Mentan Syahrul Yasin Limpo Minta Perbankan Mempermudah Petani Mengakses KUR

Pipnews.co.id, Babel – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta Perbankan untuk membuka peluang dan mempermudah kalangan petani sawah mengakses modal kerja berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Saya berharap dan meminta pihak perbankan, khususnya yang menyalurkan KUR untuk tidak mempersulit petani sawah membiayai pertaniannya dengan menggunakan modal kerja berupa KUR. Bahkan sebaliknya, beri kemudahan,” kata Syahrul saat menghadiri panen raya padi sawah di Desa Rias, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung Jumat (7/8).

Syahrul mengatakan, pemerintah akan terus
mendorong dan membantu petani meyakinkan pihak lembaga perbankan, bahwa menyalurkan kredit kepada petani tidak akan membuat mereka rugi.

“Terutama petani sawah yang sudah tergabung dalam organisasi kelompok petani, tentu produksi gabah mampu menutupi dan membayar pinjaman mereka di perbankan,” ujar Syahrul.

Namun demikian lanjut dia, para petani harus memiliki manajemen yang lebih baik dan sumber daya petani lebih andal untuk meningkatkan produksi gabah. “Saya melihat, produksi padi sawah Desa Rias hanya berkisar empat hingga lima ton dengan PH air di bawah 5,” ujarnya.

Dengan kondisi demikian tentunya produksi gabahnya belum maksimal, masih bisa ditingkatkan lagi menjadi 6 hingga 7 ton per hektar dengan cara intervensi penggunaan pupuk yang lebih baik. Di sinilah kata Syahrul peranan perbankan sangat dibutuhkan untuk membiayai pengadaan pupuk dimaksud. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.