Pemkot Banda Aceh Bantu 100 UMKM yang Belum Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah dan Terdampak Covid-19

Pipnews.co.id, Banda Aceh – Sebanyak 100 pelaku usaha kecil dan menengah di seputar Kota Banda Aceh, DI Aceh telah mendapat bantuan modal usaha dan perlengkapan usaha dari Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh pada akhir pekan lalu di Banda Aceh (31/10).

Penyerahan bantuan langsung diserahkan  oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman secara simbolis kepada beberapa orang perwakilan pelaku UMKM. “Kita memberikan bantuan masing masing sebesar Rp 1 juta bagi setiap pelaku UMKM untuk digunakan sebagai tambahan permodalannya,” kata Aminullah, seperti dilansir Humas Pemkot Banda Aceh.

Menurut Aminullah, pemberian bantuan ini murni dari APBD Banda Aceh dan diberikan hanya untuk pelaku UMKM, yang selain terdampak pendemi Covid-19, juga selama ini belum pernah tersentuh oleh bantuan pemerintah, seperti misalnya Bantuan Presiden (Banpres) berupa modal produktif sebesar Rp 2,4 juta bagi setiap pelaku UMKM. Jadi ini di luar itu, imbuh Aminulah lagi.

Aminullqh berharap bantuan ini dapat membantu mendorong pelaku UMKM untuk bangkit kembali bergiat berusaha setelah beberapa bulan terakhir ini terpuruk akibat pendemi Covid-19. “Itu antara lain harapan kita untuk ikut serta men dorong bangkitnya ekonomi nasional, dan khususnya di Nanggroe Aceh Darussalam,” kata Walikota Banda Aceh itu.

Tapi tidak hanya berupa bantuan uang untuk modal kerja, pada kesempatan yang sama, Amirullah juga didaulat untuk menyerahkan beragam bantuan peralatan kerja, di antaranya berupa becak angkutan barang (dayung) kepada 40 pelaku UMKM, yang juga terdampak Covid-19.

“Tapi bantuan peralatan kerja ini, bukan dari anggaran Pemkot, melainkan sumbabangan dari Anggota DPRD khusus Banda Aceh yang sumber dananya berasal dari dana olokasi aspirasi dewa, yang dititipkan kepada kita,” tutur Aminullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan kota Banda Aceh M Nurdin menambahkan, selain memberikan bantuan kepada pelaku usaha yang terdampak Covid-19, juga diprioritaskan bagi pengusaha kecil yang sudah berkeluarga , namun belum terakses pembiayaan dari perbankan.

“Tahap pertama ini kita berikan bantuan  untuk 100 penerima pelaku UMKM dan Insya Allah, pada tahap kedua minggu depan juga akan ada sekitar 100 pelaku UMKM mendapat bantuan modal kerja, yang besarannya  juga Rp 1 juta,” jelas M Nurdin.

Masih M Nurdin dikatakan, bersamaan dengan pemberian bantuan itu, Pemkot Banda Aceh juga memberikan sejumlah penghargaan dan dana pembinaan kepada koperasi yang dianggap telah berprestasi. Di antaranya Koperasi Karyawan Bank Bukopin, Koperasi Karyawan Bank BRI, Primkopad Kartika Hesti Wira Sakti dan Primkopad Kartika Kopota Yudha. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.