Pemerintah Kota Bandung Targetkan Tiap Kelurahan Punya Koperasi

Pipnews.co.id, Bandung – Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial ingin menghidupkan banyak koperasi bagi masyarakat. Sebisa mungkin dia akan berupaya agar koperasi ada di setiap kelurahan di diseputar Kota Bandung.

“Tentu saja target saya sebanyak-banyaknya. Tapi setidaknya, selama lima tahun ke depan ini jabatan saya, minimal harus ada setiap kelurahan satu koperasi,” kata Oded, dalam pencerahannya  dihadapan peserta pelatihan koperasi di lingkungan kelompok kerja Majelis Taklim Bandung, Selasa (20/11/2018).

Oded menegaskan, Pemkot Bandung akan mendorong kelompok masyarakat tergerak mendirikan koperasi. Sebab, menurut dia keberadaan koperasi ini merupakan salah satu pilar penyangga ekonomi kerakyatan.

“Salah satu konsep membangun ekonomi masyarakat itu sesunguhnya saya masih percaya bahwa kekuatan pembangunan ekonomi masyarakat itu dengan koperasi. Karena koperasi itu merupakan sebuah soko guru perekonomian, saya masih yakin itu,” ujarnya.

Menurut Oded, di Kota Bandung sudah banyak koperasi berskala besar yang memiliki keuangan cukup kuat layaknya sebuah bank, atau perusahaan besar. Dia menyatakan kualitas tersebut merupakan hasil dari kesiapan para anggotanya dalam menjaga komitmen untuk memajukan koperasi.

Oded mengungkapkan selama ini persoalan utama dari keberlangsungan koperasi terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) pengurusnya sendiri. Dia sering menemukan pengurus koperasi yang hanya berorientasi pada kepentingan pribadi sehingga roda ekonomi yang dijalankan menjadi mandeg.

“Sekarang sesungguhnya sudah banyak koperasi-koperasi itu yang sudah bagus. Bahkan saya terus-terusan mendorong koperasi di Kota Bandung harus dibantu pemerintah. Cuma masalah koperasi itu biasanya mentalitas pengurusnya sendiri. Ari keur ngagedekeun sarumanget, ari geus gede raribut. Itu yang harus kita kendalikan,” jelasnya.

Sebagai solusinya, Oded meminta Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUKM) agar berusaha keras memberikan pembinaan terhadap masyarakat perihal pengelolaan koperasi yang baik dan benar. Sehingga dengan demikian, keberadaan koperasi bisa tetap berjalan melayani kebutuhan anggotanya  (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.