Daerah

Pembangunan di Papua Berlanjut Melalui Penanaman Modal Asing dan Dalam Negeri yang Terus Meningkat

Pipnews.co.id, Jayapura – Pembangunan di Provinsi Papua tampaknya terus berlanjut di sana sini. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya investasi di sana melalui Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Mengutip keterangan resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengklaim nilai investasi PMA di wiliyah tersebut mengalami kenaikan sebesar 30 persen. Seperti dikatakan Kepala Bidang Data pada Dinas Penanaman Modal Asing dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Papua Petrus Asem, bahwa untuk PMA nilai investasinya 1,132,27 triliun mengalami kenaikan sebesar 30 persen dari 2019 triwulan IV didominasi oleh sektor tambang.

Pembangunan di Provinsi Papua tampaknya terus berlanjut di sana sini. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya investasi di sana melalui Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).
[27/2 20.39] Pak Yanes: “Sementara penanaman modal dalam negeri/PMDN rentang waktu sama, juga meningkat sebesar 20 persen menjadi Rp 106,82 triliun didominasi perkebebunan serta pertanian,” kata Petrus di Jayapura (26/2).

Menurut Petrus, meskipun masih pandemi Covid-19, nampaknya tidak mempengaruhi investasi penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri. “Bahkan untuk di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tetap aktip dan tumbuh dimasa pandemi,” imbuhnya lagi.

Dia menjelaskan berdasarkan data terkini, tercatat perusahaan yang bergerak dibidang PMA sebanyak 155 perusahaan, sedangkan untuk penanaman modal dalam negeri sebanyak 110 perusahaan.

“Tapi meskipun jumlah itu bertambah, justru pelaporannya menurun. Di PMA misalnya pelaporannya hanya 96 perusahaan, sedang di PMDN tercatat hanya 47 yang melaporkannya,” ujar Petrus Asem.

Ia berpendapat, rendahnya pelaporan yang disampaikan oleh para perusahaan ini, bolehjadi karena banyak yang belum memahami mekanisme dan sistem terbaru. (Yannes).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button