PAD Pertanian Hanya 2%, Itu Kata Nurdin Abdullah Pada Peringatan Hari Koperasi di Bantaeng

Pipnews.co.id, Bantaeng 1 Juli 2018

Bupati Bantaeng, HM Nurdin Abdullah menghadiri langsung peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke -71 tingkat Kabupaten Bantaeng di Balai Kartini Bantaeng, Jl Kartini, Kecamatan Bantaeng, Senin (30/07/2018).

Pada kesempatan itu, Nurdin membeberkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) murni Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini yang jumlahnya sebesar Rp 3,5 triliun.

Hanya saja Gubernur Sulsel terpilih itu menyayangkan, sebab angka PAD didominasi oleh pajak kendaraan sebesar 98 persen, sedangkan dari sektor pertanian hanya 2 persen.

“PAD Murni Sulsel Rp 3,5 triliun, tapi tahu tida. 98 persen itu berasal dari pajak kendaraan dan sektor pertanian baru 2 persen. Padahal kita bicara sebagai daerah lumbung pangan dan kontribusi pertanian masih sangat kecil,” ujarnya.

Dia berharap kedepan Sulsel harus menjadi contoh dan mendorong Sulsel menjadi model untuk pertumbuhan sektor pertanian. Dalam kaitan ini diharapkan koperasi dapat mengambil bagian, baik sebagai penyalur pupuk kepada petani, maupun sebagai pihak pembeli hasil pertanian petani.

Beberapa gerakan bakal diterapkan usai dilantik sebagai Gubernur Sulsel adalah mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel dengan mengatur regulasi tata niaga. Termasuk dalam hal ini pemberian peluang kepada koperasi untuk lebih proaktip terlibat dalam perekonomian daerah.

Meski demikian, Nurdin menyarari, bahwa untuk mengatasi permasalahan selama ini menurutnya perlu lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), produksi, pemasaran dan permodalan.

“Bagi koperasi, akan dilakukan pendidikan bagi anggota agar berkualitas dan bisa berkontribusi positif. Mewujudkan hal tersebut perlu ada sinergitas antara upaya koperasi dan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” tuturnya. (Tribun/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.