Koperasi Kredit Pintu Air Naik ke Peringkat Dua Nasional, Dalam Hal Keanggotaan

Pipnews.co.id, Palembang 16 Mei 2018

Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air dari Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) naik ke peringkat dua dalam ranking Kopdit primer seluruh Indonesia. Hal ini mengacu pada data litbang Induk Koperasi kredit (Inkopdit) terkait peringkat kopdit berdasarkan jumlah anggota di atas 1.000 per Desember 2017. Posisi ini berada di bawah Kopdit CU Lantang Tipo dari Pukopdit Borneo yang menempati posisi pertama.

Sebagaimana yang dirilis majalah PICU (Pusat Informasi Credit Union) yang dikelola Inkopdit, jumlah anggota KSP kopdit Pintu Air mencapai 170.355 orang dengan total aset 749.424 miliar rupiah pada per 31 Desember 2017.

“Peringkat KSP kopdit Pintu Air ini naik satu tingkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun buku 2016, Pintu Air berada di peringkat tiga dengan anggota sebanyak 140.998 orang dengan aset sebesar 597.804 miliar rupiah, ujar Ketua Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, di sela acara RAT Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) di Palembang pekan lalu.

Kata dia, prestasi ini tentunya membanggakan dalam sepak terjang KSP kopdit Pintu Air pada tahun buku 2017. Selain itu, KSP yang berusia 23 tahun ini telah meresmikan sembilan cabang baru pada tahun buku yang sama yakni Koting, Sabu, Oesao, Vehalaran, Melus Timor, Ropa, Maukaro, Makassar, Boru.
“Dan yang tak kalah pentingnya, pada 23 Oktober 2017 yang lalu, kementerian koperasi dan UKM RI memberikan status badan hukum primer nasional kepada KSP kopdit Pintu Air,” imbuh Jakobus Jano.

Menurut Yakobus , prestasi yang diraih ini layak dibanggakan. Tapi lebih dari itu capaian ini juga harus dilihat sebagai tanggung jawab. Tanggung jawab ini berkaitan pelayanan kepada anggota.

“Hal ini berkat kerja sama pengurus, pengawas dan tim manajemen.Kita telah mengajak banyak anggota untuk bergabung. Ini hal bagus. Tapi kita juga tidak boleh menelantarkan mereka. Kita punya tanggung jawab besar untuk hal ini,” kata Jano.

Menurut Jano, definisi koperasi sebagai kumpulan orang-orang sangat nyata di Pintu Air. Setiap orang bergabung menjadi anggota demi meningkatkan ekonomi keluarganya dalam kebersamaan. Karena itu, kata Jano, tidak salah kalau Pintu Air gencar mengajak anggota untuk bergabung menjadi anggota.

Ditambahkannya, pelayanan terus ditingkatkan mengingat dunia sekarang yang serbaon line. Suka atau tidak suka, koperasi harus menyesuaikan diri. Karena itu, kedepannya Pintu Air akan menata sistem on line demi peningkatan kualitas pelayanan.

Sementara itu, General Manajer KSP kopdit Pintu Air, Gabriel Pito Sorowutun mengakui bahwa setiap prestasi yang diraih kopdit Pintu Air adalah hasil dari usaha yang tak kenal lelah dari berbagai komponen. Bagi Sorowutun, apa yang diraih Pintu Air serta merta menuntut kerja total tim manajemen untuk melayani kebutuhan anggota. (Ano/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*