Koperasi Kredit CU Keling Kumamg Resmikan Sekaligus Lima Unit Kantor Baru

Pipnews.co.id, Sekadau – Sebagai salah satu koperasi yang telah menjadi kepercayaan masyarakat dikawasan Kalimantan Barat, Koperasi Kredit CU Keling Kumang (Kopdit CU KK) terus berbenah diri, baik dari sisi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana prasarana infrastruktur pendukung lainnya.

Oleh karena itu, untuk memberikan kenyamanan kerja kepada staf dalam upaya memberikan pelayanan terbaik guna meningkatkan kepercayaan masyarakat khususnya anggota, maka ,Kopdit CU KK telah meresmikan sekaligus lima unit kantor pelayanan baru. Dalam hal ini Branch Office (BO) Kembayan, BO Binjai, BO Pintas Keladan, BO Sayan dan BO Rumah Sepan.
Bersamaan dengan peresmian lima kantor baru yang digelar pekan lalu, sekaligus juga diadakan PRA-RAT tahun buku 2017 di masing masing lokasi. Adapun lokasi 5 kantor baru ini, berada di Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kecamatan Ketungau Hulu, Binjai dan 2 kantor di Kabupaten Melawi.

Khusus peresmian kantor Kopdit CU BO Kembayan, ini sekaligus juga menjadi kantor Koperasi Tujuh-tujuh (K77) di Dusun Tapang Raya Desa Tanap Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, Sekadar diketahui K77, adalah semacam anak perusahaan Kopdit CU KK, yang bergerak di sektor bismis pertanian.

Dalam sabutannya, CEO, atau General Manager CU KK Valentinus, S.Sos., M.M mengatakan, dengan diresmikannya lima unit kantor baru ini, maka Kopdit CU KK sudah memiliki 62 unit kantor pelayanan. Sementara untuk K77 merupakan kantor yang ketiga, setelah di KM 4 Sintang dan di Jln. Sekadau – Sanggau. “Tapi agar para pelanggan tidak keliru, Kantor CU KK dan K77 yang ada di Kembayan ini merupakan pecahan dari Kantor CU KK Balai Karangan yang dibuka pada tahun 2013 dengan aset 6,5 Milyar”, ujar Valentinus.

Ia melanjutkan, walau kantor CU KK Kembayan baru diresmikan, namun anggotanya kini sudah ada 89 orang dengan aset 800 juta. Sejak tahun 2015-2017 merupakan masa bagi CU KK untuk fokus mengembangkan anggota dan saat ini sudah ada 96 Kelompok usaha yang kita bina, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Keling Kumang Group (KKG), Mikael mengatakan, dari 61 kantor Branch Office CUKK yang tersebar di enam kabupaten dan kota di Kalimantan Barat, lebih dari 90 persen adalah milik sendiri Kopdit CUKK, hanya beberapa cabang saja kantornya yang masih status kontrak.

Mikael menyebutkan bahwa Kopdit CU yang ada dibawah pimpinannya itu akan terus meningkatkan aset dan jumlah anggota. Ia mengharapkan para aktivis terus berkembang meningkatkan pelayanan dan semakin mendekatkan diri kepada anggota.
“Keberadaan kantor menjadi motivasi untuk jadi lebih maju ke depan. Kantor ini adalah aset kita bersama, pergunakan dengan baik dan berikan sumbangsih sebesar-besarnya kepada masyarakat di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Keling Kumang Group (KKG), Yohanes saat peremian BO Rumah Sepan di Melawai menjelaskan, bahwa kantor itu tidak terlalu besar, tetapi lebih besar dari kantor sebelumnya dan proses untuk bisa meresmikan kantor ini memerlukan proses yg panjang, mengapa?

“Karena di Melawi ini sudah dimulai sejak tahun 2004, namun baru sekarang bisa membuat kantor yang representatif dimana tempat parkirnya cukup luas. Meski begitu, kantor ini sebenarnya ada lebih, dan yang di bawah ini juga lebih, dan akan digunakan oleh grup kita, K52 untuk jual beli Sembako.

Harapannya juga bahwa semoga dengan pembangunan kantor-kantor CU Keling Kumang di berbagai Kabupaten ini sesuai dengan tujuan visi misi CU Keling Kumang itu sendiri untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya anggota CUKK juga memberikan semangat baru pada para staf dan anggota dalam hal pelayanan.

Sekadar diketahui, Kopdit CU KK, yang dulu hanya berbisnis disektor simpan pinjam,, kini telah menjelma menjadi sebuah perusahaan holding dengan nama Keling Kumang Group (KKG), yang membawahi beberapa koperasi. Diantaranya, Kopdit CU KK (simpan pinjam), Koperasi Konsumen Lima Dua/K-52 (ritel) dan Koperasi Tujuh Tujuh/K-77 (pertanian). Di luar itu juga ada usaha sekolah dan perguruan tinggi. Kopdit CU KK memiliki aset Rp 1,2 trilun dengan jumlah anggota 164.000 orang. (KKG/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.