Daerah

Koperasi Skomill Hadir di Surabaya Membantu Pemasaran Produk UMKM

Pipnews.co.id, Surabaya – Untuk membantu para pelaku  usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Koperasi Skomill (Sentra Komunitas Millenial) hadir memberikan ruang segar untuk membantu bisnis mereka. Setelah setahun lalu menghadirkan Millenial Speaker Up yang merupakan gerakan pembinaan entrepreneur muda, kini diperkuat dengan adanya koperasi.

Ketua Koperasi Skomill Viki Yossida mengatakan, tidak hanya simpan pinjam saja, tapi  lebih bagaimana berbisnis atau menjalankan usaha mereka sehingga menghasilkan uang. Pihaknya juga menghadirkan pusat oleh oleh sebagai bagaian dari koperasi. Sehingga selain dibekali pelatihan, mereka juga diberi kesempatan untuk memamerkan produknya.

“Karena itu kita punya showcase untuk menaroh produk mereka. Sehingga mereka merasa melihat produknya terpampang di pusat oleh oleh ini. Jadi tempat ini merupakan pusat oleh oleh yang menjual produk UMKM dan juga sebagai pusat pembinaan atau pelatihan,” kata Viki Yossida saat Peresmian Kantor Koperasi Smokill di Surabaya Jumat (27/11).

Mengutip keterangan pers usai peresmian, Ketua Pengawas Koperasi Smokill Hasmoro menjelaskan, untuk membuat produk memiliki brand dan dikenal, tentunya sesuai payung hukum, para UMKM dibantu untuk me-rebranding membuat packaging dan pemasarannya. “Jadi mereka hanya membuat produk, secara packaging dan lainya kita siapkan,” jelas Hasmoro.

Ia menambahkan, ada 250 UMKM yang sudah tergabung dan targetnya ada 1.000 national brand di seluruh Jawa Timur. Kota Surabaya sebagai pembuka pertama yang nantinya disusul kota kota lainnya. Surabaya dipilih karena kota yang unik, menurutnya jika berhasil di Surabaya maka di kota lauin sudah kuat mental. Ibaratnya di Surabaya sebagai penentu untuk kota lainnya.

Terkait pelatihan, pihaknya selama ini melakukan roadshow dibeberapa kampus, baik di Surabaya maupun di luar Surabaya. Dengan harapan anak muda bisa berwirausaha. Beberapa kampus yang sudah mengikuti pelatihan di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Sunan Ampel, Universitas Trunojoyo Madura dan masih banyak lagi.

“Kami berharap, melalui Koperasi Skomill akan tercipta pahlawan pahlawan UMKM yang memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia,” pungkas Hasmoro. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button