa mendapat pendampingan dari tenaga pendamping di Dinas Koperasi Kabupaten dan Kota. Manfaatkan keberadaan mereka,” kata Ema, yang saat itu didampngi Kepala Balatkop¬† Hatta H Yunus.

Sementara kepada peserta bidang sistem pengendalian Ema mengingatkan, disaat pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian dalam usaha, para pengurus koperasi harus memastikan koperasi dapat berjalan dengan baik, salah satu caranya adalah adanya pengawasan dan pengebdalian internal. “Sedang tujuan pengendalian internal itu adalah 1) keandalan informasi dalam pelaporan keuangan, 2) kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku dan 3) peningkatan efektivitas dan efisiensi operasi,” kata Ema. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.