LPDB-KUMKM Kucurkan Kredit Pembiayaan Kepada Dua Koperasi Syariah di Jabar

Pipnews.co.id, Sumedang  – JDua koperasi dimaksud adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al Amanah di Kabupaten Sumedang dan KSPPS BMT Dana Ukwuwah di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dana bergulir berupa kredit pembiayaan masing-masing sebesar Rp 1 miliar ini, sudah diserahkan pada 13 Juli 2020. Menyusul dipangkasnya sejumlah persyaratan, yaitu dari tadinya 16 menjadi tiga syarat, untuk mendapatkan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), lembaga ini langsung turun menyasar dua koperasi di Jawa Barat yang dianggap pantas mendapat dana bergulir dengan suku bunga relatif kecil itu.

Meski demikian, bagi KSPPS BMT Al Amanah ini, merupakan ketiga kalinya mendapat dana bergulir dari LPDB-KUMKM. Sebelumnya sudah pernah mendapat pinjaman  masing-masing plafon Rp 1 miliar pada 2017 dan sebesar Rp 1,5 miliar pada 2018. “Semuanya sudah lunas,” kata Dedi Suardi Ketua KSPPS BMT Al Amanah, usai menerima pembiayaan LPDB.

Sementara itu KSPPS BMT Dana Ukhuwah baru pertama kali mendapat pembiayaan dengan nominal Rp 1 miliar dengan pencairan dua tahap. Yaitu tahap pertama Rp 500 juta dan tahap kedua juga Rp 500 juta. Kata dia, pengucuran pembiayaan perkuatan sangat dinantikan koperasi dimasa pandemi. Melalui dukungan tambahan modal dari LPDB-KUMKM diharapkan pelaku UMKM maupun petani yang menjadi anggota ke dua koperasi tersebut menjadi tercukupi kebuhannya. “Sebagai misal, dengan adanya tambahan modal Rp 1 miliar bagi KSPPS BMT Al Amanah, koperasi ini kini mampu meningkatkan plafon pinjaman kepada anggota hingga Rp 20 juta,” kata Fitri Rinaldi.

“Dana bergulir berupa pembiayaan ini kami berikan ke KSPPS BMT Dana Ukhuwah, karena kami menilai koperasi ini memang layak mendapat bantuan dari LPDB-KUMKM untuk meningkatkan permodalan dalam melayani kebutugan anggotanya,” kata Direktur Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM Fitri Rinaldi melalui keterangan tertulis (13/7).

Sedangkan Ketua KSPPS BMT Dana Ukhuwah Lembang Nindin Lestiawati mengatakan, pembiayaan LPDB di koperasi yang dipimpinnya akan dimanfaatkan untuk modal usaha pertanian dan perdagangan. “Saat ini kita akan lebih fokus untuk membantu sektor perdagangan dan pertanian. Karena menurut kami sektor yang tidak terlalu terdampak pandemi Cocid-19, adalah bidang pangan,” ujar Nindin.

Ia menambahkan, bahwa sangat berterima kasih kepada LPDB-KUMKM yang telah mempercai KSPPS BMT Dana Ukhuwah sebagai koperasi yang layak mendapat dana bergulir. Ia berharap dengan bantuan pembiayaan dari LPDB dapat mendorong semakin bertumbuhnya KSPPS BMT Dana Ukhuwah. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.