Kopma Universitas PGRI Semarang Gelar Seminar dan Pelatihan Wirausaha

Pipnews.co.id, Semarang – Koperasi Mahasiswa (kopma) Universitas PGRI Semarang menggelar seminar nasional kewirausahaan dengan tema “Digital Entrepreneur di Era Milenial dan Program Inkubator Wirausaha Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Gedung Balairung Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), pada Satu (13/10).

Seminar tersebut dihadiri Deputi Pengemangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Nuryanto sebagai keynote sepeaker dan didampingai Dr Muhdi SH, M.Hum, Rektor UPGRIS. Pada kesempatan  tersebut merupakan buah kerja sama antara Kemenkop dan UKM dengan UPGRIS dalam pengembangan kewirausahaan.

Kampus tersebut menjadi tempat pelatihan kewirausahaan tidak pilihan asal. Faktanya kampus tersebut memang berhasil mendidik mahasiswanya menjadi wirausaha. Sedikitnya ada 6 mahasiswa yang mendapatkan bantuan untuk pengembangan modal usaha melalui program Wirausaha Pemula (WP) dari Kemenkop.

Selain melakukan bantuan modal, Kemenkop dan UKM juga mewadahi mereka yang menerima bantuan hibah dalam inkubator bisnis. Termasuk mulai hari ini diberikan bantuan pelatihan selama tiga hari. Dengan peserta sebanyak 1.394 orang berasal dari beberapa elemen, antara lain mahasiswa Universitas PGRI, Universitas lain, kopma se Jateng, peserta lomba cerdas cermat (LCC) dan business plan serta para wirausaha peserta inkubator bisnis.

Adapun kegiatan yang terselenggara ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menasionalisasikan virus koperasi dan kewirausahaan kepada mahasiswa baru UPGRIS, serta menumbuhkan semangat wirausaha baru sejak dini dan mendapatkan penghasilan sendiri di waktu kuliah.

Sebelunya juga telah melakukan rangkaian kegiatan, diantaranya lomba LCC dan business plan tingkat SMA/SMAK se-Jawa Tengah. Pemenang antara lain, juara I SMK N1 Salatiga dengan ketua tim Raisanaya, Juara II SMA Kristen YSKI Semarang yang diketuai David Sugito dan Juara III SMK PGRI I Pati dengan ketua tim Anang Maulana. Untuk Bussiness Plan terbaik SMKN Salatiga dengan ketua tim Raisanaya. (Slamet AW/Eka Setya).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.