Menkop UKM Teten Masduki Kunjungi Koperasi Susu dan Pabrik Keju di Lereng Merapi, Yogyakarta

Pipnews.co.id, Sleman – Dalam kesempatan kunjungan kerja Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ke Provinsi Jawa Tengah dan Yogyaarta pada Kamis-Jumat (6-7 Agustus), sejumlah tempat telah didatangi di sana. Satu diantaranya, di seputar lereng gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ada dua desa yang dikunjungi Teten di kecamatan itu, satu diantaranya bernama Umbulharjo tempat dimana kantor Koperasi Unit Desa (KUD) Sapi Merapi Sejahtera (Samesta) yang memproduksi susu berada. Sedang lainnya, Desa Wukirsari tempat pengolahan susu segar menjadi Keju “Majaraat Cheese”, made in Sleman, Yogyakarta.

Di tempat ini, Menteri Teten yang kala itu didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo, tidak hanya sekadar berdialog dengan anggota koperasi dan pelaku UKM yang ada di sana. Ia juga sempat mencicipi segarnya makanan keju yang disuguhkan oleh pemilik pengolahan keju.

Usai menikmati penganan keju Majaraat Chrese, Teten mengatakan kalau keju itu tidak kalah dengan keju impor. bahkan telah berstandar internasional. Malah ia menilai produksi keju di Kabupaten Sleman sangat potensial bersaing di pasar dunia.

Untuk itu, Teten mendorong agar pemerintah daerah dan pengusaha memperhatikan kualitas dan ketersediaan bahan baku berupa susu tersebut. Ini terkait dengan gaya hidup kelas menengah Indonesia yang naik 30 persen tiap tahun. “Quality of living terkait.makanan sehat sekarang ini jadi tren,” kata Teten Masduki.

Teten.menekankan, bahan baku susu dan keju selama ini masih impor dari.luar. Namun masa pandemi turut menghambat impor susu dan keju, yang diharap ini jadi peluang bagi produsen susu dan keju lokal memenuhi permintaan konsumen.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo.mengatakan, Pemkab Sleman memang terus mendorong dan membina koperasi, termasuk KUD Samesta. Tujuannya agar KUD bisa memberikan pasokan susu sapi yang baik dan berkualitas sebagai bahan baku keju.

“Saya percaya ke depan, kebutuhan keju di Indonesia akan meningkat, dan saya berharap salah satunya, dari lereng Merapi ini,” kata Bupati Purnomo. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.