Kopi Kentir di Expo UMKM Pemalang Buat Penggemar Kopi Berat

Pipnews.co.id, Pemalang 8 Juli 2018

Para pekerja terlihat sibuk memasang berbagai pernik untuk menghias pelataran Gandulan Culinary Center (GCC).
Tak hanya para pekerja, namun para pelaku UMKM juga nampak berkutat menata hasil kerjainan di lapak masing-masing, Jumat (6/7/2018).

GCC yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Kabupaten Pemalang semakin sore semakin dipadati oleh masyarakat sekitar.

Pasalnya pusat kuliner Pemalang tersebut akan dijadikan sebagai tempat expo UMKM dari Jumat hingga Minggu petang dalam gelaran acara HUT Koperasi Indonesi ke-71.

Bukan hanya produk UMKM dari Pemalang dan sekitarnya saja yang dipamerkan dalam expo tersebut, namun produk UMKM dari seluruh Jateng ikut meraimakan kemeriahan HUT Koperasi.

Seperti produk olahan kopi yang dibawa oleh Sriyanto (45) warga Kabupaten Semarang, pria asal Jambu Kabupaten Semarang tersebut sudah mempersiapkan produknya dari Kamis (5/7) lalu.

“Kalau ada expo seperti ini pastinya sangat bermanfaat bagi apara pelaku usaha, saya sudah mengikuti kegiatan pameran yang diadakan oleh Koperasi Provinsi Jateng dua kali, dan hasilnya luar biasa, yang terakhir 150 cup kopi buatan saya habis terjual saat mengikuti expo,” ujarnya.

Sriyanto mengungkapkan, kegiatan koperasi yang memajukan UMKM sangat berperan dalam peningkatan geliat perekonomian para pelaku usaha.

“Sebagai ajang promosi dan meningkatkan pendapatan karena produk-produk para pelaku usaha terjual, pastinya sangat positif jika terus diadakan,” paparnya.

Pria yang membawa bran Kopi Cap Kentir dalam expo tersebut, hingga kini, produknya diburu oleh pencinta kopi di Jateng.
“Kentir dalam bahasa Jawa kentel tur ireng atau kental dan hitam memang sengaja saya benamkan sebagai bran produk UMKM saya, karena untuk strategi penjualan agar masyarakat mudah mengingatnya.”
“Dan bran nama tersebut saya dapat dari sosialisasi koperasiyang sekarang manjur dan lumayan banyak dicari,” terangnya.

Sementara itu Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cilacap yang juga ikut berpartisipasi membawa berbagai kerjainan dan olahan khas pesisir laut selatan.

“Kami membawa berbagai kerajinan yang dibuat oleh para pelaku UMKM seperti olehan ikan dan hiasan dari kerang,” ujar Sahid Hidayat Kasi Usaha Milro dan Kewirausahaan Dinas Perdagangan, Koperasi UKM Kabupaten Cilacap.
“Kegiatan expo uang digagas oleh koperasi sangat bermanfaat karena bisa memperkenalkan produk-produk UKM dari berbagai daerah,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan untuk memajukan koperasi promosi harsil kerjainan UMKM harus terus digenjot.
“Berkembangnya UMKM juga ikut andil dalam kemajuan koperasi, karena di dalam koperasi ada usaha-usaha mikro. Jadi tepat sekali di HUT ke-71 Koperasi Indonesia pengenalan produk-produk UMKM juga diangkat,” timpalnya. (Tribun/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.